Tips Dan Teknik Mancing Ikan Parang/Layur - Blog Mas Tilunk

Tips Dan Teknik Mancing Ikan Parang/Layur

Ikan layur (trichiurus lepturus) yaitu salah satu jenis ikan yang banyak terdapat diperairan Indonesia, bahkan hampir diseluruh lautan Indonesia terdapat/dijumpai ikan layur. Ikan yang mempunyai bentuk tubuh panjang dan ramping ini banyak dijual oleh para pedagang ikan dipasar. Itu semua disebabkan lantaran mudahnya menangkap ikan jenis layur ini. Panjang tubuh ikan layur mencapai 1,5 meter dan beratnya sanggup mencapai 5 kg dan mempunyai warna putih keperakan (silver) mempunyai ketebalan daging sekitar 1 hingga dengan 3 cm, dan lebar tubuh ikan layur mencapai 15 cm. Meskipun ikan layur mempunyai bentuk tubuh yang panjang, ramping dan mempunyai sedikit daging, namun ikan layur juga menjadi salah satu sasaran para nelayan untuk memburunya lantaran pemasarannya juga gampang dan banyak diminati oleh masyarakat.



Ikan layur mempunyai rasa daging yang lembut dan tidak mempunyai banyak duri, selain itu ikan layur juga sanggup dimasak dalam banyak sekali jenis sajian masakan menyerupai ; sup layur, gulai layur, peyek layur dan ikan asin layur. Layur juga termasuk dalam komoditas expor, tujuan utama expor yaitu negara Jepang dan Korea.


Habitat Ikan Layur
Ikan layur hidup dikedalaman 1 hingga 50 meter layaknya menyerupai ikan jenis pelagis lainnya. Pada ketika saat tertentu ikan layur juga sanggup ditemui didasar perairan laut.

Waktu Yang Tepat Mancing Ikan Layur
Saat yang sempurna untuk memancing ikan layur yaitu pada waktu malam hari, dengan memakai cahaya menyerupai lampu neon ataupun lampu petromak Anda akan dengan gampang sanggup memancing maupun mencaring ikan layur tersebut. Karena dengan adanya cahaya ikan layur akan berdatangan secara bergerombol dari dasar perairan menuju kepermukaan air.

Ikan layur sanggup dijumpai dengan gampang ketika datangnya demam isu angin timur yaitu dibulan April - Oktober, Pada bulan tersebut biasanya para nelayan panen layur, Maka dari itu aku sarankan bagi para nelayan maupun penghobi mancing kalau memburu ikan layur sebaiknya pada bulan April - Oktober, atau sanggup juga pada bulan Agustus hingga dengan Desember.


Untuk peralatan mancing Anda sanggup mempersiapkan peralatan sebagai berikut ; 
-  Pancing gulung yang terbuat dari kayu/plastik
-  Senar berdiameter 80 - 150 lbs
- Mata kail no 8 - 9
- Gunakan kili-kili berukuran kecil
- Nekli kawat gunakan yang berukuran 24 - 25
- Timah pemberat (sesui dengan ukuran ikan)
- Gunakan baju lengan panjang yang berwarna gelap
- Sarung tangan
- Pisau/golok (untuk berjaga-jaga)

Umpan yang dipakai untuk memancing ikan layur ; 
- Ikan layang
- Ikan layur yang diambil dagingnya saja
- Ikan kumis kucing
- Cumi-cumi
- Untuk umpan buatan  Anda sanggup memakai jig metal berfosfor sebesar telunjuk. cumi-cumi plastik berfosfor dan jenis umpan buatan lainnya.

Cara memancing ikan layur
Memancing ikan layur hampir sama dengan mancing kotrek atau mancing dasaran(bottom fishing),
untuk pemula disarankan supaya memakai cara tradisional yaitu handline memakai pancing gulung supaya lebih gampang untuk mendapakan ikan layur.

Demikian uraian tentang Tips Dan Teknik Mancing Ikan Parang/Layur, semoga sanggup menambah wawasan Anda perihal cara memancing ikan jenis ini. Terimakasih dan selamat mencoba semoga sukses

0 Response to "Tips Dan Teknik Mancing Ikan Parang/Layur - Blog Mas Tilunk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel