Tips Pemasaran Ikan Gurame Yang Menguntungkan

Pemasaran Ikan Gurame Sudah tahu pembeli ikan gurame? Atau ingin tahu pengepul ikan gurame di jakarta serta harganya per kilo?

Pemasaran merupakan tahap selesai dari perjuangan budidaya gurame. Tahapan ini merupakan pekerjaan yang paling menentukan.

Tanpa pemasaran yang sempurna dan benar, semua hasil panen usaha budidaya yang telah dilakukan akan sia – sia.


Masalah yang sering muncul dalam pemasaran gurame yaitu pemasokan yang tidak terserap alasannya selera pasar tidak sesuai dengan produksi yang dihasilkan.


Hal ini diakibatkan pembudidaya tidak tahu selera dan kebutuhan yang diinginkan pasar.


Sebagai contoh, petani lebih suka membesarkan gurame ukuran 1 atau 2 kg, sementara ukuran pasar 500 kg.


Akibatnya, walaupun pasokan ada, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Berikut cara pemasaran ikan gurame yang gampang dikerjakan untuk pemula yang masih bingung.


 Atau ingin tahu pengepul ikan gurame di jakarta serta harganya per kilo Tips Pemasaran Ikan Gurame yang Menguntungkan

Pemasaran Ikan Gurame


Memasok Gurame ke Supermarket


Salah satu pasar yang potensial untuk memasarkan gurame konsumsi yaitu supermarket. 


Namun, berbeda dengan pasar lainnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pemasok sebelum gurame sanggup masuk di supermarket.


Tahap awalnya, pihak pemasok terlebih dahulu mengajukan penawaran secara resmi ke pihak supermarket.


Setelah disetujui, pemasok diminta melaksanakan persentasi mengenai potensi produksi guraminya.


Jika berminat, pihak supermarket akan mengajukan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemasok.


Berikut beberapa pola persyaratan yang biasa diajukan pihak supermarket kepada pihak pemasok perihall pemasaran ikan gurame:


Pemasok harus bisa menyediakan gurame dengan standar kualitas yang telah ditentukan oleh pihak supermarket.


Pemasok harus bisa menyediakan gurame secara berkesinambungan (terus menerus).


Pemasok harus bisa memenuhi kuantitas yang dipesan pihak supermarket.


Pemasok harus mau atau sanggup memeberi harga yang sesuai dengan harapan pihak supermarket. Minimal, harganya sama dengan harga di tingkat pembudidaya.


Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, pihak supermarket akan mengecek pribadi lokasi budidaya yang dimiliki oleh pemasok.


Pihak supermarket sanggup saja membatalkan kontrak bila pihak pemasok dianggap tidak sanggup memenuhi undangan alasannya luas lahan yang tidak mencukupi.


Cara mengantisipasinya, pemasok sanggup bekerja sama dengan pembudidaya lain untuk mendirikan suatu forum atau koperasi biar sanggup memenuhi undangan pihak supermarket.


Selain itu, dilema pemasaran ikan gurame lainnya yaitu kelangkaan gurame akhir efek musim. 


Pada animo kemarau, perjuangan budidaya gurame tidak berjalan maksimal alasannya banyak gurame yang terjangkit penyakit.


Praktis, aktivitas ini membuat perjuangan budidaya gurame lebh banyak dilakukan pada animo hujan.


Akibatnya, walaupun harga gurame meningkat, tetapi pembudidaya tidak bisa memenuhi undangan pasar.


Baca juga:
Teknik Budidaya Ikan Gurame Hemat Biaya dan Menguntungkan

Jual Beli Ikan Gurame Konsumsi


Langkah terbaik untuk memasarkan ikan gurame yaitu dengan menganalisis keadaan pasar terlebih dahulu sebelum melaksanakan perjuangan budidaya.


Selain itu, pembudidaya harus menguasai teknik pembesaran yang baik sehingga setiap dikala bisa memproduksi gurame yang bermutu dan sesuai dengan undangan pasar.


Satu lagi yang terpenting, pembudidaya harus mempunyai jaringan pemasaran yang luas biar gurame yang dihasilkan mudh terjual.


Caranya dengan membangun korelasi yang baik dengan para pengepul, bandar, dan pengecer (pedagang langsung).


Baca juga ya,.
Umpan Ikan Gurame Liar, Kolam Harian dan Malam Hari
Resep Masak Ikan Gurame Enak dan Lezat


Nah, sehabis mengetahui cara pemasarkan ikan gurame di atas, dibutuhkan Anda sanggup dengan gampang membuat kualitas dan kuantitas gurame yang dicari oleh pasar.

0 Response to "Tips Pemasaran Ikan Gurame Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel