Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Meski terlihat menjijikkan banigi sebagian orang, namun jangan salah bila daging belut menyimpan banyak gizi . Dagingnya pun sanggup diolah untuk banyak sekali masakan yang lezat dan gurih. Tak jarang belut juga dipakai untuk umpan memancing lele galatama. Belut merupakan ikan air tawar dengan daya tahan yang tinggi meski berada dalam kondisi oksigen dan air yang rendah namun ikan ini masih sanggup lincah.

Meski terlihat menjijikkan banigi sebagian orang Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Belut termasuk dalam ikan pemakan daging, cacing, ikan-ikan kecil dan organik-organik kecil lainnya dalam tanah sering dijadikan kuliner bagi belut. Giginya yang tidak mengecewakan tajam begitu simpel untuk mengoyak-ngoyak badan makananannya.

A. Kenali Tempat Dan Habitat Hidup Belut

Sebelum mencoba untuk memancing belut tentu kita harus mengerti bagaimana huruf kawasan tinggal atau habitat daripada belut ini. Belut dengan ukuran kecil biasa sering berada disawah dan selokan irigasi dipinggir sawah. Untuk belut dengan ukuran tidak mengecewakan biasanya sanggup dijumpai dipinggir sungai dan di danau. Belut besar cenderung mencari kawasan yang lebih luas untuk mendapat kuliner sesuai dengan ukurannya. Jika sedang berkembang biak biasanya akan mencari kawasan yang tidak mengecewakan dangkal. 

Belut biasanya akan membentuk lubang-lubang seukuran tubuhnya biar simpel untuk mendapat makanan. Berikut ini beberapa kriteria dari lubang belut.

ü  Lubang yang dibuat oleh belut sedikit terdapat air bila berada dipinggir sungai dan irigasi sawah. Namun bila animo kemarau lubangnya agak berlumpur.
ü  Biasanya belut bila tidak diusik akan sering muncul dan masuk kedalam. Jika memancingnya maka belut ini akan berusaha mendapat umpan yang kita beri dengan mencoba meraihnya kepermukaaan.
ü  Bentuk lubang belut biasanya bundar dan curam kedalam dengan permukaan atas yang sedikit becek berlumpur. Bagian pinggir lubang telihat higienis dan rata.

B. Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

Meski terlihat menjijikkan banigi sebagian orang Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

1. Senar

Memancing belut tidak menyerupai memancing pada umumnya, cukup memakai senar tanpa harus memakai joran dan reel. Cukup cari lubang yang berpotensi adanya belut kemudian mainkan umpan dengan tangan kosong. Gunakanlah senar sepanjang 1 meter atau lebih tergantung selera dan kenyamanan tangan. Belut mempunyai ketajaman gigi yang lumayan, maka sarannya gunakan wire/kawat neklin stainless steel tunggal yang lembut (bisa baca disini bila belum ngerti). Jika tidak memakai leader dengan kata lain ingin menciptakan rangkaian lepas atau glosoran maka lebih baik senar dililit dengan 3 lilitan hingga dirasa cukup berpengaruh dengan tabrakan gigi tajam belut. Untuk senar sanggup memakai mono dan multifilamen. Namun kebanyakan pemancing belut memakai mono yang dililit dengan 3 potongan kuat.

2. Kail

Jenis kail yang baik untuk belut yakni berbahan stainless steel tebal. Ujung pointnya usahakan yang mempunyai ketajaman yang cukup bagus. Misalnya Gamakatsu, Owner, Daichi, Mustad dll. Hal ini untuk menghindari bengkoknya kail bila strike belut babon. Untuk ukuran pilihlah ukuran sedang dari nomor 4-7 tergantung sasaran juga.

3. Umpan

Karena belut merupakan ikan karnivora tentu umpan yang dipakai umpan alami hidup. Bisa memakai cacing tanah, anakan katak, daging siput (pecahkan dulu cangkangnya), uret (ulat tanah), ulat pisang, dll. Jika ingin mencoba yang tidak mengecewakan manjur, cobalah memakai kuning telur terutama telur angsa yang busuk. Lalu ambil kapas dan kaitkan pada mata kail, ikat sedikit biar tidak lepas. Lalu masukkan kedalam kuning telur tesebut sebelum disuguhkan kepada belut.

C. Cara Memancing Dan Mendeteksi Keberadaan Belut

Carilah lubang belut pada permukaan dan komposisi tanah yang lembut, liat, tak gembur simpel digali, becek. Yang paling penting tidak ada kandungan pasir pada tanah tersebut. Selain itu disekitarnya terdapat tumbuh-tumbuhan misalkan disawah ada tumbuhan padi, didanau dan rawa ada kangkung, teratai dll. Jangan hingga salah untuk memilih lubang, bisa-bisa malah lubang ular. Lubang ular biasanya diatasnya terdapat genangan air.

Meski terlihat menjijikkan banigi sebagian orang Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Jika sudah memastikan lubang yang didiami oleh belut dan disekitarnya terdapat banyak tumbuh-tumbuhan maka terlebih dahulu di bersihkan. Belut yang sudah dipastikan tempatnya akan cendurung muncul dan masuk kembali kedalam. Masukkan umpan yang telah ditancapkan pada mata kail. Usahakan biar umpan dibuat gerakan alami menyerupai naik turun kedalam lubang dan diputar-putar biar belut tertarik. Jika sudah digigit pastikan umpan dan kail benar-benar menancap dengan baik pada ekspresi belut. Tandanya yaitu umpan akan diusahakan belut masuk kedalam dengan tarikan yang sangat kuat. Pada ketika itu biasa belut sudah melahap umpan dan siap untuk didaratkan. Tarik perlahan-lahan dengan memanfaatkan momentum dan jangan biarkan belut berusaha untuk masuk sedalam mungkin kelubangnya.

Demikian beberapa tips dan cara memancing belut yang ampuh. Memancing belut merupakan seni tersendiri dalam memancing tanpa memakai alat bantu sepeerti reel dan joran ketika tarik ulur dengan tangan kosong. Sekian semoga ulasan memancing belut ini bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.


0 Response to "Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel