Usaha Ternak Lele Rumahan? Untung Atau Rugi? Berikut Ulasannya

Usaha Ternak Lele Rumahan ifoikan.com Sudah tahu rincian biaya ternak lele? Atau ingin tahu usaha ternak lele pemula?

Persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum membudidayakan lele.

Budidaya lele yang di kemukakan berikut ini benih lele di beli dari tempat lain, tidak di usahakan sendiri. 

Tetapi bagi peternak yang bisa mengusahakan sendiri benih lele juga tidak duduk kasus sejauh perjuangan keduanya sanggup berjalan sebagaimana yang diharapkan. 

Secara garis besarnya modal yang digunakan untuk membudidayakan lele konsumsi di bagi menjadi dua golongan menurut pada kegunaannya, yakni modal investasi dan modal-modal kerja. 

Berdasarkan sumbernya, maka modal di bagi menjadi 3 golongan yakni modal sendiri, modal pinjaman, dan modal campuran. 

Berikut ini hendak dikemukakan mengenai modal perjuangan ternak lele rumahan yang digunakan dalam budidaya lele konsumsi. 

persiapan yang dilakukan sebelum membudidayakan lele Usaha Ternak Lele Rumahan? Untung Atau Rugi? Berikut Ulasannya


Usaha Ternak Lele Rumahan


Modal investasi yakni modal yang akan digunakan untuk membiayai pengadaan semua keperluan prasarana dan sarana perjuangan yang bersifat tetap. 

Prasarana dan sarana tersebut digunakan selama batas waktu tenggang yang cukup lama. Misalnya dalam waktu satu tahun, dua tahun, tiga tahun, lima tahun, dan seterusnya. 

Sarana yang digunakan dalam perjuangan budidaya lele konsumsi semakin usang akan semakin berkurang nilainya sesuai dengan usang pemakaian sarana itu. 

Nilai selesai tersebut suatu ketika akan tercapai sehingga sarana tidak mempunyai nilai lagi alias tidak sanggup difungsikan lagi sebagaimana semestinya. 

Dalam perjuangan budidaya lele untuk konsumsi biaya tetap mencakup modal yang digunakan untuk pembuatan bak beserta ongkos kerjanya, instalasi saluran permukaan air, pembuatan saluran pengeluaran air, pembuatan rumah jaga, pembuatan gudang pakan dan peralatan, pemasangan jaringan listrik, pembelian alat pencetak pelet, pembelian tabung oksigen, dan biaya pembuatan pagar kolam. 

Berikut ini hendak dibahas satu demi satu alokasi penggunaan dana termasuk dalam modal tetap. 

Baca juga:
Rincian Modal Ternak Lele dari Awal Hingga Panen

Tempat Menjual Ikan Lele

Pembaca barangkali ada yang bertanya-tanya mirip apa cara atau teknik pemeliharaan lele yang betul seberapa besar atau banyak modal yang dibutuhkan untuk perjuangan budidaya lele konsumsi dalam catatan ini pembaca sanggup menemukan tip atau kiat-kiat sukses cara memelihara lele konsumsi yang paling menguntungkan. 

Juga uraian mengenai perencanaan modal dan kebutuhan dalam perjuangan budidaya lele konsumsi. 

Sehingga diharapkan dengan membaca dan mengkritisi uraian yang saya tulis ini calon peternak lele sanggup tindakan-tindakan yang harus dilakukan sewaktu membudidayakan lele konsumsi. 

Pengetahuan wacana lele dan budidaya yang optimal tidak hanya sebatas yang dikemukakan petani. 

Hal itu dikarenakan pengetahuan wacana budidaya lele dengan segala triknya dalam wakutu ke waktu terus berkembang sehingga peternak dituntut untuk mengikuti dan menguasai kejadian-kejadian seputar perjuangan budidaya lele, termasuk perkembangan bisnis lele. 

Sementara pembahasan ini di rasa cukup representative digunakan sebagai panduan bagi peternak yang tertarik mencoba atau menggeluti budidaya konsumsi. 

Sampai ketika ini penelitian dan pengembangan teknik budidaya lele terus dilakukan oleh para jago dan pegiat budidaya lele, termasuk upaya menghasilkan benih lele unggul. 

Baca juga:
Cara Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan untuk Pemula

Rasasia Sukses Cara Terak Lele

Sebagian orang mencicipi cara-cara atau teknik budidaya lele bantu-membantu tidak rumit alias sanggup dilakukan oleh siapa saja yang berminat. 

Baik oleh peternak pemula maupun yang sudah senior(professional). Pemeliharaan lele sanggup dilakukan dalam bak dilahan sempit maupun dalam bak lahan yang luas. 

Kolam pemeliharaan lele dilahan sempit contohnya diarea taman atau perjuangan ternak lele rumahan halaman rumah. 

Di lahan luas atau lahan terbuka lele sanggup dipelihara dalam bak yang di buat dilahan persawahan atau dikebun tidur. 

Budidaya lele untuk kepentingan konsumsi tidak saja dilakukan di Indonesia.
Beberapa Negara lain mirip Thailand, india, dan piliphina juga membudidayakan lele. 


Produksi lele di Thailand 970 kg /100 m2 / tahun, dan india (daerah asam) produksinya rata-rata tiap 7 bulan mencapai 1200 kg/ha. 

Dengan dibudidayakannya lele di luar Indonesia, disatu sisi merupakan persaingan yang harus di tanggapi secara sehat. 

Sementara di sisi yang lain, merupakan peluang ekspor bagi Indonesia lantaran ternyata lele juga di butuhkan di luar negeri. 

Usaha Ternak Lele Rumahan - Berbagai Media untuk Membudidayakan Lele 

Sebelum menciptakan bak untuk budidaya lele untuk di konsumsi perlu di susun beberapa pertimbangan berkaitan dengan tempat atau lokasi bak yang hendak di buat. 

Beberapa pertimbangan itu dikaitkan dengan lokasi tempat bak dibuat, macam atau tipe bak yang akan di buat, keberadaan sumber air, lokasi pemasaran, saluran jalan, keamanan, dan lain-lain. 

Pertimbangan-pertimbangan atau tip untuk menciptakan bak pemeliharaan lele tersebut nantinya akan besar lengan berkuasa pada besar kecilnya penggunaan modal usaha. 

Kolam yang akan di buat untuk membesarkan lele konsumsi harus dikondisikan mirip habitat lele di alam bebas. 

Untuk itulah pengetahuan wacana sikap dan habitat lele di alam bebas dirasa penting diketahui oleh setiap peternak lele. 

Pada pembahasan sebelumnya telah di uraikan bahwa lele dikenal sebagai ikan air tawar yang mempunyai akomodasi dalam pembudidayakan di bandingkan jenis ikan air tawar yang lain. 

Berkaitan dengan lingkungan tempat hidupnya, lele relativ lebih gampang beradaptasi di bandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lain. 

Memilih Jenis Kolam untuk Budidaya Lele

Sebab lele sanggup hidup di air yang alirannya damai maupun air yang alirannya deras, air yang bening maupun air yang keruh. 

Lele juga bisa hidup dalam lingkungan air yang ber DO (dissolved oxygen) rendah hingga 3 ppm. 

Sementara itu jenis ikan air tawar yang lain sanggup hidup dalam air dengan kadar oksigen paling rendah sekitar 5-7 ppm. Kadar oksigen kurang dari kisaran tersebut ikan sanggup hidup. 

Kehidupan lele bantu-membantu tidak selalu membutuhkan air berlimpah. Lele sanggup hidup dengan baik dalam air tergenang atau air tidak mengalir. Yang penting air tersebut tidak mengalami pencemaran. 

Pada kenyataannya lele lebih menyukai air yang mengalir, meskipun hanya dengan debit 10 liter per menit. Fungsinya hanya sekedar melarutkan sisa-sisa materi organic sehingga tidak menumpuk. 

Penambahan air sangat penting terutama di animo kemarau lantaran volume air berkurang akhir menguap, kalau perjuangan ternak lele rumahan pastinya akan sangat gampang mengontrol

Suhu air yang ideal berkisar 24 derajat c- 30 derajat c dan PH 6-7. Terjadinya kenaikan suhu air pada animo kemarau panjang sanggup menimbulkan lele menjadi stress. 

Baca juga yuk,.
Cara Penjualan Ikan Lele Bagi Pemula Yang Masih Bingung

Keuntungan Bisnis Lele

Lele yang mengalami stress nafsu makannya menurun. Budidaya lele dalam bak sanggup maksimal kalau di dukung dengan ketersediaan  air yang cukup sepanjang tahun. Air bisa berasal dari sungai, irigasi, atau tanah. 

Ditengarai lele sanggup hidup di sembarang tempat. Daerah paling ideal untuk budidaya lele yakni di dataran pada ketinggian tempat antara 10-400 m dpl dengan iklim dan curah hujan sedang. 

Oleh lantaran itu bak budidaya lele banyak di bangkit di daerah-daerah atau tempat-tempat dengan ketinggian sekitar itu, mirip terdapat di wilayah sepanjang pantai utara jawa, mirip subang, kerawang, indrmayu, dan demak. 

Jenis tanah yang baik bertekstur keras atau berlempung pasir. Untuk itu tekstur dinding bak pemeliharaan lele sebaiknya di buat dari konstruksi beton atau semen. 

Hal itu untuk mengantisipasi kebiasaan lele yang kerap merusak dinding bak dan menjaga air tidak merembes. Antisipasi ini sangat penting berkaitan dengan perputaran modal yang telah dialokasikan untuk menciptakan bak pemeliharaan lele. 

Lele sanggup di pelihara daam areal (kolam). Baik ditempat terbuka dan luas ukurannya maupun dilahan sempit atau tertutup, mirip di area taman di halaman rumah, di ruangan rumah, dan lain-lain. 

Untung Rugi Ternak Lele


Untuk perjuangan ternak lele rumahan, ada beberapa factor yang menghipnotis kehidupan lele, baik yang hidup di lahan sempit maupun lahan terbuka (luas). 

Beberapa factor itu terutama mencakup factor lingkungan yaitu lokasi, air, suhu, dan derajat keasaman (muhartanto 2002). 

Pemilihan lokasi untuk pembuatan bak pemeliharaan lele amat penting artinya di tinjau dari investasi modal. 

Jika lokasi tempat bak di bangkit tersebut dihitung sebagai sewa lahan, maka lokasi yang letaknya strategis lebih mahal di bandingkan lokasi yang kurang strategis. 

Tetapi sesungguhnya pemilihan lokasi disini sanggup saja serpihan dari pekarangan yang belum atau tidak optimal sanggup di gunakan sebagai tempat membangun kolam. 

Penggunaan sekarangan (lahan sempit) sebagai tempat pembesaran lele sangat menguntungkan , alasannya relative aman, gampang di kelola, dan gampang di awasi.

Selain menguntungkan, sebaiknya lokasi pembesaran lele pun di nilai dari sisi estetis dengan di upayakan tetap terciptanya kenyamanan areal pekarangan sebagai serpihan rumah tinggal.

Diharapkan pemanfaatan sebagian pekarangan untuk bak pemeliharaan lele sanggup memberi nilai tambah pekarangan tersebut. 

Dengan pernyataan lain, pemanfaatan sebagian pekarangan  untuk menciptakan bak pemeliharaan lele sanggup berfungsi sebagai sumber pendapatan  perhiasan bagi keluarga yang bersangkutan. 

Hal penting yang harus dipikirkan  dalam pemilihan lokasi untuk menciptakan bak pemeliharaan lele yakni wacana penyediaan air untuk bak pemeliharaan.

Penggunaan air untuk bak lele sebaiknya tidak menimbulkan perubahan system irigasi. 

Lokasi bak hendaknya tidak terletak di kawasan rawan banjir. Kedekatan lokasi bak dengan lokasi penyedia materi pakan yang murah dan bermutu, baik pakan alami maupun pakan perhiasan akan mengefisienkan dalam penggunaan biaya operasional pemeliharaan lele. 

Di tinjau dari peranan air bagi lele, maka berarti air di posisikan sebagai media hidup bagi lele. 

Mengingat sebagai media hidup artinya sangat penting bagi kehidupan lele. Oleh lantaran itu air harus mempunyai sifat fisika dan sifat kimia yang cocok untuk kehidupan lele. 

Usaha Ternak Lele Ruamahan - Pemeliharaan Kolam Lele yang Baik

Factor-faktor yang bekerjasama dengan sifat fisika dan kimia air mencakup debit air, kejernihan, suhu, amoniak, dan derajat keasaman (Ph) air yang digunakan untuk memelihara lele dalam kolam. 

Diantara factor-faktor tersebut debit air merupakan syarat utama untuk memelihara lele terutama di kolam. Mengapa demikian itu debit berkaitan erat dengan kelarutan oksigen dalam air. 

Debit air yang besar akan membawa oksigen tersebut terlarut lebih banyak.
Selain kelarutan oksigen yang besar, maka debit air yang tinggi bisa menghanyutkan sisa-sisa masakan dan kotoran ikan ke luar bak bersama racun sisa-sisa pembusukan. Untuk menilai efektivitas kedua fungsi ini, digunakan ukuran total sirkulasi. 


Total sirkulasi yakni waktu yang dibutuhkan untuk mengganti seluruh air kolam. Semakin kecil angka total sirkulasi, semakin tinggi efektivitas air. 

Untuk mengetahui sirkulasi air dalam bak pemeliharaan lele dumbo sanggup di perhitungkan sebagai berikut. 

Misalnya sebuah bak pemeliharaan lele dumbo berisi air 50 m3 mendapat debit 200 liter per menit. 

Total sirkulasinya 50 m3;200 liter per menit= 50.000/200 menit = 250 menit.
Hal ini mengatakan bahwa seluruh air bak akan terganti setiap 250 menit atau 4 jam 10 menit. 


Debit air amat penting berkaitan dengan tingkat produktivitas lele. Terdapat korelasi yang erat antara debit air dan produksi lele. 

Oleh lantaran itu produktivitas lele sanggup dikendalikan dengan pengaturan debit air yang masuk ke dalam bak pemeliharaan. 

Tip yang sanggup dilakukan untuk mendapat kebutuhan debit air yang tinggi contohnya dengan mempercuram dasar saluran pemasukan dan pengeluaran air. 

Jumlah air yang masuk akan besar lengan berkuasa terhadap banyaknya lele yang sanggup ditebar lantaran hal itu berkaitan dengan ketersediaan oksigen terlarut dalam air. 

Selain debit air berperan penting dalam mensuplai oksigen terlarut bagi lele dalam kolam, hal ini yang juga berperan penting dalam produktivitas lele yakni asupan pakan. 

Asupan pakan berkaitan sangat erat dengan nafsu makan lele dalam kolam. Sedangkan nafsu makan lele ditentukan oleh tingkat kejernihan air sebagai media hidup lele. 

Jika air sebagai media hidup lele mempunyai tingkat kejernihan yang tinggi, makan besar lengan berkuasa terhadap nafsu makan lele yang tinggi pula. 

Begitu hal sebaliknya, kalau kejernihan air rendah, maka akan besar lengan berkuasa terhadap tingkat nafsu makan lele yang juga rendah atau lele tidak berselera makan. 

Penyebab air keruh antara lain adanya kandungan pertikel tanah yang menciptakan daya ikatnya terhadap oksigen. 

Selain hal itu kekeruhan yang tinggi akan mengurangi batas pandang ikan dalam air sehingga menimbulkan nafsu makan ikan menjadi turun alias berkurang. 

Dengan demikian sanggup di pahami bahwa kejernihan air sebagai media hidup lele dalam bak sangat penting diupayakan semoga produksi lele meningkat. 

Peternak lele tidak perlu merasa kerepotan untuk mengukur tingkat kejernihan air sebagai media pemeliharaan lele dumbo. Sebab tingkat kejernihan air sanggup di ukur dengan melihat daya tembus sinar matahari ke dalam lapisan air. 

Semakin dalam lapisan air yang sanggup di tembus, maka akan semakin baik untuk budidaya lele secara intensif. 

Sebagai patokan angka minimum yakni 40 cm. dengan demikian sanggup di tengerai kalau cahaya masih sanggup menembus kedalaman air setidaknya sedalam 40 cm, maka dijamin air kejernihan air cukup baik dan di nyatakan sehat untuk kehidupan lele dumbo. 

Jika pada kedalam 40 cm cahaya tidak sanggup menembus masuk ke dalam air kolam, maka air bak segera diganti atau tidak digunakan. 

Jika air keruh itu di paksakan tetap digunakan, maka akan terjadi pengurangan  efektifitas penggunaan pakan. 

Nafsu makan lele selain dipengaruhi oleh kejernihan air juga dipengaruhi oleh suhu air. 

Sejauh ini suhu air yang ideal untuk pemeliharaan lele yakni berkisar antara 25-30 derajat c. kalau suhu air pada kisaran di atas suhu tersebut, maka hal itu menimbulkan nafsu makan lele berkurang. 

Suhu ideal air sanggup di kondisikan dengan cara memberi bak epilog berupa tenaman-tanaman air atau paralet, contohnya tumbuhan pakis air, semanggi air, dan teratai. 

Namun, perlu diingat bahwa lele tidak menyukai tumbuhan yang menutup rapat permukaan air. Lele sesekali akan naik ke permukaan untuk menghirup oksigen di udara terbuka.

Jika tumbuhan air yang semula dimaksudkan untuk peneduh atau pengendali suhu air hingga menutupi semua permukaan air, maka lele menjadi terhalang untuk mengambil oksigen secara eksklusif pada udara terbuka. 


Telah di kemukakan factor nilai ph air sebagai media pemeliharaan lele penting di perhatikaan. 

Jika nilai ph menyimpang dari ph yang sesuai untuk kehidupan lele, maka lele dalam bak tidak akan sanggup hidup atau kehidupan lele menjadi abnormal. 

Sejauh ini nilai ph atau derajat keasaman air antara 6,5-8,5 baik untuk pemeliharaan lele. 

Nilai ph air ideal untuk pemeliharaan lele berkisar antara 7,5-8,5. Keadaan nilai ph dari air tidak sanggup di sepelekan. Sebab kalau nilai ph air lebih kecil dari 5 atau nilai ph air lebih besar dari 11 akan membunuh lele. 

Salah satu penyebab turunnya kadar keasaman air yakni sisa masakan dan kotoran. Sisa masakan dan kotoran akan terurai antara lain menjadi nitrogen dalam bentuk amoniak. 

Nitrogen dan amoniak yang larut dalam air tidak sanggup dihilangkan dengan penyegaran udara atau aerasi. 

Amoniak sanggup dihilangkan dengan menguras kolam. Cara lain yakni dengan meningkatkan pengeluaran air melalui system sirkulasi air. 

Dengan begitu untuk senantiasa mengontrol nilai ph air dalam kolam  pemeliharaan lele, lancarnya sirkulasi air dalam bak amat penting dikondisikan setia waktu. 

Guna pengkondisian sirkulasi air dalam bak berjalan baik, maka perlu di alokasikan dana (biaya secara khusus. 

Biaya atau dana di masukkan dalam kelompok modal tetap (investasi) yang mencakup pembelian atau pengadaan peralatan dan upah tenaga kerja untuk pembuatan saluran pemasukan dan pembuangan air. 

Misalnya untuk kepentingan sirkulasi air dalam bak berukuran 200 m2, dibutuhkan dana (biaya) pembuatan saluran pemasukan dan pembuangan air disertai upah tenaga kerja setiap tahunnya sebesar 400.000 

Pembesaran lele sanggup dilakukan hamper di setiap tempat. Maksudnya bak atau tempat pembesaran lele tidak saja dilangsungkan dalam bak konvensional atau bak yang di buat pada tanah di lahan terbuka (luas).

Tetapi bak pembesaran lele sanggup dilakukan di tempat tertentu dengan memakai peralatan, mirip drum, kubangan, areal taman, dan lain-lain. 

Nah, selesai sudah beberapa tips kiat membangun usaha ternak lele rumahan untuk pemula yang menguntungkan dan banyak dicari oleh kaum pembisnis.

0 Response to "Usaha Ternak Lele Rumahan? Untung Atau Rugi? Berikut Ulasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel