Trik/Cara Mancing Ikan Kitang

Ikan baronang, kiper / kitang biasanya bertempat tinggal di tiang-tiang dermaga/pelabuhan, dinding-dinding dermaga dan juga di sela-sela rumpon alami maupun buatan. Baronang, kiper / kitang menempati tempat tersebut alasannya ialah baronang, kiper / kitang memakan lumut-lumut yang ada di dinding-dinding yang ada disekitarnya.

Ikan Kitang termasuk jenis ikan omnifora yaitu ikan yang memakan lumut,tumbuhan yang tumbuh didasar laut,ikan ikan kecil dan udang.Cara memancing ikan kitang sangatlah mudah,kitang dapat dipancing dengan memakai umpan lumut, pelet, nasi, irisan ikan, irisan udang, bakwan jagung/bakwan sayur, dll. (apapun yang dapat dimakan insan kebanyakan baronang, kiper / kitang juga mau memakannya).

 kitang biasanya bertempat tinggal di tiang Trik/Cara Mancing Ikan Kitang

Trik/Cara memancing ikan kitang ialah sebagai berikut;

Memancing kitang memakai joran spinning super light tackle.
Joran spinning ialah joran yang mempunyai ring guide dan reel sheat. Lebih mantab lagi kalau pake joran yang ukurannya pendek, sehingga tidak telat kalau menghentak ikan baronang, kiper / kitang. Usahakan memakai joran kelas dibawah 10lb. Penggunaan joran ini yaitu siapkan reel berukuran kecil antara 1000-2000, senar monofilament 10lb, mata pancing super kecil, umpan memakai irisan udang (yang gampang dicari), bandul timah berukuran kecil/sedang (sesuai keadaan arus).

Buat rangkaian pancing dasaran  kemudian pasang umpan berupa irisan udang yang kecil-kecil ke mata pancing. Lemparkan umpan mancing baronang, kiper / kitang ke tiang-tiang dermaga atau dinding-dinding dermaga. Kelebihannya kalau kita memakai joran spinning yang super elastis untuk mancing baronang, kiper / kitang ialah kita dapat sangat sensitive untuk mencicipi getaran ketika baronang, kiper / kitang makan umpan.

 Ketika kita mencicipi ada getaran dibagian ujung joran, jangan terlalu terburu-buru dan juga jangan hingga telat untuk menghentak joran. Tunggu moment yang pas untuk menghentak joran. Kemudian kalau dirasa sudah mantab untuk menghentak joran maka pribadi aja dihentak jorannya.

Memancing baronang, kiper / kitang memakai joran tegek.

Joran tegek ialah joran yang tidak mempunyai ring guide dan reel sheet. Penggunaan joran ini yaitu dengan mengikatkan senar monofilament di ujung joran kemudian dikasih pelampung kecil dan memakai mata pancing garong. Umpan yang dipakai paling manis ialah memakai lumut.

Trik memancing ikan baronang, kiper / kitang yaitu: Umpan lumut kita kaitkan dengan mata pancing garong kemudian atur kedalaman pelampung kecil sesuai dengan keadaan spot mancing. Umpan kita lempar di pinggir-pinggir tiang dermaga atau tonggak-tonggak dermaga. Tunggu beberapa saat. Jika pelampung bergetar-getar berarti umpan lumut sedang dilahap oleh baronang, kiper / kitang. Tanpa tunggu usang pribadi saja sentak joran niscaya baronang, kiper / kitang pribadi nyantol di kail/mata pancing. Ulangi terus teknik ini hingga panen ratusan ikan dalam waktu yang sangat singkat.

 kitang biasanya bertempat tinggal di tiang Trik/Cara Mancing Ikan Kitang


kalau anda mancing baronang, kiper / kitang anda harus hati-hati terhadap durinya. Duri baronang, kiper / kitang mengandung racun yang sangat berbahaya kalau terkena bab tubuh. Jika anda terkena duri ikan baronang,kiper,atau kitang anda dapat mengobatinya dengan cara  buka verbal ikan kiper..lalu ambil binatang/kutu yg ada dalam verbal ikat kiper,hancurkan kutu dgn tangan kemudian sumpel/lumuri bab yg terkena duri.warna kutu atau hewan yang ada dalam verbal ikan tersebut putih.

Selamat mencoba dan agar berhasil.




0 Response to "Trik/Cara Mancing Ikan Kitang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel