Pakan Ikan Lele Organik Budidaya Ikan Lele Di Tambak Pemula - Blog Mas Tilunk

Pakan Ikan Lele Organik Budidaya Ikan Lele Di Tambak Pemula

Untuk para pemula petani peternak ikan baik ikan nila,ikan lele dan jenis ikan lainnya yang biasa diternak oleh para petani/pembudidaya ikan, nah disini saya akan membuatkan pengalaman dan warta wacana pakan ikan organik untuk memenuhi kebutuhan ternak Anda. Akhir-akhir ini banyak para peternak ikan yang mengeluh akan tingginya harga pakan ikan sehingga laba yang didapat semakin menurun. Sudah banyak cara yang dilakukan oleh para peternak ikan untuk memperlihatkan pakan ikan ternaknya baik itu dari flora menyerupai lumut,kangkung, dan lainnya dan ada juga yang memperlihatkan pakan alternatif menyerupai keong mas,limbah peternakan unggas dan memakai ikan rucah maupun jenis pakan alternatif lainnya.


Saat ini para peternak ikan banyak yang memakai kotoran sapi atau kambing untuk dijadikan pelet, namun bukan berarti kotoran sapi ataupun kambing eksklusif diberikan begitu saja namun perlu diproses terlebih dahulu untuk dijadikan pakan Organik terutama untuk ikan lele. Pengen tahu caranya...????
Kotoran tersebut akan diproses menjadi pupuk organik yang mempunyai kegunaan sebagai pakan ikan dan sekaligus media yang membantu berkembangnya Mikroorganisme komplek pada kolam.

                                Gambar pakan organik

Cara Membuat Pakan Alami Dari Kotoran Ternak

Untuk pembuatan pakan ikan alami tersebut ada beberapa hal yang harus dipersiapakan menyerupai media kolam, kolam terbuat dari semen maupun terpal alasannya nantinya kita akan memakai kompos yang berfungsi sebagai berkembang biaknya mikro organisme pada kolam.

Dan untuk ukuran sanggup diadaptasi dengan lahan dan impian Anda, biasanya ukuran kolam 2 kali 3 meter dengan ketinggian air sekitar 80 cm atau sanggup juga sampai satu meter. 

Bahan dan alat yang harus disediakan

1.  Kotoran ternak yang sudah dianginkan sampai kering sebanyak 100 atau 150 kg
2. Probiotik EM4 perikanan sebanyak 1 liter
3. Air matang 15 sampai 20 liter
4. Molase (tetes tebu) sebanyak 2 liter 
5. Karung dan paranet sesuai dengan ukuran media kolam yang telah disediakan. karung tersebut mempunyai kegunaan untuk pertolongan pakan organik  ke kolam, dan
6. Jerigen

Cara pembuatannya;

Untuk pembuatan pakan ikan organik ada proses fermentasei, proses ini sangat penting dan harus dilakukan biar pakan sanggup dipakai dengan aman. Karena proses fermentasi sanggup meningkatkan nilai gizi terutama kadar protein. pembuatan pakan organik harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu dengan memakai materi probiotik . cara pembuatan pakan ikan organi dari kotoran sapi atau sanggup juga memakai kotoran kambing yaitu sebagai berikut;
1. Aktifkan probiotik terlebih dahulu sebelum semua materi dicampurkan, kemudian masukan molase dan air matang, adonan tersebut diaerasi maksimum selama 2 jam dengan cara memasang aerator.
2. Masukan kotoran ternak yang telah dikeringkan kedalam jerigen yang telah disiapkan.
3. Kemudian siramkan adonan probiotik yang telah diaktifkan kedalam jerigen yang telah diisi kotoran ternak tersebut kemudian aduk sampai rata.
4. Tutup wadah sampai rapat, kemudian biarkan bahan-bahan tersebut berfermentasi selama 10 sampai 14 hari
5. Setelah selesai maka pakan yang telah difermentasi dimasukan kedalam karung.

Semoga bermanfaat dan sanggup membantu bagi Anda para peternak ikan, 




0 Response to "Pakan Ikan Lele Organik Budidaya Ikan Lele Di Tambak Pemula - Blog Mas Tilunk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel