Makanan Ikan Nila Agar Cepat Besar Alami Dan Buatan

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar Sudah tahu jenis masakan ikan nila yang masih kecil? Atau ingin tahu cara mempercepat pertumbuhan ikan nila?

Budidaya ikan nila merupakan salah satu jenis akal daya perikanan yang paling menguntungkan sampai ketika ini. 

Harga jual ikan nila tergolong stabil, sehingga banyak pengusaha beralih ke perjuangan pembudidayaan ikan nila. 

Sayangnya, dibalik harga ikan yang tergolong stabil, perjuangan budidaya ini kerap berbenturan dengan harga pakan pellet yang tergolong tinggi sehingga laba yang di peroleh tidak sebanding, bahkan sanggup mengakibatkan kerugian yang berakhir pada gulung tikarnya perjuangan akal daya ikan nila.

 Sudah tahu jenis masakan ikan nila yang masih kecil Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar Alami dan Buatan


Saat ini harga peletdi pasaran cukup tinggi, sekitar 7000-11000/kg. 

Tingginya harga pelet ini tidak sebanding dengan harga jual ikan nila yang hanya berkisar 14.000-17.000/kg. 

Hal ini sanggup mengakibatkan rendahnya laba yang diperoleh lantaran biaya pemeliharaan tidak sebanding dengan harga jual ikan nila. 

Berikut beberapa daftar jenis masakan ikan nila agar cepat besar mulai nila kecil sampai tumbuh besar serta merupakan pakan utamanya dan tambahan.

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar


Tingginya harga pelet di pasaran ini disebabkan oleh mahalnya materi baku pellet. 

Saat ini, sebagian besar materi utama pembuatan pelet berupa tepung ikan masih diimpor dari cina dengan harga mencapai 20.000-30.000/kg. 

Tingginya harga materi baku pellet ini mengakibatkan pembudidaya ikan mencari jenis tepung lain untuk materi baku pelet, salah satunya tepung cacing.

Namun, materi baku alternative ini ternyata masih belum efektif lantaran harga tepung cacing masih terlalu mahal. 

Selain harga pakan yang tinggi, penggunaan pelet sintetik juga berdampak negative kalau diberikan kepada ikan tanpa dosis yang jelas.

Cara Memelihara Ikan Nila – Pemberian Pakan 

Idealnya, pakan yang diberikan kepada ikan berjumlah 2-4% dari total bobot ikan. 

Namun, para pembudidaya ikan biasanya kerap menunjukkan pakan melewati jumlah ideal. 

Pemberian pakan yang hiperbola ini mengakibatkan pemborosan, air kolam cepat keruh, dan berisiko timbulnya penyakit pada ikan, ibarat munculnya jamur pada badan ikan yang akan memengaruhi kualitas ikan, sampai sanggup mengakibatkan kematian. 

Akibat jelek lainnya yakni sisa endapan pakan pelet kalau tidak habis dimakan oleh ikan. 

Endapan sisa pelet mengakibatkan akumulasi kandungan amonia yang tinggi di dalam kolam ikan sehingga mengakibatkan penurunan kandungan oksigen di dalam kolam. 

Penurunan jumlah oksigen dan tingginya jumlah ammonia ini mengakibatkan ikan yang hidup di dalam kolam sanggup mengalami keracunan  amoniak dan akan berujung pada kematian. 

Beberapa duduk kasus di atas risikonya mendorong para peneliti dan praktisi perikanan mencari alternative jenis pakan lain yang kaya vitamin dan mineral bagi ikan, lebih murah, ramah lingkungan, dan nyaris tidak menunjukkan imbas negative bagi masyarakat. 

Bahan Baku untuk Membuat Pakan Pelet

Beberapa praktisi perikanan telah mencoba banyak sekali penemuan dengan membuat pelet ikan sendiri memakai materi baku yang lebih terjangkau dan ramah lingkungan dengan tujuan membuat masakan ikan nila agar cepat besar dan cepat panen.

Beberapa pembudidaya ikan umumnya hanya mensubtitusi jenis materi baku pelet, ibarat mengganti tepung ikan menjadi tepung cacing, bekicot, atau tepung dari tumbuhan lain. 

Sementara itu, untuk materi baku lainnya masih sama. Proses pencetakan pun dilakukan sendiri dan tidak ada penambahan pengawet pada pelet yang di buat.

Namun, ternyata cara ini belum signifisikan untuk menekan biaya pakan.
Penghematan biaya pakan ini hanya mengurangi biaya produksi sekitar 5-10% dari keseluruhan total biaya yang dikeluarkan. 


Baca juga:
Jenis Jenis Ikan Nila dan Gambarnya Lengkap

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar – Pakan dari Daun

Ada juga pembudidaya lain yang mengganti pakan ikan nila dengan memakai daun singkong. Daun singkong di potong-potong atau di pecah, kemudian di berikan pakan ikan. 

Selain itu, ada juga yang mengganti pelet dengan ampas kelapa, sayuran sisa, atau sisa roti yang sudah kadaluarsa. 

Namun, sekali lagi usaha-usaha tersebut belum menjadi tanggapan yang niscaya dan inovatif dalam budidaya ikan nila. 

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar - Bentuk Piramid 

Makanan ikan nila agar cepat besar salah satunya merupakan dari ekosistem perairan habitat bagi bermacam-macam jenis ikan. Salah satunya yakni oriochromis niloticus atau ikan nila. 

Nila ditempatkan pada tingkatan yang tidak terlalu tinggi dari dasar piramida masakan yang dihuni oleh kelompok tumbuhan. 

Pada ekosistem, nila terlibat dalam proses memakan dan di makan yang kalau disederhanakan akan membentuk suatu teladan rantai makanan. 

Kelompok tumbuhan yang hidup di air telah menjadi pakan alami bagi ikan nila. Pakan alami yang tersedia di habitat nila menjadi sumber pakan utama tanpa ada adonan materi kimia layaknya pelet. 

Pakan alami menjadikan nila tergolong sebagai ikan yang tidak mengandung nutrisi buatan. 

Piramida dan ratai masakan tersebut sanggup dijadikan pijakan pada perjuangan pembesaran nila dengan pakan alami. 

Piramida masakan berkaitan dengan pemilihan jenis ikan yang akan dibesarkan, sedangkan ratai masakan berkaitan dengan pemilihan jenis pakan alami yang sesuai dan memenuhi kriteria ekonomi. 

Dalam piramida makanan, tingkatan paling bawah dihuni oleh kelompok makhluk hidup yang bisa memanfaatkanair dan unsur hara, dengan pertolongan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Tingkatan kedua dan seterusnya sampai ke puncak piramida dihuni oleh makhluk hidup yang untuk memenuhi kebutuhannya harus memakan makhluk hidup lain pada tingkatan piramida dibawahnya. 

Gambaran tersebut sesuai engan sikap nila dalam mengonsumsi tumbuhan air di habitatnya, ibarat memakan plankton dan tumbuhan tertentu yang hidup di air. 

Yuk, baca juga:
Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar

Makanan Ikan Nila Kecil

Meskipun nila cukup umur sering memangsa anak nila yang gres menetas, bukan berarti ikan ini merupakan pemangsa. 

Ketika anak nila mulai berukuran lebih dari satu sentimeter, nila cukup umur tidak lagi memangsanya. Berbeda dengan lele yang bersifat kanibal dengan apapun. 

Karena tidak tergolong ikan pemangsa, nila tergolong mempunyai nilai ekonomi tinggi kalau di budidayakan. 

Ketika mulutnya belum sanggup terbuka lebar, pakan utama ikan ini hanya berupa plankton. Walaupun demikian, ternyata itu yakni masakan ikan nila agar cepat besar yang pribadi dari alam secara alami.

Makanan Utama Ikan Nila Remaja Dewasa


Setelah cukup cukup umur menentukan masakan ikan nila agar cepat besar, pakan utamanya berupa tumbuhan air. 

Dapat di simpulkan bahwa nila merupakan ikan yang menempati tingkatan piramida masakan sempurna di atas produsen yang memakan tumbuhan air tertentu. 

Tumbuhan air tertentu ini bias di konversi menjadi protein oleh badan nila. Hal ini tidak terjadi pada jenis-jenis ikan pemangsa yang menempati puncak piramida makanan, contohnya lele. 

Ikan yang menempati puncak piramida tidak mempunyai kemampuan mengonversi tumbuhan menjadi protein. Kalaupun bisa tidak akan sebaik nila. 

Ikan pemangsa harus memakan binatang lain atau dari jenisnya sendiri untuk membentuk daging tubuhnya.

Betapa mahalnya biaya budidaya ikan ibarat ini kalau mengingat pakan yang di makannya. 

Anehnya, pemenuhan kebutuhan daging ikan di masyarakat justru ditopang oleh produk budidaya ikan berjenis ini.       

Perbandingan Analogi Makanan Lele versus Makanan Nila

Ikan yang menempati puncak piramida masakan bisa di analogikan dengan harimau yang hidup di ekosistem hutan. 

Rasanya kurang sempurna apabila harimau di budidayakan untuk tujuan memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat. Karena itulah sapi dikembangbiakkan sebagai ganti harimau. 

Pakan binatang ini hanya berupa rumput yang harganya murah dan ketersediaannya berlimpah. 

Sama ibarat lele, harimau menghuni puncak piramida di ekosistemnya, sedangkan sapi berada sempurna di atas dasar produsen. 

Berdasarkan uraian di atas semakin terang bahwa piramida masakan bisa digunakan  sebagai pegangan dalam menentukan jenis ikan yang layak di budidayakan.

Nila layak di budidayakan lantaran posisinya berada sempurna di atas produsen sehingga biaya pakannya relative murah. 

Sekarang hanya tinggal mencari jenis tumbuhan air ibarat apa yang sempurna untuk dijadikan pakan nila.

Baca ini:
Cara Lengkap Pembenihan Ikan Nila yang Benar

Itulah beberapa masakan ikan nila agar cepat besar mulai dari kecil sampai tumbuh cukup umur berupa pakan hidup baik jenis hewani maupun nabati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba budidaya.

0 Response to "Makanan Ikan Nila Agar Cepat Besar Alami Dan Buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel