Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila Bagi Kesehatan Badan Manusia

Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan banyak mengandung vitamin,omega 3,dan protein. Ikan nila sendiri sering disebut menyerupai dengan ikan mujair. Ikan nila mempunyai tekstur daging yang menyerupai mirip ikan mujair dan ikan mas. Sama menyerupai beberapa jenis ikan lainnya yang dikonsumsi oleh manusia, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai banyak duri. Hal ini terkadang menciptakan beberapa orang malas mengkonsumsi ikan ini alasannya ialah durinya.


 Ikan nila banyak ditemui disungai, dan diperairan  yang bening dan jernih. Namun, kita tidak perlu repot lagi mencari ikan ini di sungai, alasannya ialah kita sanggup dengan gampang menemukan ikan ini di pasar terdekat, baik itu pasar tradisional ataupun pasar modern. Ikan nila cenderung digemari, alasannya ialah sama menyerupai jenis ikan mas, dan ikan mujair, yang gampang dikembangbiakan. pemeliharaannya tidak memakan banyak biaya dan baik untuk pembibitan, namun mempunyai harga jual yang relatif tinggi sehingga sangat menguntungkan para peternak ikan nila tersebut.

Ikan nila bisa dimasak dalam beberapa jenis sajian masakan,diantaranya yaitu;

Ikan nila bakar                                                                   



Ikan nila goreng


























Ikan nila Tim































Pepes ikan nila


























Ikan nila selain sangat gampang diolah/dimasak dengan aneka macam jenis sajian makanan, ikan nila juga  sangat bermanfaat dan membantu bagi insan yaitu dari segi ekonomi,diantaranya ialah sebagai berikut;

1. Dapat dijadikan peluang bisnis
Ikan nila selain mempunyai rasa yang enak dan nikmat juga sanggup menunjang perekonomian masyarakat yaitu dengn cara membudidayakan ikan nila tersebut,selain itu masyarakat juga bisa berdagang ikan nila dengan menjual dipasar,rumah makan,dan restaurant.

2. Murah dan banyak mengandung gizi
Ikan nila mempunyai harga jual yang tergolong murah sehingga sangat terjangkau oleh masyarakat yang perekonomiannya dibawah standar.Selain itu ikan nila juga mempunyai banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan nila tersebut.

Gizi yang ada pada ikan nila diantaranya adalah;

1. Vitamin B5
Vitamin B lain yang terkandung pada  manfaatikan nila ialah vitamin B5. Vitamin B5 ini juga sangat diperlukan oleh badan setiap harinya. Salah satu manfaat vitamin B5 yang terkandung pada ikan nila antara lain :

Memperlancar proses metabolisme dari karbohidrat, protein dan lemak
Mencegah terjadinya insomnia
Mencegah kram dan kejang otot
Mengurangi terjadinya gangguan emosi

Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh

2. Vitamin B12
Ikan nila juga mengandung vitamin B12. Manfaat vitamin B kompleks di dalam vitamin B12 yang terkandung di dalam ikan nila, mempunyai sejumlah manfaat sebagai berikut :

Membantu proses pembentukan sel darah merah
Membantu proses pemecahan sel – sel tubuh
Membantu produksi asam nukleat,
Meningkatkan imunitas tubuh
Mencegah terjadinya anemia

3. Vitamin B3
Selain vitamin B12, ikan nila juga mempunyai kandungan vitamin B lainnya, yaitu Vitamin B3. Vitamin B3 yang terkandung dalam ikan nila ini juga sangatlah penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, vitamin B3 sanggup bermanfaat sebagai :

Pengurai energi pada makanan
Mencegah terjadinya kram dan kejang pada otot
Mencegah gangguan pencernaan
Meningkatkan daya tahan badan dan ketahanan tubuh

4. Protein
Ikan nila mempunyai kandungan protein hewani yang cukup tinggi. Protein hewani yang terkandung dalam ikan nila sanggup menjadi alternatif dari sumber protein lain, menyerupai dalam manfaat daging merah atau manfaat masakan bahari yang notabene harganya jauh lebih tinggi daripada ikan nila.

Manfaat protein bagi badan  adalah;
Meningkatkan masa otot
Menjaga ketahanan tubuh
Meningkatkan tenaga dan kekuatan tubuh
Meningkatkan stamina tubuh
Menjaga kesehatan otot tubuh

5.Omega 3
Ikan nila juga mempunyai kandungan omega 3 yang sanggup memenuhi kebutuhun omega 3 pada badan manusia.Omega 3 mempunyai beberapa fungsi/manfaat pada badan insan diantaranya adalah;

Meningkatkan kemampuan kognitif
Menurunkan kadar kolestrol
Baik untuk perkembangan otak
Baik untuk perkembangan janin saat dalam masa kandungan

6. Fosfor
Kandungan fosfor yang dimiliki oleh ikan nila ini tentunya sangat berkhasiat bagi tubuh, dan sanggup membantu memenuhi kebutuhan badan akan fosfor. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari fosfor bagi badan :

Mencegah osteroporosis
Meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang
Menguatkan tulang dan gigi

7. Kalium
Kalium yang terkandung di dalam ikan nila juga tidak terlalu tinggi. Namun demikian kalium yang terkandung di dalam ikan nila juga mempunyai manfaat yang baik bagi badan kita. Manfaat dari kalium bagi badan sendiri, sanggup meningkakan kemampuan kognitif individu.

8. Antioksidan
Antioksidan yang terkandung dalam ikan nila sanggup membantu menjaga kekebalan badan dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh.

Demikian Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Semoga bermanfaat buat anda para pembaca dan pengunjung di blog mas tilunk

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila Bagi Kesehatan Badan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel