Jenis Makanan Ikan Patin Alami Dan Buatan Yang Bernutrisi

Makanan Ikan Patin Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar? atau penasaran kuliner kesukaan ikan patin selain pelet? Sipa sih yang tidak kenal patin, salah satu jenis ikan konsumsi dan juga jenis ikan hias yang mempunyai harga ekonomis. Rasa dagingnya sangat enak dan lezat, maka tak heran kalau banyak sekali olahan ikan patin banyak yang mencari.

Khusus para petani yang melaksanakan budidaya ikan patin ini pastinya ingin mengetahui cara merawat ikan patin terutama persoalan jenis pakan ikan patin agar cepat besar baik untuk burayak anakan patin maupun yang sudah tumbuh dewasa. Nah, bagi Anda pemula yang penasaran jenis kuliner ikan patin secara alami, berikut daftar nama makanan ikan patin yang biasa dimakan.

 Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar Jenis Makanan Ikan Patin Alami dan Buatan yang Bernutrisi


Jenis Makanan Ikan Patin Secara Alami yang Bernutrisi Tinggi.

Pakan ialah sumber energi yang diharapkan untuk menunjang pertumbuhan, produksi, dan kelangsungan hidup ikan. Jika jenis pakan yang diberikan sesuai yang kebiasaan makan patin dan mengandung gizi yang tinggi, pertumbuhan ikan patin bisa terpacu lebih cepat. 

Jenis pakan yang biasa diberikan ikan patin berupa pakan alami dan pakan buatan. 

Jenis Makanan Alami Ikan Patin
Pakan alami ialah jenis kuliner hidup bagi larva dan benih ikan. Biasanya, pakan alami berukuran sangat kecil sehingga lebih cocok diberikan pada larva atau benih ikan. Pakan alami mengandung komposisi gizi yang lengkap dan gampang dicerna oleh usus larva ikan.

Kelebihan lain pakan alami antara lain:
  1. Tidak mencemari lingkungan perairan dan median pemeliharaan benih alasannya ialah sifatnya yang hidup, 
  2. Mudah dibudidayakan, 
  3. Memiliki gerakan yang bisa merangsang ikan patin untuk memasangnya,
  4. Dan memilki kemampuan berkembang biak dengan cepat dalam waktu yang relatif singkat sehingga ketersediannya terjamin.
Ketersediaan pakan alami merupakan faktor yang berperan penting dalam mata rantai budiday ikan, terutama pada stadia larva/benih. Keberadaan pakan alami sangat penting, khususnya ketika larva ikan mulai makan untuk pertama kalinya, yaitu sesudah kantong kuning telur (yolk) yang menempel di tubuhnya habis.

Pengetahuan para pembudidaya ihwal beberapa jenis pakan ikan sangat penting untuk mendukung keberhasilan dan laba yang optimal. Berikut beberapa teladan pakan alami untuk larva atau benih patin, diantaranya artemia (artemia salina), cacing sutera (Tubifex sp), dan kutu air (Daphina sp:Moina sp).

1. Makanan Ikan Patin Alami - Artemia (Artemia salina)
 Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar Jenis Makanan Ikan Patin Alami dan Buatan yang Bernutrisi

Artemia atau brine shrimp merupakan salah satu jenis pakan alami yang hidup di laut. Telur artemia yang gres menetas merupakan jenis pakan awal bagi larva patin (sampai umur 7 hari) yang kandungan proteinnya tinggi.

Artemia merupakan golongan zooplankton yang hidup sebagai planktonik, yaitu melayang dalam air. Artemia termasuk jenis udang-udangan yang mempunyai ukuran relatif kecil dengan sistem osmoregulasi yang efisien sehingga bisa mengikuti keadaan pada kisaran salinitas (5-150 ppl).

Di pasarn, pakan aretmia untuk larva patin banyak diperjual belikan dalam kemasan kaleng dengan menyebarkan merek dagang. Beberapa negara produsen pembuat produk artemia ialah Amerika, Taiwan, Belanda, dan Cina. 

Kelebiha dari telur artemia ialah berkulit keras dan tahan dalam keadaan kering tanpa kuat terhadap daya hidupnya.

Penyediaan pakan artemia untuk larva patin dimulai dengan penetasan telur artemia memakai wadah yang bab dasarnya berbentuk kerucut. wadah yang umum digunakan penetasan telur diantaranya galon bekas minuman air mineral yang bab dasarnya di potong.

2. Makanan Ikan Patin - Cacing Sutra (Tubifex sp)
 Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar Jenis Makanan Ikan Patin Alami dan Buatan yang Bernutrisi

Tubefex sp. dikenal sebagai cacing sutera alasannya ialah mempunyai badan yang lunak dan sangat lembut mirip sutera atau disebut juga cacing rambut alasannya ialah bentuknya panjang dan sangat halus ibarat rambut.

Sebagai pakan alami, cacing sutera umumnya diberikan dalam keadaan hidup. Pakan cacing sutera biasanya diberikan sesudah larva patin berumur 7-15 hari. Selain mudah dan tidak mencemari air, cacing sutera juga bisa dikultur secara massal dan waktu yang diharapkan cukup singkat.

Cacing sutera biasanya hidup di terusan air yang dangkal, jernih, sedikit mengalir, serta berlumpur halus dan kaya akan materi organik.

Tubuh cacing rambut (Tubefix sp) berukuran kecil, ramping, bulat, beruas-ruas terdiri dari 30-60 segmen, tubuhnya berdinding tebal terdiri dari dua lapis otot yang membujur dan melingkar di sepanjang tubuhnya.

cacing sutera termasuk binatang yang berkelamin ganda (hermaprodit), yaitu kelamin jantan dan betina menyatu dalam satu tubuh. Oleh alasannya ialah itu, pembuahan dilakukan sendiri. Perkembangbiakannya dilakukan dengan cara memutuskan ruas tubuh.

Selama ini, ketersedian cacing sutera diperoleh secara pribadi dari alam atau dengan cara mengkultur sendiri. Namu, ketika ini banyak yang sudah memperjual belikan cacing sutera dalam keadaan beku.

3. Makanan Ikan Patin - Kutu Air (Daphnia sp dan Moina sp)
 Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar Jenis Makanan Ikan Patin Alami dan Buatan yang Bernutrisi

Daphina sp. dan Moina sp merupakan jenis kutu air yang sering dijadikan pakan pada larva patin, yakni keyika kantog telur (yolk) larva yang menempel pada tubuhnya mulai habis. 

Kutu air berukuran sangat kecil sehingga sangat sesuai dengan bukaan verbal larva ikan patin. Ketersediaan kutu air sebagai jenis pakan alami ikan patin sanggup diperoleh pribadi dari alam atau dengan cara mengkulturnya sendiri. 

Pengambilan kutu air di perairan umum, yaitu dengan memakai plankton.net. Namun, di pasaran kini ini telah banyak diperjualbelikan kutu air beku. Kutu air beku ini sanggup Anda peroleh di toko-toko akuarium atau ikan hias.

Untuk ketersediaan kutu air yang berkualitas, ada baiknya membudidayakan kutu air sendiri.

Jenis Makanan Ikan Patin Buatan (Pelet)
Pakan buatan ialah pakan yang terbuat dari susunan materi tertentu dan bergizi sesuai keperluan. Dalam budidaya ikan patin secara intensif, santunan pakan merupakan hal yang mutlak diharapkan alasannya ialah bisa menunjang pertumbuhan patin secara optimal.

Sebenarnya, pakan buatan yang terjamin dalam hal kualitas maupun kandungan nutrisinya ialah pakan buatan pabrik. Namun, penggunaan pakan buatan pabrik cenderung mengeluarkan biaya yang relatif tinggi. Oleh alasannya ialah itu, dalam memakai pakan pelet diharapkan administrasi yang baik dan harus benar sesuai dengan kebutuhan ikan.

Pakan yang diproduksi pabrik dikenal sebagai pakan pelet dengan kandungan protein yang bermacam-macam, tergantung dari pabrik yang memproduksinya atau jenis ikan yang mengkonsumsi pakan tersebut.

Jenis Pakan Pelet Ikan Patin
Makanan ikan patin secara buatan ada dua macam, yaitu pelet terapung dan dan pelet tenggelam.

Seperti namanya, ketika diberikan pada ikan pelet terapung memang akan mengapung di atas permukaan air bak sebelum alhasil tenggelam. Sementara itu, pelet karam akan pribadi karam atau hanya akan melayang hanya beberapa ketika di dalam air, lalu pribadi tenggelam.

Namu, umunya bentuk pelet yang diberikan ialah pelet terapung. Keuntungan santunan pakan pelet terapung ialah gampang dalam mengontrol jumlah pakan yang diberikan. 

Selain itu, santunan pakan pelet yang terapung sanggup mengurangi pakan yag tidak terpengaruhi dan memudahkan memperoleh pakan dengan gizi seimbang. 

Jenis Pelet untuk Makanan Ikan Patin 

 Sudah tau jenis kuliner ikan patin di alam liar Jenis Makanan Ikan Patin Alami dan Buatan yang Bernutrisi
 
Beberapa merek jenis makanan ikan patin secara buatan seperti: Charoen Pokphand, Comfeed, Matahari Sakit, Sinta, Prima Feed dan lainnya. 

Pakan buatan pabrik diberi nomor atau arahan sesuai dengan ukuran dan besarnya ikan yang akan diberi pakan. Pada tabel 11.2 disajiakn teladan jenis (code) pakan dengan ukuran dan kandungan nutrisinya.

Penggunakan pakan buatan sendiri merupakan alternatif yang sanggup dilakukan untuk meminimalisir membengkaknya biaya pakan. Namun, kandungan gizi yang diharapkan oleh patin harus benar-benar diperhatikan. 

Jenis Makanan Ikan Patin yang Bagus
Beberapa kandungan kuliner ikan patin harus mengandung beberapa hal sebagai berikut:
  1. Kandungan nutrisi
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Protein
  5. Vitamin
  6. Mineral
Demikian inilah beberapa jenis makanan ikan patin yang bernutrisi tinggi dan sanggup Anda peroleh secara mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara ikan patin.

0 Response to "Jenis Makanan Ikan Patin Alami Dan Buatan Yang Bernutrisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel