Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing

- Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mendalami perihal senar dan beberapa jenisnya tentu teman-teman para anglers sedikitnya sudah mengerti bab besarnya. Rasanya kurang tepat bila kita belum mengetahui lebih dalam lagi perihal senar. Maka dari itu kita akan mengupas kembali sisi lain daipada senar/kenur secara lebih mendalam pada karakter-karakter senar mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Bila kita telah memahami lebih dalam perihal abjad senar tentu juga kita akan sanggup menentukan senar sesuai dengan kebutuhan untuk memancing. 

Sebelum menuju kebeberap poin penting perihal karakteristik senar maka terlebih dahulu perlu kita ketahui bagaimana sebetulnya standar internasional dari senar. Standar senar itu sendiri telah diverivikasi pribadi oleh IGFA ( International Game Fishing Asssociation ). IGFA sendiri merupakan organisasi mancing dunia yang berkantor di Florida Amerika Serikat. IGFA telah mengeluarkan peraturan perihal senar yang berjulukan IGFA CLASS. IGFA Class ini ialah suatu peraturan standarisasi terhadap senar. Misalnya, jikalau senar yang bertanda IGFA Class mempunyai kapasitas kekuatan sebesar10 Kg, maka otomatis senar akan putus jikalau mendapat beban lebih dari 10 Kg. Jika dibandingkan dengan senar  lain yang tidak mempunyai label IGFA Class kemungkinan besar senar akan putus jikalau mendapat beban dibawah 10 Kg. Karena beberapa merk yang tidak mengikuti standarisasi kekuatan senar cenderung jauh dari instruksi yang telah dituliskan pada kemasan.

 kita telah mendalami perihal senar dan beberapa jenisnya tentu sobat Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing

Beberapa gambar diatas ialah adalah teladan senar yang sudah mempunyai label IGFA disana juga terdapat kapasitas kekuatan yang tercantum pada kemasannya dan sanggup dipastikan perihal validitasnya. Jika ingin memperoleh suatu rekor kelas tertentu, maka senar yang dipakai pemancing akan di tes kekuatannya sesuai klaim rekor, semua senar yang berlabel dan yang tidak berlabel IGFA harus di tes terlebih dahulu untuk validasi senar yang digunakan.

Baiklah sesudah mengetahui standar internasional perihal senar pribadi dari IGFA.Maka kini saatnya kita mengenal beberapa karakteristik senar.Pada dasarnya senar pancing mempunyai beberapa karakteristik yaitu :

1. Kekuatan ( Strength )

Kekuatan senar ialah seberapa jauh senar tersebut sanggup menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan memakai universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm/mnt (diadopsi dari cara pengujian Inggris). Kemudian senar di uji hingga putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

2. Kekuatan Ikat Senar ( Knot Strength )

Kekuatan ikat senar ialah kekuatan ikat pada simpul dimana senar akan putus di simpul. Pada umumnya kekuatan di ukur dengan pons (Lbs) atau Kg (Kilogram). Test kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan menciptakan simpul pada bab tengah senar yang akan di uji hingga senar putus pada simpul.

3. Perpanjangan Senar ( Elongation )

Senar akan mengalami perpanjangan atau mulur pada dikala menarik beban, hingga titik maksimal dari senar tersebut. Tes juga dilakukan dengan cara menarik senar hingga titik maksimal senar tersebut akan putus.

4. Ketahanan Gesek ( Abrasion Resistance )

Ketahanan gesek senar ialah senar yang tidak gampang terkikis atau erosi jikalau terkena watu karang, penunutun senar pada joran dan daerah jalannya senar pada reel. Tes dilakukan dengan menggesek senar hingga putus memakai amplas yang berputar sembari dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran yang didapat akan menandakan senar semakin tahan terhadap gesekan.

5. Kelenturan ( Flexibility )

Kelenturan senar ialah resistensi senar dikala ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada dikala ditekuk. Makin besar resistensinya mengatakan senar semakin kaku.

Demikianlah beberapa karakteristik-karakteristik pokok pada senar. Karakteristik ini sudah di uji pribadi oleh IGFA yang merupakan organisasi mancing terbesar didunia. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan menyebarkan kepada kami baik itu tips dan pengalaman mancing anda.

Sumber : IGFA

0 Response to "Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel