Tips Menentukan Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar


Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Pemilihan fly line yang baik akan menghasilkan kualitas lontaran yang baik pula meski hanya memakai reel dan joran fly yang berharga murah. Pada Fly fishing Line merupakan elemen yang paling penting, maka pemilihannya pun juga harus diperhatikan dengan benar. Ukuran fly line diukur sekitar 9 m berat dari ujung fly line yang nantinya akan diadaptasi dengan joran dan reel fly. Namun gampangnya tinggal lihat saja pada kemasan fly line yang sudah tertulis ukuran masing-masing.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya lebih baik gunakan fly line dengan ukuran yang sama dengan reel dan joran, biar menghasilkan tackle balance (keseimbangan peralatan). Maksudnya ialah dengan menyesuaikan seluruh peralatan mancing, maka ketika cast fly berlangsung kita sanggup menikmatinya tanpa ada masalah.

Karakter-karakter fly line berbeda-beda mulai dari floating,sinking dan fast sinking. Jenis pada umumnya ialah weight forward, level, triangle, shoting head dan double taper. Maka sesuaikan dengan spot dan sasaran masing-masing sebab pemilihan abjad dan jenis fly line yang tidak sempurna akan menciptakan fly fishing sia-sia.

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum menentukan fly line :

ü  Spot sasaran air asin dipinggir maritim dan pada pemecah ombak pilih abjad sinking dan intermediate sinking.
ü  Untuk pemula lebih baik menentukan fly line yang sesuai dengan ukuran reel dan joran fly.
ü  Dari semua jenis fly line lebih baik memakai jenis weight forward saja, terutama bagi pemula.
ü  Jika ingin berpindah-indah spot baik diair tawar maupun asin , maka tidak salah jikalau menentukan reel dengan beda-beda abjad sesuai dengan spot. Agar cocok dipakai dandiganti sesuai kebutuhan
ü  Ada harga ada barang, artinya jikalau mempunyai dana yang lebih maka yang mahal biasa lebih berkualitas pada fly line. Namun jikalau tidak sanggup juga memakai fly line biasa, tentu dengan sasaran pada spot-spot air tawar saja biasanya.


Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Dikarenakan penggunaan Fly line utama sekitar 22-35 m, maka harus diselingi dengan dukungan dari backing line. Namun yang niscaya harus diadaptasi dengan ukuran spool reel. Jangan hingga mengabaikan fly line utamanya, sebab fly line lah yang paling penting dalam teknik fly fishing. Tugas backing line ini hanya pada ketika tarik ulur dengan ikan besar dan ganas biar leader dan tippet tak putus pada ketika fight berlangsung.

Penggunaan Backing line pada masing-masing spot.

ü  Spot air tawar ibarat sungai dan rawa-rawa sekitar 45 m.
ü  Spot air tawar dan asin ibarat sungai besar waduk dan pinggir maritim sekitar 91 m.
ü  Spot air asin ibarat pada belahan pemecah ombak hingga ketengah maritim sekitar 182m.

Pemilihan backing line.

ü  Jika mempunyai dana yang cukup pilh backing line dengan materi Dacron dan Gel Spun.
ü  Jika tidak sanggup memakai PE braided.


Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Penggunaan leader pada rangkaian fly fishing sangat penting, sebab mustahil fly line pribadi disambung dengan flies. Pemilihan leader  yang baik juga akan menghipnotis tingkat strike ikan. Maka harus diadaptasi dengan baik tentunya. Dalam istilah fly fishing ada yang namanya knotted tapered leader dan knotless tapered leader. Ini merupakan hasil dari perpaduan leader yang mempunyai 3 section (butt, nid, dan tippet) Bagian butt terhubung pribadi antara Fly line dengan leader, belahan mid yaitu antara tippet dan fly line, dan belahan tippet ialah yang menghubungkan dengan flies. Bagian butt pada leader lebih tebal dan besar dibandingkan dengan belahan mid, begitupun dengan belahan mid yang mempunyai diameter lebih kecil dari belahan butt dan lebih besar dari diameter tippet.

knotted tapered leader dan knotless tapered leader ini biasanya telah dirangkai dan tersedia pada toko-toko pancing yang menjual peralatan fly fishing. Kapasitas dan kekuatannya pun telah diatur sedemikia rupa biar sesuai dengan fly line yang digunakan. Untuk harganya biasa knotted lebih murah daripada knotless. Penggunaan leader dan tippet biasanay menyesuaikan ''WT'' dari fly line. Fly line berdiameter besar dan berat tentu harus diikuti oleh leader yang lebih besar dari fly line.

Tapered leader sangat diharapkan baik itu knotted maupun knotless sebab mengirim energi dari fly line utama ke leader akan menghasilkan fly cast yang lebih halus dan bagus. Knotted tapered leader biasanya sering bermasalah pada ketika cast di spot-spot yang mengandung banyak flora air. Maka jikalau punya dana lebih sanggup menentukan knotless tapered leader, sebab bagaian knotnya tidak terlalu banyak.

Pemilihan leader sesuai abjad fly line.
ü  Karakter Fly line floating (mengambang), memakai sekitar 2,4 m -2,7 m.
ü  Karakter Fly line sinking (tenggelam), memakai sekitar 1,2 m -1,8 m.

Pada dasarnya leader unutk floating lebih panjang daripada sinking maupun intermediate sinking. Semakin air berwarna bening pada abjad floating maka semakin panjang pula leader yang dibutuhkan. Sebaliknya pada abjad sinking semakin keruh dan butek airnya semakin pendek pula leader yang digunakan.


Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Saat ini memang sulit ditemukan di Indonesia banyak sekali jenis lure flies ini. Namun alternatifnya sanggup dibentuk sendiri dengan mencari tumpuan dari video maupun dari para jago fly fishing. Saat ini di Indonesia ada beberaa grup fly fishing yang sanggup dimintai tumpuan mengenai flies. Flies yang sering dijumpai di Indonesia mungkin jenis dry flies yang cocok dipakai pada air tawar. Penggunaan flies ini lebih baik jikalau dicocokkan sesuai dengan spot dan karakter. Baik itu perairan tawar maupun asin dengan abjad mengapung (floating) dan karam dibawah permukaan (sinking).

Dari beberapa piranti pada teknik fly fishing, biasanya yang paling memainkan peranan penting ialah pada belahan fly line utama dan Leader dengan tippet. Tentu harus diadaptasi dengan masing-masing peralatan fly fishing. Jika memang ingin menyebarkan skill fly fishing maka seringlah berbaur dengan komunitas dan para jago dalam teknik ini. Saat ini tentu baik media umum ataupun pribadi sudah banyak komunitas peminat teknik fly fishing. Sekian ulasan mengenai tips menentukan peralatan fly fishing yang baik dan benar, semoga bermanfaat. Nantikan ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.


0 Response to "Tips Menentukan Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel