Cara Membedakan Ikan Nila Merah Jantan Dan Betina - Mas Tilunk

Cara Membedakan Ikan Nila Merah Jantan Dan Betina
Ikan nila ialah jenis ikan yang hidup diperairan air tawar yang berasal dari negara Afrika, ikan nila dikala ini sangat terkenal dan terkenal di Indonesia. Sejak tahun 1969 ikan nila sudah masuk ke negara Indonesia dan hingga dikala ini ikan nila banyak dibudidayakan oleh para petani ikan khususnya didaerah pedesaan. Tidak semua orang tahu perihal perbedaan ikan nila jantan dengan ikan nila betina. Namun bagi pembudidaya ikan tentunya sudah tahu sedikit banyaknya perihal seputar perbedaan ikan nila jantan dengan ikan nila betina.  





Perbedaan ikan nila jantan dan betina

Ikan nila jantan
Untuk menegetahui perbedaan antara ikan nila jantan dan ikan nila betina ialah dengan cara melihat bentuk tubuh, sifat ikan dan alat kelamin pada ikan tersebut. berikut ini ialah ciri-ciri yang dimiliki ikan nila jantan ; 

1. Memiliki alat kelamin menonjol dan meruncing
2. Memili 2(dua) buah lubang urogential yaitu ; lubang anus dan sperma
3. Bentuk tubuh pipih jikalau tampak dari samping, ramping dan memanjang
4. Bagian perut ikan nila jantan berwarna agak kehitaman dan kemerahan
5. Bagian dagu berwarna kehitaman mengkilap
6. Agresip, lincah dan gesit

Ikan nila betina
Ciri-ciri  yang dimiliki ikan nila betina ; 

1. Bagian alat kelamin ikan nila betina berbentuk oval dan jikalau dipencet/dipijat akan mengeluarkan         cairan (sel telur)
2. Memiliki 3(tiga) buah lubang urgential yaitu ;lubang dubur, lubang urine dan lubang untuk                 mengeluarkan telur.
3. Bentuk tubuh bulat, pipih dan panjang
4. Bagian perut dan dagu ikan berwarna putih


    
Perbedaan antara ikan nila jantan dan ikan nila betina tampak terperinci pada gambar diatas, dengan mengetahui ciri-ciri tersebut maka kita akan tahu perbedaannya antara ikan nila jantan dengan ikan nila betina khususnya para pemula peternak ikan nila yang belum tahu cara menentukan atau membedakan ikan nila jantan dengan ikan nila betina.

Dalam menentukan ikan nila jantan dan betina harus diteliti dengan dilakukan pengamatan dan perabaan secara fisikologis berdasarkan morfologi dari ikan tersebut secara detail. Dengan melaksanakan peneletian sedemikian rupa maka akan mengetahui perbedaan antara ikan nila jantan dan ikan nila betina dengan gampang dan juga kita juga tahu dibagian mana saja perbedaan yang ada pada ikan nila jantan dan betina.

Umpan Ikan Mas Terjitu Terbaru 2017

Demikianlah uraian tentang Cara Membedakan Ikan Nila Merah Jantan Dan Betina, agar bermanfaat buat Anda para peternak ikan khususnya untuk para pemula peternak ikan nila. 

0 Response to "Cara Membedakan Ikan Nila Merah Jantan Dan Betina - Mas Tilunk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel