Cara Budidaya Ikan Betok Di Bak Dan Teknik Dasar Budidaya -

Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Dan Teknik Dasar Budidaya
Ikan Betok bekerjsama jarang dibudidayakan sebab ikan betok termasuk dalam jenis karnivora,ikan betok hidup di air tawar dan banyak ditemui di kali,sungai dan rawa. Ikan betok bekerjsama mempunyai harga jual yang tidak mengecewakan tinggi dan banyak digemari oleh para pecinta masakan sehingga menciptakan para pembudidaya ikan beralih ke ikan betok untuk dibudidayakan mengingat keberadaanya hampir terancam punah. Saat ini ikan betok sudah agak sulit ditemukan apalagi yang berukuran jumbo sangat sulit dicari meskipun di kawasan rawa ataupun dipinggiran sungai.

Ikan betok yang elok untuk dibudidayakan yaitu jenis ikan betok yang mempunyai warna agak kehijauan, ikan betok dengan warna kehijauan sanggup besar mencapai berat sampai 200 gram dibanding dengan ikan betok jenis lainnya.

Cara Budidaya Ikan Wader Di Kolam Sederhana Untuk Para Pemula Budidaya Ikan

Ikan betok mempunyai kesamaan dengan ikan gabus yaitu bisa bernapas memakai udara terutama dikala berpindah dikala tempat tinggalnya mengalami kekeringan. Untuk memelihara ikan betok sangatlah gampang namun untuk mengembangbiakan ikan betok masih sangat sulit untuk dilakukan.



Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Dan Teknik Dasar Budidaya Ikan Betok
Beberapa langkah atau persiapan yang harus dilakukan untuk budidaya ikan betok,diantaranya yaitu sebagai berikut;

Mempersiapakan Media/Kolam

Budidaya ikan betok sanggup dilakukan diberbagai jenis kolam contohnya kolam yang terbuat dari terpal,tambak, dan bisa juga kolam yang terbuat dari kerikil yang diplaster. Untuk menghemat biaya biasanya para pembudidaya ikan memakai media kolam yang terbuat dari terpal sebab dinilai lebih strategis dan lebih menghemat biaya dalam budidaya ikan betok.

Pemupukan Dasar Pada Kolam

Penggunaan kolam untuk ikan yang masih anakan harus dilakukan pemupukan terlebih dahulu,sedangkan untuk budidaya ikan betok kolam tidak perlu dilakukan pemupukan sebab ikan betok sanggup bernapas dan hidup dengan kondisi air seadanya dan ikan betok sanggup bertahan hidup dengan kualitas air yang  buruk.


Pemilihan Induk Jantan Dan Betina

Pilihlah indukan ikan yang akan dibudidayakan supaya mendapat hasil yang bisa memuaskan dan pilihlah indukan yang mempunyai warna hijau pada sisiknya supaya anakan ikan yang akan dibudidayakan nantinya bisa cepat besar dan mencapai berat sampai 200 gram per ekornya.

ciri-ciri ikan betok jantan dan betina yaitu;

Indukan ikan betok betina sanggup dilihat dari bentuk tubuhnya yang tampak gendut,lubang kelamin berbentuk lingkaran pada pangkal ekor kepingan bawah dan gerakannya agak lambat.

Sedangkan indukan ikan betok jantan mempunyai bentuk badan lebih kecil dari yang betina, bentuk kelamin memanjang dan mempunyai gerakan yang lincah dan agresif.

Penebaran Benih

Benih ikan betok biasanya dihasilkan eksklusif dari induk ikan tersebut, benih didapat dari pemijahan antara indukan jantan dan induk betina. Pemijahan ikan betok biasanya dilakukan  secara buatan atau kawin suntik. Dalam sekali ekspresi dominan kawin ikan betok sanggup dipijah tiga kali dan bisa menghasilkan sekitar 5000 - 15000 butirb telur.

Telur akan menetas dalam kisaran waktu 24 jam dengan suhu 260 derajat selsius., sedangkan pada suhu 300 derajat selsius telur ikan akan lebih cepat menetas yaitu selama 12 jam saja.

Premeliharaan

Setelah menetas anakan ikan jangan eksklusif diberi pakan sebab anakan ikan masih mempunyai cadangan masakan pada kantongnya, anakan ikan diberi pakan berupa kuning telur sesudah berumur 4 hari.

Pemberian pakan pada anakan ikan harus dilakukan secara rutin dan teratur yaitu tiga kali sehari dan berlangsung selama sepuluh hari. Anakan ikan mengalami stres atau kritis hanya selama berumur 14 hari oleh sebab itu santunan pakan berupa pelet halus supaya anakan ikan lebih gampang untuk mencernanya.

Pemberian pakan berupa pelet biasanya dilakukan selama anakan ikan tersebut berumur 2 bulan dan sesudah itu anakan ikan bisa dipindahkan ke molam yang lain.

Panen

Ikan betok sanggup dipanen sesudah 4 bulan, pemanenan ikan betok sanggup dilakukan dengan dua cara tergantung pada tujuan panen tersebut apakah untuk konsumsi atau panen untuk produksi. Pemanenan ikan untuk produksi Anda bisa memakai cara panen total yaitu pemanenan yang tanpa harus menentukan besar kecilnya ikan betok tersebut.

Pemanenan untuk produksi Anda bisa melaksanakan cara selektif yaitu pemanenan ikan dengan cara menjaring dan menentukan ikan betok yang berukuran besar saja. Pemanenan secara selektif biasanya dilakukan untuk menentukan indukan atau kebutuhan untuk konsumsi.

Terimakasih semoga bermanfaat buat Anda para pembudidaya ikan dikolam,dan tambak. Selamat mencoba semoga sukses.

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Betok Di Bak Dan Teknik Dasar Budidaya -"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel