Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Sekarang Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Melepaskan ikan dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga habitatnya sah-sah saja. Namun bagaimana ceritanya kalau ikan yang dilepas justru menjadi bumerang bagi ekosistem dan lingkungan perairan setempat. Hal inilah yang terjadi di sebuah danau yang terletak di taman nasional Boulder, Colorado, Amerika Serikat. Dimana diketahui ikan koi yang pada 2 tahun kemudian hanya dilepas dengan jumlah 4 ekor saja, sekarang malah membabi buta pertumbuhannya menjadi ribuan ekor yang tak sanggup terkendalikan.


Melepaskan ikan dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga habitatnya sah Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Awalnya memang tidak ada asumsi akan menjadi ibarat ini. Diperkirakan awalnya berjumlah 4 ekor saja sekarang bertambah ribuan kali lipat menjadi sekitar 3000-4000 ekor. Namun bukannnya malah menjaga dan melestarikan habitat ikan hias yang selama ini lezat dipandang mata bermetamorfosis bencana.

Melepaskan ikan dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga habitatnya sah Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Menurut salah satu Juru Bicara Colorado Parks and Wildlife (CPW),Jennifer Churchil. Semua habitat orisinil yang menjadi penghuni orisinil didanau tersebut mengalami dampak dari pertumbuhan pesat ikan koi tersebut.

"Melepaskan binatang peliharaan ke danai sanggup membawa penyakit bagi binatang orisinil serta tumbuhan yang awalnya sebagai sumber makanan menjadi rebutan," pungkas Churchil kepada ABC News ibarat dikutipDailymail, Jumat 10 April 2015.

Melepaskan ikan dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga habitatnya sah Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Para staff pengurus taman nasional tersebut ternyata tidak tinggal diam. Jika membiarkan hal itu terus berlanjaut maka mereka yakin hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi kedepannya. Maka mereka berusaha untuk mengusir ikan koi tersebut dari danau itu.

Akhirnya mereka di hadapkan pada dua cara untuk mengusir ikan tersebut. Salah satunya ialah dengan mengeringkan danau seluas 12 Are tersebut. Selain itu memakai elektrifikasi dimana ikan-ikan koi tersebut akan dibentuk pingsan untuk sementara waktu.


Pilihanpun jatuh pada elektrifikasi sebab dianggap lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan cara pertama. Cara pertama dipilih sebab memang telah terbukti ampuh dan sudah dilakukan pada November 2012 dulu didanau Thunderbird. Akhirnya cara ini membuahkan hasil dimana sekitar 2.275 ekor ikan berhasil dipindahkan dari danau.

"Kebanyakan orang memang tidak menyadari akan ancaman spesies ini bagi lingkungan," pungkas salah spesialis biologi dari CPW, Ken Kehmeier.

Meskipun hampir sebagian besar ikan telah ditangkap dan dipindahkan, Kelihatannya pengurusa dan staff taman nasional tersebut merasa kapok dengan adanya serangan besar-besaran ikan koi tersebut. Penduduk setempatpun dihentikan keras untuk mengambil ikan yang dipindahkan tersebut sebagai ikan peliharaan. PP

0 Response to "Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Sekarang Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel