Mengenal Jenis-Jenis Reel

- Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel. Reel merupakan piranti atau peralatan mancing yang mempunyai fungsi utama sebagai daerah dan penggulung senar. Dengan adanya reel akan memudahkan keluar masuknya senar pada ketika dilempar dan digulung. Saat ini telah diciptakan banyak sekali jenis dan macam-macam reel. Namun pada pada dasarnya semua mempunyai fungsi utamanya ibarat yang sudah diutarakan tadi, yaitu memudahkan keluar masuknya senar pada ketika dilempar dan digulung. Masing-masing reel mempunyai karakteristik, jenis, bagian, sampai kegunaannya yang berbeda-beda. Namun, pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas jenis-jenis reel yang sering digunakan pemancing pada umumnya. Secara umum ada empat jenis reel yang sering digunakan oleh para anglers. Namun masing-masing jenis reel tersebut tergantung situasi dan kondisi spot yang menjadi sasaran kita tentunya. Ditambah juga prefensi dan kecocokan dari masing-masing pemancing.

1. Reel Spinning
 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel Mengenal Jenis-Jenis Reel

Reel ini merupakan reel yang paling banyak digunakan oleh kalangan pemancing. Saat ini banyak sekali merek-merek reel jenis ini yang sudah beredar dipasaran. Harganya bervariasi mulai dari mahal sampai yang paling murah. Tentu variasi harga ini menjadi pilihan banyak sekali kalangan untuk memakai reel jenis ini. Sebenarnya spinning ini terbagi lagi dalam beberapa tipe, namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas reel spinning secara umum saja. Selain itu reel ini sangat gampang untuk dioperasikan. Reel jenis ini sanggup digunakan dalam banyak sekali kondisi spot yang menjadi sasaran kita. Secara umum dalam memakai reel jenis ini kita cukup membuka bail arm (tempat untuk mengarahkan senar ketika digulung) kemudian umpan dilempar sesuai sasaran yang kita tuju. Kemudian ditutup kembali dan begitu seterusnya tergantung teknik yang digunakan. Bagian lainnya dari reel ini terdapat drag knob yaitu putaran untuk mengatur besaran tarikan ikan sesuai dengan harapan kita.

2. Reel BaitCasting 
 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel Mengenal Jenis-Jenis Reel

Ini merupakan reel khusus yang dirancang untuk memakai teknik casting. Dalam teknik casting tentu kita akan terus menerus melempar umpan buatan (lure). Sehingga butuh waktu dan lemparan yang sempurna dan akurat menuju spot yang dianggap menjanjikan semoga ikan bisa hook up. Reel BaitCasting merupakan reel yang termasuk dalam kategori reel overhead (reel yang dudukannya diatas joran ). Menggunakan reel ini tidaklah semudah memakai reel spinning, butuh latihan, pengalaman dan sudah terbiasa dengan reel ini. Reel ini memerlukan kontrol dan feeling yang manis terutama ketika melaksanakan pengereman lajunya senar. Perlu latihan dan membiasakan diri untuk mengasah feeling dlaam memainkan reel ini.

Bayangkan saja kalau anda sedikit saja salah dalam melempar maka senar akan backlash (kusut). Tentu ini akan menciptakan acara memancing menjadi terganggu. Namun kalau tetap ingin mencobanya maka lebih baik terlebih dahulu untuk mencar ilmu melempar umpan dengan memakai reel ini. Tidak menutup kemungkinan kalau anda sudah terbiasa dengan reel ini tentu tidak akan menjadi duduk perkara lagi dan mungkin bisa lebih menyenangkan. Untuk harga reel ini termasuk dalam kategori medium-high, artinya reel ini relatif mempunyai harga yang bervariasi mulai dari sedang sampai harga tinggi.

3. Reel Trolling 
 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel Mengenal Jenis-Jenis Reel

Ini juga merupakan reel khusus yang digunakan ketika memancing dengan memakai teknik Trolling. Teknik menyeret umpan dilaut dengan memakai kapal dalam kecepatan tertentu. Bentuknya hampir sama dengan reel bait casting dan juga termasuk dalam reel overhead. Namun perbedaannya bedanya terdapat pada spesifikasinya yang diperuntukkan untuk teknik trolling saja. Selain itu Reel baitcasting lebih kecil bentuknya ,bobotnya lebih ringan, spoolnya kecil dan kemampuan dragnya juga tidak sebesar reel trolling. Hal ini dirancang semoga ketika casting, kita lebih gampang untuk mengontrolnya serta tidak gampang capek alasannya yaitu harus melempar terus-menerus secara berulang ulang kali.

Sedangkan reel trolling bobotnya lebih berat, bentuknya lebih besar, spool lebih besar dan kemampuan dragnya lebih tinggi. Hal ini dirancang supaya bisa memuat lebih banyak senar dan lebih efektif dalam fight dengan ikan-ikan yang besar. Reel ini cukup dipasangkan pada joran khusus trolling kemudian umpan yang telah dilempar kespot diseret memakai kapal.Tentu reel ini tidak akan efektif bila digunakan untuk teknik casting alasannya yaitu kriterianya yang berbeda dengan reel bait casting. Reel ini merupakan reel dengan harga high sanggup dibilang harganya mahal. Karena memang didesain dari bahan-bahan yang berkualitas.

4. Reel Fly Fishing 
 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel Mengenal Jenis-Jenis Reel

Reel ini digunakan khusus dalam menerapkan teknik fly fishing. Sebenarnya reel ini lebih banyak bertugas hanya untuk menggulung senar flies (senar khusus fly fishing). Hal ini dikarenakan memang dasarnya teknik fly hanya bagaimana pemancing dengan handal memainkan umpan flies yang berbentuk serangga. Reel ini mempunyai drag mati yang artinya tidak ada setingan khusus terkait dengan kisaran kekuatan drag yang kita pakai. Perlu latihan untuk menerapkan teknik ini. Semakin jauh senar flies yang keluar dari spool (gulungan) semakin susah untuk mengendalikannya sehingga kemungkinan mendapat ikan sasaran menjadi kecil. Untuk harga reel ini mempunyai variasi tergantung materialnya bisa dari harga murah sampai mahal. Hanya pemancing-pemancing tertentu yang memakai piranti ibarat ini.

Demikianlah beberapa jenis reel yang sering digunakan pemancing pada umumnya. Dalam artikel ini kita hanya membahas reel secara umum.Namun untuk pembahasan dilain waktu, akan kita bahas satu persatu dari jenis-jenis reel tersebut secara detail. Sekian dari kami,semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di


0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Reel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel