Jenis Ikan Air Payau Dan Gambarnya Beserta Keterangannya

Jenis Ikan Air Payau ikan air laut? atau penasaran binatang yang hidup di air tawar? Siapa sih yang tidak tau air payau, salah satu air yang di dalamnya hidup aneka macam jenis ikan konsumsi. Di air payau inilah para pemancing memanfaatkan hari libur tuk mencari ikan yang sanggup dikonsumsi sekaligus mencari sensasi mendapat ikan yang berukuran besar.

Pada kesempatan kali ini isu ikan memperlihatkan beberapa daftar nama ikan air payau yang sering dibudidayakan oleh petani untuk dibentuk ajang bisnis dan perjuangan sampingan. Tidak hanya ikan konsumsi saja yang kita dapatkan di air payau ini, melainkan terdapat juga jenis ikan hias sanggup dipelihara sebagai hiasan. Bagi Anda yang kurang tau nama jenis ikan air payau, berikut daftar beberapa ikan penghuni air payau beserta gambarnya.

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya


Beberapa Jenis Ikan Air Payau Beserta Gambarnya

Pengertian air payau yakni jenis air yang berasal dari gabungan antara air tawar dan air maritim yang bergabung jadi satu, biasanya Anda akan mendapat air payau ini pada daerah pesisir. Di dalam air ini juga banyak ditemukan beberapa ikan yang mempunyai daging yummy dan mempunyai harga mahal. Seperti ikan berikut ini.

1. Ikan Air Payau - Bandeng

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
marimancing.com

Ciri-ciri ikan bandeng air payau 
  1. Dalam mulutnya tidak terdapat gigi
  2. Hidupnya lebih suka berada di ganggang dan invertebrata
  3. Bentuk lisan kecil
  4. memiliki sisik berwarna perak
  5. Hidupnya lebih suka mendiami air payau.
Beberapa kandungan gizi ikan bandeng antara lain:
  1. Terdapt kalori sebanyak 80
  2. Dengan protein kisaran 14 gr.
  3. dan Juga lemak sebanyak 2.3 gr
Nama latin ikan bandeng yakni (Chanos Chanos) merupakan ikan yang gampang kita dapatkan sekaligus populer mendiami air payau. Memiliki serat halus berdaging putih, serta sanggup menarik hati pengecap kita akan kegurihannya.

Ikan bandeng mempunyai tubuh yang panjang, berenang cepat alasannya yakni sirip ekornya bercabang. Bentuk kepala tidak ada sisiknya, dengan ukuran lisan kecil yang terletak antara rahang yang tanpa gigi serta di depan mata terdapat sepasang hidung. Warna dasar tubuh terdapat putih keperak-perakan, sedangkan pada agian punggung ditemukan warna biru kehitaman.

Ikan bandeng masih dalam kategori jenis ikan herbivora yang lebih berdominan makan tumbuh-tumbuhan ibarat jenis pakan alami plankton. 

2. Jenis Ikan Air Payau - Ikan Kerapu Macan

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
tips-ukm.com
 
Pada perairan Indo-Fasifik ikan kerapu macam banyak ditemukan. Nama latin ikan air payau kerapu macan ini yakni (Epinephelus fuscoguttatus). Akan tetapi kini malah banyak ditangkap seantero nusantara ini bersama kerapu kertang.

Mudah sekali untuk mendapat ikan ini, alasannya yakni habitat hidupnya banyak ditemukan pada perairan terbuka seperti, terumbu karang, daerah pasang surut, maritim dangkal, dan laguna pantai, ukurannya sanggup mencapai 2 m. Akan tetapi kabar yang beredar ikan kerapu ini terancam punah.

Harga ikan kerapu sangat mahal, oleh itu petani berlomba-lomba melaksanakan budidaya ikan kerapu ini.

3. Ikan Kerapu Bebek

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
id.wikipedia.org

Jenis ikan air payau yang ke 3 ini mempunyai nama latin yakni (Chromileptes altivelis) atau lebih unik kerapu tikus yakni homogen ikan yang masih dalam keluarga Serranidae yang berasal dari daerah Australia, hong Kong, Cina, India, Indonesia, jepang, Malaysia, Papua, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Vanuatu. 

Habitat utamanya ditemukan di karang laguna pantai. Jika dalam pencarian dilakukan secara kasar, jenis ikan ini akan terancam punah dan kehilangan habitatnya.

Nama inggris ikan air payau ini yakni humpback grouper atau panther grouper. Dan barramundi cod populer di Australia. Hingga ketika ini ikan kerapu angsa digolongkan jenis ikan hias, mungkin takut kalau tidak ditemukan habitatnya lagi.

Ukuran ikan kerapu sanggup mencapai besar 50 cm, maka jikalau Anda membelinya harus hati-hati dengan tubuhnya yang pesat. Untuk memelihara ikan kerapu angsa usahakan untuk mencampurnya bersama dengan jenis ikan kecil, supaya menjadi masakan alternatifnya. Ukuran akuarium sanggup disediakan 1 m.

4. Jenis Ikan Air Payau - Ikan Kakap Putih (Barramundi)

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
stopmancing.com

Walaupun di daerah tropis sanggup hidup, di daearh sub-tropis ikan ini juga sanggup hidup. Nama latin ikan air payau kakap putih ini yakni "Lates Calcalifer".

Barramund, Barra, Giant Perch, Palmer Perch, merupakan nama lain yang dikenal para pemancing mania di daerah Indo Pasific (Asia & Australia). Ikan gelam merupakan sebuatan ikan kakap di daerah Riau.

Besarnya sanggup mencapai 1,8 m dengan berat 60 kg. Ikan ini mempunyai mata berwarna merah jelas (layaknya mata kelinci putih), bentuk ekor segitiga yaitu karakter V.

Ikan kakap ini tidak hanya hidup di air payau, akan tetapi juga hidup di air asin atau air laut. 20 derajat temperatur yang cocok untuk ikan kakap hidup.

Jika ingin menemukan jenis ikan air payau kakap ini, Anda sanggup menemukannya di tambak, sungai, teluk hutan mangrove (bakau), pantai karang, keadaan air jernih, perairan maritim dangkal. pelabuhan kedalaman 8 m, muara sungai kondisi khas, dan pantai berbatu. Predator karnivora merupakan sebutan ikan kakap putih ini. 

Makanan ikan kakap lebih menyukai jenis ikan kecil dan udang.

5. Ikan Belanak

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
merahmatafishing.blogspot.com

Sebetulnya jenis ikan air payau ikan belanak ini sudah ada yang membudidayakan , akan tetapi sedikit sekali yang mengetahuinya terutama di pulau Jawa dan Kalimantan.

Bnetuk tubuhnya hampir ibarat ikan bandeng. Nama inggris ikan air payau ini yakni blue-tail mullet atau blue-spot mullet. Sedangkan nama latinnya (Moolgarda seheli, sinonim Valamugil seheli)

Penyebaran ikan belanak di daearh tropis dan sub-tropis, kadang kala juga ditemukan di air tawar dan air payau. Pada daerah daerah Pasifik, ikan ini ditemukan juga di Australia, New Caledonia, Fiji, dan Samoa. Untuk di daerah Asia sendiri ibarat India, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Srilanka.

Bentuk ikan ini langsing, gepeng, dan memanjang. Pada bab sirip punggungnya terdapat 1 jari-jari keras dan jari-jari lemah sejumlah 8. Sedangkap sirip duburnya mempunyai warna putih yang kotor serta mempunyai 1 jari-jari keras dan jari-jari lemahnya ada 9.

Bentuk bibir bab atas tebal, sedangkan pada bibir bagain bawah dimanfaatkan untuk menemukan mangsanya atau mencari makan berupa organisme yang berada di dalam lumpur. 

Ciri-ciri ikan belanak pada umumnya mempunyai gigi yang bentuknya kecil, ada juga yang tidak ditemukan sama sekali.

6. Jenis Ikan Air Payau - Ikan patin (Pantius)

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya

Baik lokal maupun internasional ikan patin populer aneka macam budidaya ikan patin ini semakin banyak dan umumnya dibentuk ajang perjuangan dan bisnis.

Ciri-ciri dan pembagian terstruktur mengenai ikan patin ini terdapat sepasang kumis (Siluriformes), masih dalam genus pangasius, familia Pangasidae.

Nama latin ikan air payau patin ini yakni P.Nasutus yang masih dikaitkan dengan beberapa jenisnya. Harga ikan patin sendiri sangat ekonomis, ibarat jenis ikan patin siam, dan jambal siam. Ukuran yang diketemukan ikan patin mempunyai panjang 2 m bahkan lebih yaitu di sungai Mekong.

7. Ikan Bawal

 atau penasaran binatang yang hidup di air tawar Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya
arkarim.blogspot.com

Daftar nama jenis ikan air payau yang terakhir yakni ikan bawal yang hampir ibarat dengan ikan piranha serta sanggup hidup di air tawar. Dari rasa dagingnya yang gurih, banyak petani yang sudah melaksanakan budidaya ikan bawal.

Tak hanya itu, aneka macam olahan ikan bawal juga sanggup Anda temukan di aneka macam tempat pinggiran maupun restoran sederhana.

Inilah beberapa daftar nama jenis ikan air payau dan gambarnya yang sanggup Anda lihat. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan dan selamat mencoba.

0 Response to "Jenis Ikan Air Payau Dan Gambarnya Beserta Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel