Mengenal Lebih Detail Wacana Baitcasting Reel

- Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya. Namun tak lengkap rasanya kalau kita juga tidak ikut membahas reel yang menjadi kegemaran para castinger, yaitu reel baitcasting. Reel baitcasting merupakan reel yang dirancang dan diciptakan khusus untuk teknik casting. Lalu kalau ada yang bertanya, Bisakah reel BC dipakai untuk teknik dasaran ? sanggup saja, namun funsgi utamanya tentu tak sesuai Lalu bisakah dipakai untuk teknik lainnya menyerupai popping, sampai trolling? sanggup saja, namun tak sesuai. Reel baitcasting ketika ini telah banyak mengalami inovasi, baik dai kegunaan dan fungsinya, bahkan pada beberapa model, reel BC sanggup dipakai untuk teknik jigging. 
 Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Menggunakan reel BC mempunyai pujian tersendiri tentunya. Bukan lantaran harganya yang lebih mahal atau modelnya yang berbeda, namun lebih lantaran reel BC butuh pengalaman dan tak semua orang sanggup menggunakannya dengan baik. Pengguna pemula saja kadang sanggup dibentuk putus asa lantaran harus mengalami yang namanya backlash atau senar kusut akhir putaran spool lebih cepat dibandingkan dengan keluarnya senar. Bagi penggemar reel BC memakai reel BC lebih simpel, hal ini disebabkan cara kerjanya yang berbeda dengan spinning. Jika pada spinning sebelum kita melempar lure, maka terlebih dahulu kita harus membuka bail arm. Sebaliknya pada reel BC anda hanya cukup menekan Thumb kafe kemudian menahan sedikit senar dengan ibu jari anda, kemudian tinggal melempar saja.

Keistimewaan Reel BC lainnya yaitu pada lemparan yang dihasilkannya. Reel BC sanggup melontarkan lure dengan sangat akurat, terutama kalau dilakukan dengan beberapa teknik casting yang khusus menyerupai pitching dan skipping. Keakuratan lemparan sangat dibutuhkan, contohnya saja pada ketika anda melaksanakan trip pada spot pohon bakau yang mempunyai dahan dan daun menutupi permukaan air dari atas, sehingga dengan teknik casting overhead kita tak sanggup melakukannya lantaran sudah niscaya lure akan menyangkut, maka teknik skipping dan underhand sanggup dilakukan dengan sangat akurat dengan reel BC dalam keadaan yang demikian. 

Ciri-ciri reel baitcasting  pada umumnya  :
  • Handle reel ada yang terletak di sebelah kiri dan juga sebelah kanan.
  • Menggunakan Thumbar untuk membebaskan senar ketika melempar lure.
  • Memiliki pengatur senar line guide/lever wind.
  • Berbeda dengan spinning, reel BC hanya cukup dengan menekan thumbar, maka spool dalam keadaan bebas.
  • Dikhususkan untuk memancing dengan teknik casting.
  • Posisi reel terletak di atas joran (overhead reel).
  • Memeiliki variasi pengereman (Breaking System)
Reel BC terbagi menjadi dua tipe yaitu :
  • Low profile dan
  • Round baitcasting 
 Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Adapun perbedaan keduanya yaitu pada kebutuhan dan spot. Spot perairan tawar lebih cocok dipakai tipe low profile sedangkan round baitcasting lebih cocok dipakai pada perairan asin lantaran daya tampung senanr yang lebih banyak dibandingkan dengan low profile. Namun pilihan ada di tangan anda, sewaktu-waktu anda sanggup saja memakai round baitcasting di perairan tawar begitu juga sebaliknya.

1. Bagian-Bagian Penting Pada Reel Baitcasting Beseerta Dengan Fungsinya :
 Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel
  1. Handle = Untuk mengembalikan posisi thumb kafe dan menggulung senar
  2. Spool Tension Knob = Sebagai pengatur lemparan dan berat lure
  3. Thumb Bar = Untuk mengeluarkan senar dari spool dalam keadaan free spool. Dirancang semoga gampang dipakai dengan ibu jari.
  4. Braking System = Pada umumnya terdapat 2 jenis brake yaitu Magnetic dan Centrifugal. Fungsinya untuk menyetel atau menambah ketegangan senar atau setingan umpan sehabis penyetelan pada cast control semoga tidak terjadi backlash. Pada magnetic brake system , ketika posisi on/max, brake tersebut akan melekat pada posisi spool, sehingga ketegangan spool bertambah sedikit, pada ketika posisi off/min, brake berada pada posisi normal sesuai penyetelan pada cast control. Sedangkan pada variable brake system (Centrifugal ), ketika posisi on/max, brake (merah) akan naik dan sedikit menahan laju spool, pada ketika posisi off/min brake dalam keadaan normal sesuai penyetelan pada cast control. Selengkapnya wacana braking system sanggup dibaca pada link berikut.
  5. Spool = Sebagai kawasan penampung senar.
  6. Line Guide/Lever Wind = Sebagai pengatur keluarnya senar, semoga senar keluar dengan rapi. Mekanisme Line Guide akan bergerak ke kiri dan kanan ketika reel digulung.
  7. Drag = Sebagai pengatur tegangan senar ketika fight dengan ikan.
2. Ukuran-Ukuran Baitcasting Reel Serta Kapasitas Daya Tampung Senar


Ukuran reel

Daya tampung spool dengan senar (Lbs/Yds)

50

5/260, 6/195, 8/130

100

8/165, 10/140, 12/120

200

8/230, 10/210, 14/120

300

12/240, 14/190, 20/120

400

  14/260, 17/200, 20/160

700

17/420, 20/310, 25/240

3. Spool Baitcasting Reel
 Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Material spool reel baitcasting menyerupai :
  • Plastik (graphite) = Harganya murah dan ringan, namun sangat gampang pecah dan tidak awet.
  • Aluminium (machine cut) = Harganya mahal ,sangat kokoh, terasa lebih berat dibandingakan yang berbahan plastik dan lebih awet.
Sebagai embel-embel pada dekade 2000an aneka macam sanggup kita jumpai reel baitcasting tipe low profile yang didesain untuk pengguna senar mono. Namun ketika ini tipe low profile sudah didominasi oleh pengguna senar Multifilament atau PE. Hal ini ditandai dengan banyaknya reel spool yang dangkal atau disebut dengan shallow spool. Penggunaan senar mono pada tipe low profile dengan tujuan semoga pengguna mendapat momen long casting. Namun dikarenakan ketika ini sudah ada penemuan shallow spool, sehingga pengguna tipe ini sanggup memakai senar PE. 

Jenis low profile baitcasting ada yang terbuat dari  bahan Magnesium ( Mg ) dan tipe reel ini tidak dianjurkan penggunaanya pada saltwater. Adapun keunggulan dari reel jenis ini yaitu bobot nya yang ringan sesuai dengan bahannya. Sehingga pergelangan tangan tidak cepat lelah, contohnya Daiwa Fuego, Steez dan Shimano Core/Metanium MG .

Reel Baitcasting yang baik yaitu mempunyai akomodasi Casting weight, control dan Casting Brake control yang sanggup berupa magnetic, mechanical, dan digital. Ketiga casting brake control ini mempunyai keunggulan dan kekuangan pada masing-masing tipe.

Pengguna reel BC di Indonesia pada umumnya lebih terbiasa dan nyaman dengan memakai handle yang terletak sebelah kiri. Oleh lantaran itu pasaran reel BC di Indonesia lebih banyak yang memakai handle sebelah kiri untuk menyesuaikan dengan pengguna. Sedangkan di negara-negara luar biasanya pengguna reel BC lebih bayak yang memakai handle sebelah kanan. Baik kiri atau kanan bekerjsama sama saja fungsinya, lantaran semaunya kembali kepada pengguna. Jika anda merasa nyaman oleh salah satu maka sesuaikan saja dengan kenyamanan anda.

Penggunaan reel baitcasting memang mempunyai sensasi tersendiri selain lantaran simpel, reel jenis ini juga memerlukan latihan lemparan yang baik semoga tak menyusahkan diri anda ketika backlash terjadi. Menggunakan reel BC tidaklah semudah dengan memakai spinning, maka butuh latihan sesring mungkin. Tentu anda tidak ingin terus-menerus mengalami backlash, lantaran kalau itu terjadi bukan tak mungkin kita akan putus asa menggunakannya.


0 Response to "Mengenal Lebih Detail Wacana Baitcasting Reel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel