Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bab Penting Pada Joran

- Pada gambar di bawah yang kami ambil dari salah satu seller online terpercaya, kita akan menemukan beberapa istilah yang mungkin masih absurd dimata para pemancing khususnya bagi yang pemula. Padahal perlu diketahui bahwa setiap istilah yang ditulis oleh seller online akan menjadi tolak ukur kita sebelum membeli peralatan pancing terutama bagi anda yang ingin membeli online. Jangan hingga anda salah perhitungan menyerupai Lenght pada joran dengan arahan misalkan 662 MH yang berarti panjang joran kurang lebih sekitar 198 cm dengan action Medium keatas. Tentu anda akan salah memesannya jikalau yang anda inginkan joran dengan panjang 180 cm ML namun sebab anda tidak mengerti arahan tersebut sehingga pribadi memesan 662 MH. 
 Pada gambar di bawah yang kami ambil dari salah satu  Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran
Spesifikasi Joran oleh Elder Fishing

Pada artikel ini kami akan mencoba untuk menjawab seputar istilah-istilah yang membingungkan anda tersebut. Tentu jikalau anda menentukan untuk membeli pealatan mancing anda secara online, maka istilah-istilah ini sanggup jadi acuan bagi anda dalam menentukan pilihan anda sesuai huruf yang anda sukai. Hampir sama dengan toko online, di toko offline pada umumnya anda juga akan sering menemukan istilah-istilah yang mungkin masih jarang anda dengar pada ketika membeli joran. Namun letak perbedaannya jikalau pada toko Offline anda sanggup bertanya sepuasnya kepada penjual. Namun tidak salah jikalau anda meluangkan waktu untuk memahami istilah dan kode-kode pada joran yang suatu ketika akan berguna. 

Kita mengambil pola diatas yang merupakan salah satu merk joran yaitu joran Sasame jigging weapon. Istilah menyerupai ini akan sering anda temukan juga pada merk lainnya. Baiklah pribadi saja ke pembahasan.

1. Istilah Lenght  5,6

Jika para pemancing mendapati joran yang tidak menyertakan ukuran menurut Centimeter atau Meter pada kasus ini tentu akan menciptakan hati galau berapa sebetulnya panjang joran tersebut.maka dari itu kita akan mencoba membaca arahan yang tertera pada joran Sasame Jigging Weapon JWJS 562 menyerupai gambar diatas.

Pada gambar diatas kita akan melihat disana tertera arahan 562 yang artinya adalah:
5'6" atau 5,6ft (Feet/kaki) dan arahan 2 di belakang yakni jumlah sectionnya. Section ini berarti 2 potongan yang akan disambungkan menjadi 1. Dengan kata lain section ini sanggup juga dikatakan piece. 2 section berarti 2 piece (2 potongan yang disambungkan menjadi 1). Jika itu joran 1 section maka berarti 1 piece dan akan tertulis 1. (misalnya: 561)

Penggunaan satuan panjang Feet/Kaki memang kadang masih terdengar absurd di indera pendengaran kita, maka dari itu mari kita juga mencoba mencar ilmu mengetahui konversinya sebagai berikut:

  • 1Ft (Feet/Kaki) = 30.48cm
  • Jika tertulis 5'6" maka kita tinggal dikalikan saja dengan 30.48cm
  • 5.6 x 30.48 = 170.68
  • Jadi panjang joran tersebut yakni +/- 170cm

2. Istilah PE 2-4

Jika kita melihat ada goresan pena PE 2-4 maka itu berarti kenur atau senar PE yang digunakan haruslah berkisar antara PE 2 hingga PE 4. PE 4 pada joran tersebut yakni senar PE maksimal yang boleh digunakan pada joran tersebut. Dengan kata lain joran tersebut hanya sanggup menahan beban senar PE 2-4 dan kalau di isi PE 5 keatas maka akan melebihi kekuatan joran tersebut dan kalau lagi fight dengan ikan yang cukup besar kemungkinan besar joran tersebut akan patah. Apalagi kalau setingan dragnya di set pada kondisi 70% maka akan makin memperparah beban pada joran. Untuk diketahui bahwa istilah PE merupakan satuan ukuran maksimal beban (breaking strain),untuk kenur atau joran. Misalnya PE 4, yang berarti kekuatannya menahan beban hingga 40lbs, PE 5 (50lbs). Jumlah 2 lbs kira-kira setara dengan 1 kg. Jika maksimal joran 40 lbs maka kurang lebih sekitar 19-20 kg berat maksimal yang sanggup ditahan joran.


3.Istilah Fuji Reel Seat & Fuji Ring Guide

FUJI merupakan merk peralatan dan aksesoris pancing yang terkenal. Beberapa dari merk fuji merupakan andalan dari joran terkenal. Antara lain ring guide, reel seats dan butt end. Memang tidak selalu tepat, tetapi paling tidak sanggup jadi citra awal untuk mengetahui apakah joran yang kita minati itu kualitasnya cantik untuk mancing di maritim atau tidak. Brand Fuji sendiri banyak digunakan untuk pabrikan-pabrikan joran kelas satu menyerupai Shimano, Daiwa dll. Maka istilah fuji seat dan fuji guide merupakan dudukan reel dan kolongan (ring) joran yang dibentuk oleh merk Fuji. Biasanya joran yang mempunyai spesifikasi menyerupai ini akan mempunyai kualitas yang bagus.


4.Istilah Cast Weight (CW)

Istilah cast weight (CW) ini biasanya tertulis pada joran casting baik itu joran untuk spinning maupun joran baitcasting. Berat dari lure (umpan buatan ) merupakan ukuran yang sanggup dilontarkan. Misalnya pada joran tertulis CW 7-20 gr, maka lure yang digunakan sebaiknya yang mempunyai berat berkisar antara 7-20 gr ,supaya lontarannya lebih baik.


5. Istilah Ferrule

Bagian ini merupakan istilah yang terdapat pada joran berjenis sambungan baik sambungan dua, tiga section. Terdiri atas male ferrule dan female ferrule. Ini merupakan potongan untuk menyambung antar potongan joran yang satu dengan yang lain dalam ukuran dan bentuk yang telah diadaptasi sebelumnya.

Selain istilah-istilah diatas juga terdapat bagian-bagian penting pada joran. Bagian-bagian tersebut yaitu :
 Pada gambar di bawah yang kami ambil dari salah satu  Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran
Bagian-Bagian Joran secara umum 
Rod butt / penahan joran

Bagian ini terletak di ujung paling bawah dari batang joran. Terdapat bermacam-macam bentuk potongan penahan joran.Berbagai bentuk yang dikembangkan oleh para pemancing bertujuan  untuk memudahkan penempatan joran mulai dari lancip hingga adanya sambungan semacam besi sebagai tancapan.

Handle / pegangan

Bagian ini berfungsi sebagai pegangan joran. Panjang dan pendeknya tergantung dari beberapa jenis joran. Joran yang digunakan untuk surf casting dan saltwater biasanya pegangan lebih panjang sebab menahan beban yang tentunya lebih berat.

Reel seat / dudukan reel

Bagian ini merupakan daerah bersandarnya reel pada batang joran di antara batang utama dan pegangan. Reel seat ini biasanya hanya terdapat pada joran-joran “modern” menyerupai joran teleskopik, sambungan dan lainya. Namun potongan ini tidak terdapat pada joran jenis tegak atau walesan bambu yang biasa digunakan untuk memancing di kolam.

Butt/ pegangan atas

Bagian ini terletak di bawah batang utama joran dan di atas reel seat.Berfungsi sebagai penahan atau pegangan bagi pemancing. Saat fight dengan ikan besar potongan ini sanggup berfungsi sebagai pengungkit untuk melawan kekuatan tarikan ikan-ikan besar.

Blank/ batang utama

Bagian ini terdiri dari batang panjang pada joran yang biasanya terbuat dari materi fiber, karbon, komposit atau bahkan bambu. Ini merupakan potongan utama dari joran. Panjangnya bermacam-macam tergantung kebutuhan pemancing tentunya juga dengan melihat manfaat dan kegunaannya.

Section

Merupakan bagian-bagian  yang terpisah.Bisa terdiri dari 1 section hingga 3 section tergantung dari panjangnya joran. Bagian-bagian terpisah ini nantinya akan disambung menjadi 1 section(piece).

Ring guide/ line guide

Bagian ini merupakan  kolongan yag terdapat  terdapat dalam joran yang berfungsi sebagai keluar masuknya senar mono maupun PE. Ukurannya bervariasi mulai dari paling besar hingga yang terkecil di ujung joran yang disebut sebagai tip top.

Demikianlah beberapa istilah dan bagian-bagian joran pada umumnya. Silahkan untuk mengembangkan pengalaman-pengalaman serta tips anda kepada kami biar semua teman-teman pemancing lainnya mendapat ilmu gres perihal dunia mancing. 

Sumber : Elder Fishing


0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bab Penting Pada Joran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel