Cara Budidaya Kuda Maritim Di Akuarium Air Tawar

Budidaya Kuda Laut Sudah tahu budidaya kuda maritim bentuk pdf? Atau ingin tahu cara budidaya kuda maritim di lampung?

Mengenal Kuda Laut
Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae. Ikan - ikan famili sygnathidae termasuk ikan - ikan laut dan ikan air tawar yang berukuran sedang hingga besar dengan bentuk tubuh memanjang, terbungkus formasi bulat tulang. 

Mulut kecil biasanya terletak pada ujung moncong yang ibarat tabung, celah insang kecil. 

Mempunyai satu sirip punggung biasanya dengan 15 - 60 jari - jari lunak, sirip dubur sangat kecil dengan 2 - 6 jari - jari sirip, tidak memiliki sirip perut, memiliki sirip ekor atau tidak memiliki sirip ekor. 

Kuda maritim kuning panjangnya sanggup mencapai 25 cm, sedangkan spesies h.spinosissimus sanggup mencapai 30 cm. wikipedia

Berikut cuplikan singkat cara budidaya kuda maritim menurut fakta yang sudah dikerjakan oleh petani secara sederhana.

Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar

Budidaya Kuda Laut

Baca juga:
Nama Nama Ikan Laut Dangkal dan Dalam Bisa Dikonsumsi
Ikan Laut Konsumsi? Berikut Nama dan Gambarnya

Klasifikasi ilmiah

Kingdom : Animalia
Filum   : Chordata
Kelas   : Actinopterygii
Ordo    : Syngnathiformes
Famili  : Syngnathidae
Genus   : Hippocampus
Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar


Bentuk kepala seolah-olah kuda, badannya bersegmen dengan satu sirip punggung, sepasang sirip dada, satu sirip dubur yang sangat kecil, dan sirip perut. 

Ekornya sanggup mencengkram dan sanggup dipakai untuk memegang sesuatu. Kuda maritim jantan dilengkapi dengan kantong pengeraman di bab ekor. 

Jika kuda maritim beristirahat, ekornya yang bisa dilengkungkan itu dikaitkan untuk berpegang pada ranting-ranting rumput maritim atau akar bahar. 

Tubuh kuda maritim indah berwarna warni, yaitu kuning, hijau, merah, dan hitam. Namun warna kuda maritim bisa berubah bergantung banyak sedikitnya sinar matahari kemampuan mengubah warna tubuhnya hingga sesuai dengan lingkungannya. 

Kuda maritim memiliki mata yang unik, 

Badan kuda maritim yang bersegmen semacan memiliki baju besi, baju besi ini sangat berpengaruh sehingga kuda maritim yang telah mati dan mengering pun sulit di hancurkan dengan tangan. 

Kuda maritim memiliki ekor yang disebut ekor prehensile yang sanggup di bengkokan untuk melilitkannya pada flora air atau karang yang yang berfungsi menambatkan  kuda laut. 

Spesies - spesies kuda maritim yang umum ditangkap di antaranya kuda maritim bermoncong panjang yang terdapat di pantai - pantai selatan inggris. 

Spesies bermoncong pendek ditemukan di sebelah utara pantai inggris. 

Jika kuda maritim melepaskan diri dari pegangannya, gerakannya lamban melayang - layang dalam posisi vertikal, tenaga pendorongnya yakni lambaian sirip punggungnya yang kecil dan lemah yang kadang - kadang tak tampak jelas. 

Jika terbawa arus maka kuda maritim sanggup hanyut dan menempuh jarak yang sangat jauh meskipun kuda maritim ini populer sangat malas.

Cara berenang kuda maritim juga di pengaruhi oleh sistem yang sangat khusus terkait dengan udara pada kantung renangnya. 

Kuda maritim bergerak naik turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. 

Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit saja udara, maka kuda maritim akan karam ke dasar laut. Kecekaan yang sedemikian sanggup mengakibatkan maut kuda laut. 
Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar

Makanan Kuda Laut

Kuda maritim yakni pemakan plankton dan binatang-binatang kecil udang, ikan-ikan kecil, larva tiram, dan lain lain yang hidup di antara rumput - rumput laut, lamun, dan karang. 

Biasanya kuda maritim menanti makanannya dengan sabar hingga makanannya tiba sendiri mendekati kepalanya. 

Pada waktu muda, dikala gres dilahirkan oleh induknya, kuda maritim memakanplankton. 

Dalam pemeliharaan, anak kuda maritim di berikan fitoplankton dan rotifera dari umur 1 - 15 hari, lalu diberikan nauplii artemia sesuai dengan ukuran mulutnya. 

Kuda maritim sampaumur diberikan udang rebon, udang jambret, dan artemia sampaumur 2-5 kali sehari. 

Jumlah pakan yang diberikan 3 - 5% dari bobot biomassa. Yang perlu diperhatikan, pakan diberikan bertahap hingga diperkirakan kuda maritim sudah cukup kenyang. 
Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar

Pembenihan Kuda Laut

Benih atau bibit kuda maritim untuk budidaya diperoleh dari hasil penangkapan di alam dan pembenihan terkontrol di hatchri. 

Penangkapan benih kuda maritim dilakukan diperairan dangkal pada padang lamun, rumput laut, dan ekosistem terumbu karang. 

Sedangkan benih kuda maritim diproduksi hatchri tersedia di BBPBL lampung. 
Kuda maritim termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar

Budidaya Kuda Laut di Akuarium atau Bak

Benih kuda maritim yang dipakai pembesaran umumnya berumur 30 hari. Pada umur tersebut benih kuda maritim yang disebut juwana sudah sanggup memegang substrat dengan ekor prehensilenya. 

Pemeliharaan kuda maritim sanggup dilakukan di bak, hampang, kja, jkd, atau tambak.

Namun umumnya,  pemeliharaan kuda maritim dilakukan di bak, baik kolam papan yang dilapisi terpal/plastik, kolam fiberglass, ataupun kolam beton. 


Penebaran benih kuda maritim di dalam wadah pembesaran dilakukan pagi dan sore hari semoga benih tidak mengalami stress. Benih ditebar dengan kepadatan 5 - 10 ekor/liter. 

Dengan adanya sedikit ringkasan citra cara budidaya kuda maritim di akuarium air tawar di atas, diperlukan sahabat bisa mengambil langkah selanjutnya yakni memeliharanya.

0 Response to "Cara Budidaya Kuda Maritim Di Akuarium Air Tawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel