Mengenal Lebih Jauh Perihal Mancing Galatama

Galatama merupakan alternatif lain dari kegiatan memancing dikolam yang penuh dengan persaingan. Bayangkan saja waktu dan kompetitor yang sedang melaksanakan hal yang sama yaitu berusaha mengumpulkan ikan dan mendapat babon hingga berusaha mendapat apa yang sering disebut dengan maskot. Istilah galatama sendiri mengacu pada dunia persepakbolaan pada tahun 80-an. meskipun beda acara namun galatama yang dimaksudkan disini hanyalah sistemnya saja.


Galatama merupakan alternatif lain dari kegiatan memancing dikolam yang penuh dengan persa Mengenal Lebih Jauh Tentang Mancing Galatama

Dengan kata lain galatama ini merupakan acara memancing yang dilakukan pada bak pemancingan dengan sistem lomab untuk mencari pemenang sehingga pemenag akan mendapat hadiah. Sampai ketika ini tidak ada seorangpun yang tahu siapa yang pertama kali mencetuskan nama galatama ini. Namun hingga dengan ketika ini sistem mancing galatama sudah cukup populer di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ketika ini banyak orang yang melaksanakan acara mancing hanya untuk sekedar mencari hiburan semata. Bukan alasannya yaitu hobi atau berusaha mendapat ikan. Ini ditandai dengan banyaknya kolam-kolam pemancingan dengan beda-beda sistem sesuai dengan kebijakan masing-masing pemilik bak tentunya.

Memang sistem galatama ini sanggup berbeda-beda antara satu bak dengan bak pemilik lainnya. Namun biasanya akseptor galatama ini diwajibkan membayar uang untuk sewa ikan yang dipancingi sanggup berkisar antara 5000-7000 perorang tergantung masing-masing pemilik bak juga. Waktu yang disediakan bervariasi mulai dari 1-3 jam pada umumnya. Namun juga sanggup hingga 5 jam pada galatama yang bersyarat harga tiket yang lebih tinggi. Jumlah akseptor minimal 5 orang sanggup lebih tentu juga sesuai dengan kesepakatan. Untuk harga tiket biasanya sudah ditentukan oleh masing-masing pemilik lapak bak pancingan. Biasanya mulai dari 10.000, 20.000 bahkan hingga ratusan ribu tergantung dari janji juga antara sesama peserta.

Beberapa point yang harus diperhatikan pada mancing dengan sistem galatama yaitu :

1. Berbeda Dengan Sistem Mancing Kolam Lainnya

ü  Ikan yang diperoleh dari hasil memancing dihentikan dibawa pulang melainkan diserahkan kembali kepada sang pemilik bak dan ikan galatama.
ü  Ikan yang dipancingi biasanya merupakan ikan yang sudah dipancingi, dengan kata lin ikan bekas.
ü  Setelah ikan sanggup kemudian dimasukkan keember, korang, atau juga jaring penampung ikan, ikan akan ditimbang bobot keseluruhannya kemudian kembali di masukkan ke dalam kolam.
ü  Disediakan waktu khusus sanggup 1,2,3 hingga 5 jam.
ü  Masing-masing bak galatama mempunyai pertaturan yang berbeda-beda dan sering juga didasari atas janji bersama dengan para peserta.

2. Memiliki Peraturan Yang Wajib Dipatuhi

ü  Menggunakan 1 joran saja
ü  Jumlah kail 1, namun ada juga yang membolehkan memasang 3 kail sekaligus.
ü  Nomor kail sudah ditentukan oleh pemilik lapak.
ü  Rangkaian pancing ada yang memperbolehkan pelampung ada juga yang tidak.
ü  Bila memakai rangkaian pancing dengan timah harus sesuai dengan kebijakan pemilik lapak.
ü  Umpan yang digunakan sanggup berupa umpan oplosan sanggup juga umpan hidup yang sudah diolah. Namun harus diketahui kadang ada bak galatama yang dihentikan memakai beberapa gabungan umpan-umpan tertentu. Agar sanggup mempersiapkan umpan yang baik, lebih baik tanyakan dahulu pada si pemilik lapak wacana umpan yang boleh dan tidak boleh.

3. Kriteria Susunan Hadiah Galatama

Ini hanyalah kriteria pada umumnya saja. Semua kategori biasanya tergantung dari sang pemilik dan janji antara sesama peserta.

ü  Induk 1  : Ikan Terberat di Kolam Tersebut
ü  Induk 2  : Ikan Terberat ke 2 di Kolam Tersebut
ü  Induk 3  : Ikan Terberat ke 3 di Kolam Tersebut
ü  Induk 4  : Maskot Terberat di Kolam Tersebut. Biasanya warna dan jenisnya berbeda dengan yang lain meskipun masih sama spesies. Misalnya lele dengan jenis albino yang berwarna putih.
ü  Point 5kg : Point 5 kg terbanyak dan dihentikan dimasukan ke ember, korang atau jaring penampung ikan.
ü  Total : Berat ikan yang terdapat di ember, korang atau jaring penampung ikan.

Pada awalnya banyak pemilik lapak galatama yang hanya menyediakan ikan mas (tombro) saja. Namun ketika ini banyak variasi ikan yang dijadikan ikan untuk galatama.

Galatama merupakan alternatif lain dari kegiatan memancing dikolam yang penuh dengan persa Mengenal Lebih Jauh Tentang Mancing Galatama

1. Galatama Ikan Mas

Dalam 1 hari biasanya terdapat 2-3 sesi setiap sesi berkisar antara 2-3 jam berlangsungnya. Umpan yang digunakan kebanyakan yaitu umpan oplosan dengan pasta dan essen. Bisa dibaca disini mengenai umpan oplosan jitu ikan mas. Bisa juga memakai umpan hidup kecuali kroto. Namun pada even-even galatama dengan harga tiket yang lebih tinggi dari biasa, penggunaan kroto diperbolehkan.

2. Galatama Ikan Lele

Galatama lele ketika ini merupakan pemancingan yang paling banyak di Indonesia. Rangkaiannya biasa diperbolehkan memakai pelampung. Waktunya sanggup berkisar 1-3 jam lamanya. Untuk umpannya biasanya bebas umpan hidup hingga oplosan. Namun umpan hidup menyerupai kroto, darah sapi (marus) dan cacing sutra ada lapak-lapak yang tidak memperbolehkannya. Alternatifnya mungkin sanggup membaca resep ini kalau galau memakai umpan apa.

3. Galatama Ikan Patin
Pada awalnya banyak yang membuka lapak galatama dengana ikan Patin. Namun sayang ketika ini sudah jarang alasannya yaitu kalah pamor dengan galatama lele dan tombro. Untuk galatama patin sanggup memakai pelampung, alasannya yaitu sifat patin yang senag memakan umpan ditengah-tengah air. Untuk umpan sanggup memakai pelet atau umpan hidup. Tarikan patin merupakan tarikan yang sanggup dibilang sangat menantang selain bawal.

4. Galatama Ikan Bawal

Sama halnya menyerupai galatama patin, galatama bawal juga masih sedikit yang menyediakan lapaknya. Biasanya kebanyakan lapaknya berada di pedesaan-pedesaan tertentu. Sifatnya yang rakus menyebabkan bawal mau memakan apa saja. Umpannya sanggup memakai tempe dipotong kecil, umpn hidup menyerupai jangkrik dll. Untuk waktu biasanya sanggup sekitar 1-2 jam dalam satu sesi.

Perlu diingat bahwa peraturan dan kategori hadiah tentu tidak mutlak menyerupai yang disampaikan diatas. Hanya pengalaman saja pada beberapa lapak pemancingan galatama. Makanya akan berbeda peraturan dan kategori hadiah dengan apa yang disampaikan diatas. Sekian ulasan mengenai mancing Galatama, supaya bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.



0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Perihal Mancing Galatama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel