Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya

Joran yang satu ini memang terbilang unik dan kreatif, dimana joran ini merupakan hasil fatwa insan yang sanggup dimodifikasi dengan perpaduan materi alam dan pabrik. Joran ini merupakan joran bambu, sejarahnya joran bambu sudah sangat usang sebenarnya. Orang Cina pada zaman dahulu sudah menggunakan bambu sebagai joran utnuk memancing. Namun seiring perkembangan zaman joran ini pun juga ikut mengalamai perubahan terutama gabungan antara bambu alami dengan materi yang diproduksi menyerupai fiber dan graphite/carbon. Di Indonesia sendiri joran ini sangat tekenal khususnya di Jogjakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa disebut dengan walesan. Sering dipakai untuk mancing diempang baik itu galatama maupun harian.

Joran yang satu ini memang terbilang unik dan kreatif Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya

A. Bahan-Bahan Pembuatannya

Terdapat beberapa materi dan juga huruf dari bahan-bahannya. Diantaranya yaitu :

v  Bambu Cendana, Sebenarnya tumbuhan yang termasuk bambu ini sanggup mengikuti keadaan dimana saja namun biasanya lebih cantik di dataran tinggi yang mempunyai hawa hambar dan lembab. Banyak terdapat diwilayah pegunungan dengan daerah tropis.
v  Bambu yang dipakai mempunyai ruas-ruas pendek yang tertata rapi dan bernilai artistik dimata.
v  Bambu yang dipakai haruslah mempunyai ketebalan dan sudah berumur usang semenjak diambil dari pohonnya.
v  Bambu mempunyai kriteria dimulai dari pangkal yang berdiameter besar diakhiri dengan ujungnya yang berdiameter kecil.
v  Real seat, Ring Guide (cincin kolongan) sanggup yang merek biasa maupun Fuji. Namun tentu Fuji lebih bernilai dan berkualitas.
v  Batang joran sanggup berbahan graphite, sanggup juga berbahan fiber. Namun fiber lebih berat kalau dipegang terus akan melelahkan tangan.

B. Model-Modelnya

1. Model Polos Langsung


Model Joran menyerupai ini merupakan custom yang sederhana sebab memang tidak terdapat reel seat pada serpihan joran ini. Bambu sebagai pegangan kemudian dipadukan dengan batang joran biasanya terbuat dari materi graphite/carbon dan fiber. Joran yang model ini sangat banyak ditemukan di toko-toko pancing umumnya di Jawa Tengah khususnya. Biasanya sering dipakai dikolam untuk galatama mupun harian. Joran ini hanya mempunyai 1 piece alias tanpa potongan dengan panjang biasanya sekitar 100-150 cm. Tanpa menggunakan reel tentu tangan akan sangat terasa kalau fight dengan ikan, kalau pemula lebih baik gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Model Under Head Untuk Spinning Reel


Biasanya ini merupakan hasil joran custom yang dimodifikasi oleh hebat cutom joran. Mungkin joran dari bambu yang menyerupai ini akan jarang ditemukan pada toko pancing umumnya. Kemungkinan kita sanggup memesannya di pengrajin custom joran bambu. Model ini dikhususkan untuk dipadukan dengan spinning reel. Reel seat under head memang khusus untuk menggunakan spinning reel. Ukurannya sanggup bervariasi mulai dari 150-210 cm dengan 2 piece. Tergantung selera dan pesanan juga tentunya. Untuk materi tergantung kebutuhan kalau dipakai untuk casting maka pilihlah joran bambu yang dipadukan dengan graphite/carbon, namun harganya tentu lebih tinggi dibandingkan dengan fiber.

3. Model Over Head Untuk Bait Casting Reel


Kebalikan dari model nomor 2, maka yang ini merupakan model joran bambu yang dipadukan dengan overhead reel seat khusus bait casting reel. Jika pecinta bait casting reel maka ini merupakan pilihan yang baik untuk dipakai kalau memang ingin mencoba joran perpaduan bambu. Biasa dicustomkan dengan 2 piece sebab panjangnya sanggup mulai dari 150-210 cm. Untuk baitcasting tentu saja lebih baik untuk menentukan yang batang jorannya berbahan graphite/carbon.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk duduk kasus menyerupai reel seat dan rig guide (cincin kolongan) sanggup menentukan yang biasa sanggup juga yang bermerek Fuji. Namun tentunya harga juga berpengaruh, semua tergantung prefensi masing-masing. Jika gundah ingin memesan mungkin link ini bisa sedikit membantu bagi yang ingin mencobanya. Sekian ulasan ihwal joran bambu beserta tipsnya. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.





0 Response to "Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel