9 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Dikala Menerapkan Teknik Long Casting

- Pernahkah terlintas di pikaran anda bahwa semakin jauh lemparan semakin besar pula peluang untuk mendapat sensasi strike ?. Sebenarnya anggapan tersebut tidaklah salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Lalu mengapa demikian ?. Long casting biasanya memang lebih menciptakan seseorang puas baik ketika melempar maupun ketika menggulung. Jaraknya yang jauh tentu akan berpotensi menarik hati ikan berkumpul bahkan mengear lure yang sedang kita tarik dengan banyak sekali variasi gaya. Namun dalam beberapa spot yang luas tidaklah seluruh titik ikan berada. Bisa saja di spot yang luas dan dipinggirnya ada semacam tumbuhan air yang jadi daerah bersembunyinya ikan-ikan predator menunggu mangsa dan tidak mengharuskan kita untuk melaksanakan long casting. 

Dari sini sanggup disimpulkan baik itu lemparan jauh maupun bersahabat tergantung dari kondisi spot dan asumsi titik ikan berada. Tentu sebagai angler sanggup memainkan feeling dimana sarang-sarang ikan berada.

 Pernahkah terlintas di pikaran anda bahwa semakin jauh lemparan semakin besar pula peluan 9 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menerapkan Teknik Long Casting

Baikalah berbicara long casting yang sering diinginkan oleh seorang castinger, maka perlu juga untuk sangat diperhatikan kapasitas tackle (pealatan ) yang digunakan. Jika kita memperhatikan baik pada reel, joran, senar, lure, maupun leader tentu ada hitungan angka yang cocok untuk dipergunakan. Sebagai sebuah pola sebuah joran berkapasitas 6-12 Lbs untuk penggunaan senarnya dan lure yang cocok dituliskan 5-10 Gr. Maka dari data hitungan ini tentu saja pabrik pembuat joran tidak sembarang mencantumkan angka tersebut. Tentu sesudah beberapa kali tes sampai dirasa cocok. Data tersebut pulalah yang mengatur idealnya senar yang dipakai yaitu minimal 6 Lbs dan maksimal 12 Lbs. Begitu pula dengan Lure yang dipakai berkisar antara 5-10 Gr merupakan berat ideal untuk Joran tersebut. Jika memakai baik lure mapun senar di luar ketentuan tersebut sanggup saja, namun tentu akan menciptakan tidak nyaman. Inilah yang menjadi salah satu faktor long casting. Beberapa Faktor berikut ini akan menjelaskan efek long casting. 

1. Action Joran

Bisa anda bayangkan ketika menarik karet gelang, semakin anda menarik lebih jauh makan ketika anda melepaskannya akan semakin jauh pula tembakan yang dihasilkan. Maka hal ini juga berlaku pada action joran yang kita gunakan. Semakin elastis sebuah joran semakin jauh pula lemparan yang dihasilkan oleh sebuah joran tentu juga dengan faktor-faktor di bawah.

Pada Joran yang mempunyai action Heavy power jarak lemparan pada lure tidak akan begitu maksimal begitu pula  pada joran medium akan mempunyai jarak lemparan lebih baik dibandingkan heavy begitu juga dengan low power akan lebih baik lemparannya dari medium. Link berikut ini akan menuntun anda untuk mengetahui karakteristik lebih jauh mengenai Joran. Mengenal Karakteristik Joran

2. Panjang Joran

Panjang Joran yang anda gunakan sanggup mempengaruhi jarak lemparan. Jika anda tidak yakin silahkan untuk mencoba tes lemparan lure dengan bobot yang sama namun perbedaanya hanya pada panjang joran. Maka perbedaan lemparan tentu akan sangat terasa. Namun yang harus diperhatikan yaitu spot dimana kita berada. Jika di spot yang penuh dengan pepohonan maka alternatif mungkin sanggup memakai panjang 180-198 cm.

3. Ukuran Senar

Jika ukuran senar yang anda gunakan lebih kecil, maka lontara lure akan cukup jauh. Pada rata-rata lure diatas 5 gram akan sangat sensitif terhadap senar yang berukuran kecil. Sebaliknya jikalau ukuran senar besar, terutama senar braided maka membutuhkan tenaga lemparan yang lebih dibandingkan dengan ukuran senar braided kecil.

4. Material Senar

Material senar tak sanggup dipungkiri akan sangat mempengaruhi line. Perbandingan saja jikalau anda memakai senar multifilament dengan monofilamen dengan ukuran kecil tentu akan sangat berbeda. Senar mono berukuran kecil akan mempunyai daya lontaran yang lebih jauh dibandingkan Senar multifilament atau yang sering kita sebut dengan PE. Namun perbedaannya terang pada kekuatan. Begitu juga dengan materi Fluoro carbon berbeda dari kedua material tadi. Fluorocarbon yang lebih kecil mempunyai jarak lemparan yang lebih pendek dibandingkan PE yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan materi material pembuatannya. Tautan ini akan menuntun anda mengetahui lebih jauh wacana banyak sekali macam senar/ Line. Mengenal Material dan Karakteristik Senar.

5. Berat Lure

Berat lure akan sangat mempengaruhi jarak lemparan ketika anda ingin menerapkan Long casting. Jika anda ingin melaksanakan longcast dengan joran berkapasitas 8-17 Lbs maka disarankan untuk memakai Lure di atas 8 Gram. Begitu juga sebaliknya Lure dibawah 5 Gram disarankan memakai Joran 2-6 atau 2-4 Lbs supaya lebih maksimal ketika Long casting.

6. Bentuk Lure dan Ukuran

Bentuk dan ukuran lure juga menjadi faktor anda dalam menerapkan long casting. Sebuah lure pencil dengan action Walk The Dog akan lebih berpotensi dalam menerapkan long casting di bandingkan dengan sebuah Soft frog yang mempunyai skirt. Mengapa demikian?, Sebuah lure WTD hanya mempunyai kail baik treble maupun single hook bab depan dan belakang, sehingga ketika terlempar tidak ada pelengkap lainnya yang mempengaruhi lontarannya. Bandingkan dengan Sebuah soft frog yang mempunyai skirt dan juga blade akan sangat mempengaruhi terutama lontarannya yang bergerak dengan angin. 

7. Angin

Angin merupakan element penting supaya kita sanggup menerapkan longcasting. Pada ketika angin sedang berhembus kencang, cobalah untuk melempar lure dengan mengikuti arah angin berhembus. Sebaliknya jikalau anda melawan arah angin maka long casting tak sanggup diterapkan. Akan lebih baik lagi jikalau keadaan angin yang stabil.

8. Setingan Tension dan Braking khusus pada reel Baitcasting

Faktoor ini hanya kuat pada reel Baitcasting. Jika anda menagatur angka Tension dan Braking pada angka 0 (Nol). Maka akan sangat kuat pada jauhnya lemparan. Namun harus diingat bahwa dengan setingan tersebut seorang castinger harus mempunyai feeling yang baik dan terbiasa, alasannya yaitu jikalau tidak tentu anda tidak ingin terganggu dengan perbaikan senar kusut ketika casting sedang seruserunya. Alternatif lainnya yaitu dengan mengupgrade bearing pada reel BC, namun tentu anda harus mengeluarkan kocek lagi.

9. Jarak antara Lure dengan ujung Joran

Jarak lure dengan tip (ujung joran) juga sanggup mempengaruhi long casting. Cobalah untuk melempar lure dengan terlebih dahulu menahan lajunya lure pada 1/4 panjang joran sebelum melemparkan. Hal ini berkhasiat supaya tenaga lemparan dengan ujung joran sanggup memaksimalkan lontaran lure.

9 Faktor diatas yaitu faktor penting yang sering kita temui di lapangan. Mmenga pada prakteknya banyak faktor lain juga yang sanggup mempengaruhi long casting. Sebenarnya jarak untuk long casting sendiri memang tidak baku ada yang memperkirakan 30 Meter ke atas sudah termasuk dalam long casting. Namun kembali lagi dengan pernyataan diatas bahwa Longcasting bukanlah faktor satu-satunya untuk sanggup mencicipi strike. Faktor spot dan feeling akan saang ikan juga sangat menentukan. Silahkan membuatkan pengalaman mancing melalui email yang telah tersedia. Pengalaman anda akan sangat berkhasiat bagi teman-teman angler lainnya.

0 Response to "9 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Dikala Menerapkan Teknik Long Casting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel