Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Dan Sanggup Menyembuhkan Luka

Ikan gabus adalah ikan predator yang bisa ditemui di danau atau sungai yang berarus tenang. Ikan gabus atau ikan kutuk ini mempunyai kepala ibarat ular, sehingga diluar negeri biasa disebut dengan snike fish.Ikan gabus mempunyai nama latin yaitu channa striata dan biasa disebut dalam bahasa jawa dengan nama ikan kutuk.

Ikan gabus / ikan kutuk yaitu ikan yang banyak dijumpai di Indonesia, yang sudah dikenal oleh orang-orang bau tanah dulu dipakai untuk mempercepat penyembuhan luka khitan, luka sehabis melahirkan, luka bakar, dan luka-luka lainnya. 

adalah ikan predator yang bisa ditemui di danau atau sungai yang berarus hening Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Dan Dapat Menyembuhkan Luka
Kandungan gizi yang ada pada ikan gabus
Menurut hasil penelitian para doktor jago menyampaikan bahwa ikan gabus mempunyai kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti: ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain. 

Kadar protein yang ada pada  ikan gabus / ikan kutuk juga sangat tinggi jikalau dibandingkan dengan materi pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti: telur, daging ayam, dan daging sapi.

Dalam per 100 gram kadar protein yang ada pada telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sedangkan ikan gabus / ikan kutuk mencapai 25,2 gram. Sangat jauh terpautnya. Nilai plus ikan gabus / ikan kutuk yang lain ialah ikan ini mempunyai nilai cerna yang sangat baik yakni mencapai lebih dari 90%. Selain itu protein kalogen ikan gabus / ikan kutuk juga lebih rendah dibanding dengan daging ternak, yang mengakibatkan tekstur daging ikan gabus/ ikan kutuk lebih empuk dibanding dengan yang lain.

Inilah yang mengakibatkan kenapa orang bau tanah dulu memperlihatkan ikan gabus / ikan kutuk ini kepada anak-anak, orang tua, atau orang sakit, tak lain dikarenakan protein yang dikandung oleh ikan gabus / ikan kutuk sangat gampang dicerna oleh bayi, anak-anak, manula/lansia, serta pasien-pasien penyakit berat yang mengalami kekurangan albumin. Peran utama albumin di dalam tubuh sangat penting, yaitu membantu pembentukan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh manusia. 

Fungsi lain albumin pada anggota tubuh  adalah sebagai anti oedema / pembengkakan pada kaki akhir kekurangan albumin dalam tubuh. Hal ini biasa dialami oleh pasien penyakit gagal ginjal, diabetes mellitus, stroke, TBC, dan kanker sirosis. Karena albumin berfungsi untuk mengatur tekanan osmotic dalam darah. Albumin menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga sanggup mempertahankan volume darah dalam tubuh semoga tidak terjadi pembengkakan / oedema.

Dalam konteks belum dewasa , bila kadar albumin rendah, protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin, ibarat penderita tuberkulosis (TBC), daya kerja obat yang diminum menjadi kurang maksimal. 

adalah ikan predator yang bisa ditemui di danau atau sungai yang berarus hening Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Dan Dapat Menyembuhkan Luka

Penelitian Khasiat Albumin Ikan Gabus / Ikan Kutuk
Disini saya akan menjelaskan wacana khasiat albumin yang terkandung dalam ikan gabus untuk memperjelas bukti empiris maupun klinis akan Manfaat dan Khasiat ikan gabus atau ikan kutuk, saya berikan beberapa bukti yang saya dapatkan dari hasil penelitian para jago  ilmiah dari beberapa peneliti, berikut ringkasannya:

Penelitian dilakukan oleh bab bedah RS Umum, Dr. Saiful Anwar Malang. Hasil uji coba memperlihatkan bahwa pinjaman 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pascaoperasi sanggup meningkatkan albumin dari kadar yang rendah (1,8 g/dl) menjadi normal.

Penelitian juga dilakukan oleh Prof. DR. Dr. Nurpudji A. Taslim dari Universitas Hasanudin, Makassar, memperlihatkan kadar albumin pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo Makassar, Sulawesi Selatan, meningkat tajam sehabis beberapa kali mengonsumsi ikan gabus. Hal tersebut mempercepat kesehatan pasien.

Selain itu ada penelitian yang telah dilakukan di Universitas Hasanudin juga memperlihatkan pinjaman ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari sanggup meningkatkan kadar albumin darah 0,6-0,8 g/dl. Para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang diberi ekstrak ikan gabus secara teratur, sanggup meningkatkan kadar albumin di dalam darah, sehingga berat badannya akan naik secara perlahan dan ketahanan tubuhnya meningkat.

Dan yang paling sering dijadikan tumpuan atas penelitian albumin ikan gabus atau ikan kutuk yaitu penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Universitas Brawijaya, Malang, telah menandakan kemampuan ekstrak albumin dari ikan gabus untuk menggantikan serum albumin impor. Harga serum albumin impor mencapai jutaan rupiah per 10 milimeter. Padahal, dalam satu kali operasi paling tidak dibutuhkan 30 milimeter. Penggunaan ekstrak ikan gabus ini dibutuhkan sanggup mengurangi biaya operasi pembedahan yang selama ini dikenal sangat mahal. Karena tanpa albumin; sel-sel di dalam tubuh akan sulit melaksanakan regenerasi, sehingga cepat mati dan tidak berkembang. Albumin inilah yang juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Demikian Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Dan Dapat Menyembuhkan Luka,Semoga bisa bermanfaat buat anda 

0 Response to "Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Dan Sanggup Menyembuhkan Luka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel