Tips Menentukan Rod/Joran Yang Baik Dan Benar


 Joran merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan kita ketika memancing Tips Memilih Rod/Joran Yang Baik Dan Benar

Pertanyaan seputar pemilihan joran yang baik memang selalu saja muncul, terutama bagi pemancing yang masihh sangat awam untuk menentukannya. Pada dasarnya setiap produsen joran akan menciptakan spesifikasi yang menarik bagi calon pembeli. Namun perlu diketahui bahwa setiap joran mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Oleh alasannya yaitu itu jangan hingga salah hanya alasannya yaitu berpatokan pada goresan pena yang tertera pada kemasan joran. Oleh alasannya yaitu itu kami mempunyai beberapa tips untuk anda


A. Berikut ini beberapa tipsnya :
  1. Pilihlah joran sesuai dengan teknik memancing, meskipun ini tidak wajib. Namun lebih baik diterapkan sebelum menentukan ingin menggunakan joran sesuai dengan teknik mancing. Misalnya untuk surf casting (mancing pasiran), maka lebih baik gunakan joran yang mempunyai kriteria tersebut. Untuk ciri-cirinya sanggup dibaca disini. Begitu juga sebaliknya untuk casting, popping, jigging trolling dll. Pilihlah sesuai dengan masing-masing teknik mancing. Sekali lagi ini memang tidak wajib namun sangat disarankan.
  2. Pilihlah joran sesuai dengan spot yang ingin dituju. Misalnya ibarat spot dilaut yang mempunyai ikan-ikan besar tentu joran juga harus yang berkekuatan besar pula. Begitu juga sebaliknya kalau memancing di air tawar pun sesuaikan dengan kondisi. Dari panjang, materi dan material harus seluruhnya diadaptasi dengan kondisi spot yang ingin dituju.
  3. Pilihlah joran sesuai dengan reel yang digunakan. Jika menggunakan spinning reel maka pilihlah joran dengan tipe underhead reel. Begitupun sebaliknya kalau menentukan baitcasting reel maka gunakanlah joran dengan overhead reel.
  4. Tentukan panjang joran dengan spot dan teknik yang akan digunakan. Jika memancing pasiran, popping dan casting tentu panjangnya sanggup berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing teknik tentunya. Begitu juga dengan spot, misalkan spot air tawar dengan banyak semak belukar dan dengan ranting-ranting kayu. Menggunakan joran yang panjang tentu akan menyusahkan diri nada sendiri dengan joran yang cukup panjang.
  5. Diameter blank joran biasanya akan menyesuaikan dengan panjang joran. Semakin panjang joran yang dipilih semakin besar diameter pangkalnya. Maka pilihlah sesuai kebutuhan kalau ingin nyaman menggunakan joran ketika sedang mancing.

B. Beberapa Poin Penting Lainnya Sebelum Memilih Joran

1. Bahan-Bahan Joran

Untuk bahannya tergantung dari selera masing-masing tentunya. Ada kelebihan ada juga kekurangan pada setiap material pembuatan joran. Misalnya, kalau menentukan joran dari materi graphite/carbon kelebihannya terletak pada bobotnya yang ringan dan sangat elegan. Namun joran carbon tentu juga praktis patah, kalau berniat menentukan joran berbahan carbon pilihlah dengan kualitas medium-heavy. Begitu juga sebaliknya menentukan joran berbahan fiber kelebihannya pada kekuatan joran dan tahan lama. Namun sayang joran ini sangat berat bobotnya. Sehingga kalau memancing dengan teknik casting, popping, jigging tentu akan sangat cepat menciptakan tangan lelah. Jika anda ingin menentukan joran dengan blank berpengaruh namun ringan, cobalah untuk menentukan joran dengan blank carbon solid, alasannya yaitu blank ibarat ini mempunyai material padat sehingga mempunyai kekuatan yang besar.

2. Ring Guide Dan Reel Seat

Ring Guide yaitu kolongan yang berbentuk cincin yang tereletak pada joran untuk memuluskan keluar masuknya senar. Untuk ketika ini banyak joran yang menggunakan materi keramik dan itu sudah baik. Namun juga keramik tersebut praktis pecah dan patah. Maka kalau ingin kolongan cincin yang bekualitas pilihlah yang mempunyai merk FUJI. Sangat tidak disarankan untuk menentukan joran dengan kolongan yang berbahan plastik dan besi alasannya yaitu akan menciptakan senar praktis lecet dan putus. Untuk reel seat biasanya setiap joran sudah menyediakan reel seat dari masing-masing merek. Namun kalau anda mempunyai dana sedikit lebih maka anda sanggup melkukan modifikasi dengan menambahkan Fuji reel seat. 

3. Sambungan Dan Teleskopik

Ini merupakan selera dari masing-masing pengguna. Jika menentukan menggunakan joran dengan jenis teleskopik maka akan lebih praktis untuk dikemas dan dibawa kemana-mana, alasannya yaitu memang joran teleskopik ini sanggup dipendekkan menjadi satu bab pendek. Jika menentukan menggunakan joran dengan satu bab (one piece), dua bab (two piece) dan tiga bab (three piece), tentu kalau dibawa kemana-mana tidak segampang mengemas joran teleskopik. Namun joran jenis ini terlihat sangat elegegan di mata. Semuanya kembali pada selera masing-masing ingin menentukan yang teleskopik, sambungan atau tanpa sambungan sama sekali.

4. Handle Dan Grip

Untuk handle biasa tergantung dari teknik mancing yang digunakan. Handle mempunyai 3 kriteria dasar yaitu :
  • Handle Pendek, Sering dipakai untuk single-hand casting (casting dengan 1 tangan).
  • Handle Medium, Sering dipakai untuk single-hand casting tapi posisi ujung jorannya lebih panjang, ini berfungsi membantu kita untuk menahan beban joran, terutama ketika fight dengan ikan.
  • Handle Panjang, Sering dipakai untuk double-hand casting (casting dengan 2 tangan). Biasanya untuk mancing pasiran dimana joran ini mempunyai pangkal yang lebih panjang dibandingkan yang lain.

5. Action Joran

Untuk action joran biasanya ada yang slow, medium dan fast action. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan abjad joran yang cocok dipakai pada beberapa teknik mancing. Untuk lebih detailnya sanggup dibaca disini.

6. Lure Weight

Lure weight ini biasanya sudah tercantum pada joran. Joran spinning dan bait casting biasanya akan tertulis berapa maksimal bobot lure yang sanggup dipakai ketika menggunakan joran tersebut. Maka pilihlah joran dengan kriteria bobot lure yang akan digunakan. Gunanya menggunakan joran dengan bobot lure yang tepat, lontaran lure akan menjangkau spot yang diinginkan.

Semua pilihan joran tentu tergantung dari prefensi dan selera masing-masing. Pilihlah Joran yang sesuai dengan kebutuhan mancing baik itu sesuai spot, jenis ikan target, dll. Sekian ulasan wacana tips menentukan joran yang baik dan benar, biar bermanfaat.

0 Response to "Tips Menentukan Rod/Joran Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel