Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sembilang Maritim Bagi Kesehatan Insan - Mas Tilunk

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sembilang Laut Bagi Kesehatan Manusia

Ikan sembilang bentuknya hampir sama dengan ikan lele, namun habitatny berbeda ikan sembilang hidup diair asin sedangkan ikan lele hidup diair tawar. Ikan sembilang ini mempunyai nama latin Plotosus canius yang merupakan spesies yang hidup diperairan estuaria yaitu ikan yang hidup diperairan dangkal dipesisir pantai yang dangkal dan berlumpur.



Ikan sembilang ada diperairan Indonesia ada dua jenis yaitu ; 
- Ikan sembilang karang
Ciri-cirinya ;
Belang-belang (kombinasi antara warna hitam dan putih)

- Ikan sembilang yang sama persisi dengan ikan lele, hanya saja jikalau ikan lele mempunyai patil atau penyengat hanya dua saja yaitu dibagian sirip kanan dan sirip kiri, sedangkan ikan sembilang mempunyai patil tiga yaitu dibagian sirip kanan, sirirp kiri dan dibagian punggung akrab kepala.

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Manusia

Ikan jenis ini yaitu ikan pemangsa atau biasa disebut predator yaitu ikan yang memangsa sesama jenis yang mempunyai ukuran lebih kecil darinya dan juga binatang - binatang lainnya yang ada disekitarnya. Ikan sembilang yaitu ikan yang sangat berbahaya, alasannya jikalau terkena patil atau sengat ikan sembilang ini sanggup membengkak dan melepuh dan jikalau hal itu terjadi maka sekujur badan akan terasa panas hirau taacuh menyerupai orang demam. Untuk itu saya sarankan biar berhati-hati jikalau Anda hendak memegang ikan sembilang yang masih dalam keadaan hidup.




Langkah pertama terkena sengatan/patil ikan sembilang

- Rendam kedalam air hangat selama 30 menit
- Tempelkan asam jawa yang sudah dibelah menjadi dua bab kebekas sengatan
- Atau sanggup juga memakai terasi dengan cara ditempelkan kebagian yang terkena sengatan ikan semblang, jikalau yang terkena sengat dibagian lengan atau jari sebaiknya Anda ikan dibagian pangkal lengan, hal ini dilakukan biar sanggup racun(upas) tidak menyebar kebagian badan lainnya.

Meskipun ikan sembilang berbahaya namun ikan sembilang juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, alasannya ikan sembilang mengandung gizi, protein, fospor, asam lemak omega 3, kandungan karbohidarat dan lemak yang ada pada ikan sembilang tergolong rendah dan tidak menciptakan Anda gemuk, oleh alasannya itu ikan sembilang sangat cocok dikonsumsi bagi perempuan yang menjalani proses progrm diet. Ikan sembilang sangat bermanfaat bagi kesehatan badan manusia,  diantaranya yaitu ;

- Menyuburkan kandungan bagi wanita

Bagi sebagian insan mengkonsuumsi ikan sembilang ini untuk membantu menyuburkan kandungan biar sanggup hamil. Ini sudah dilakukan semenjak jaman nenek moyang kita dulu.

- Dapat mengurangi rasa nyeri pada ketika haid

Bagi para kaum hawa yang kedatangan tamu atau tiba bulan sering merasa nyeri dan sakit dibagian perut Anda sanggup mengurangi rasa sakitnya dengan cara mengkonsumsi ikan sembilang.

- Menyehatkan jantung

Ikan sembilang juga sanggup membantu proses kerja jantung, alasannya ikan sembilang juga terdapat asam omega 3 sama dengan ikan jenis lainnya. Dengan mengkonsumsi ikan sembilang sanggup membatu mengatur detak jantung lebih stabil.

- Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Adanya kandungan omega 3 pada ikan sembilang ternyata sanggup membantu melancarkan peredaran darah keseluruh  tubuh insan sehingga sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

- Membantu pembentukan sel otak

Manfaat yang paling penting yaitu membantu pembentukan jaringan pada otak insan semenjak masih dalam kandungan.  Ini juga karna adanya kandungan asam omega 3 yang ada pada ikan sembilang.

- Mengrangi kolestro

Bagi Anda yang mempunyai kolestrol tinggi sanggup mengkonsumsi ikan sembilang, namun ikan sembilang baik dikonsumsi sebelum anggota badan Anda terdapat kolestrol yang tinggi.

- Baik untuk pertumbuhan anak

Ikan sembilang banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak, salah satu nutrisi yang terdapat pada ikan sembilang yaitu leusin yang fungsinya membantu pertumbuhan dan pembentukan otot pada anak-anak.

- Membantu proses pencernaan

Mengkonsumsi ika sembilang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu, sanggup membantu proses pencernaan pada badan manusia. ini semua terjadi alasannya adanya nutrisi dan gizi lainnya yang ada pada ikan sembilang.

Demikian uraian tentang Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sembilang Laut Bagi Kesehatan Manusia, semoga sanggup bermanfaat bagi Anda dan masyarakat yang suka mengkonsumsi ikan, baik ikan maritim maupun ikan parit. Terimakasih

 

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sembilang Maritim Bagi Kesehatan Insan - Mas Tilunk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel