Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Para Pemula

            Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Para Pemula

Ikan sepat yaitu jenis ikan yang banyak ditemui dikanal,parit dan daerah lainnya, ikan sepat hidup di air tawar. Ikan sepat termasuk family Trichogaster dan keluarga ikan gurami(osphronemidae), ikan jenis ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya alasannya yaitu selain gampang untuk didapat ikan sepat juga banyak mengandung protein.


Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mulai membudidayakan ikan sepat ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:

- Pemilihan Indukan Ikan Sepat

Untuk menentukan indukan ikan Anda harus benar-benar teliti untuk membedakan antara ikan sepat betina dengan ikan sepat jantan, nah,untuk itu Anda juga harus tahu cara membedakan ikan sepat betina dan jantan. Secara morfologis kita sanggup membedakan jenis kelamin ikan sepat dari bentuk badan dan juga siripnya.

Perbedaan jenis kelamin ikan sepat jantan dan betina
1. Sepat jantan
Sepat jantan mempunyai sirip panjang dan biasanya panjang sirip mencapai dasar pangkal sirip bab ekor, bentuknya hampir sama dengan ikan gurami dan ciri/perbedaan lainnya yaitu bila diperhatikan atau diteliti akan terlihat terperinci pada warna sirip ikan tersebut, ikan sepat jantan mempunyai warna sirip agak kemerahan dibagian leher dan perut ikan tersebut.

2. Sepat betina
Bentuk siripnya sedikit berbeda dengan ikan sepat jantan dan ikan sepat betina mempunyai sirip punggung yang bentuknya agak lingkaran dan pendek ukurannya dibandingkan dengan ikan sepat jantan.


- Pembenihan Ikan 

1.Langkah pertama kita harus menciptakan bak yang ukuran lebar dan panjangnya sesuai dengan banyaknya ikan yang akan dilakukan pembenihan dan juga kondisi bak juga harus memenuhi syarat biar ikan sanggup melaksanakan pembenihan dengan sempurna.
2.Buatlah bak di area yang airnya tenang/tidak mengalir
3. Masukan ikan sepat jantan dan betina kedalam satu wadah,hal ini dilakukan untuk mempercepat proses perkawinan

Sebelum bertelur biasanya ikan akan menciptakan gelembung yang mirip busa yang gunanya untuk menyimpan/merekatkan telur-telurnya.



- Proses Penetasan Telur

Setelah bertelur segeralah pisahkan ikan sepat jantan dengan betina
Sebelum telur ikan menetas sebaiknya kita melaksanakan tindakan untuk melindungi telur yang sudah ada disarangnya atau busa dengan cara meletakan jerami diatas permukaan bak untuk melindungi telur dari panasnya terik matahari dan hujan. Usahakan jerami diletakan tepat diatas permukaan telur ikan.
Setelah 24 jam telur ikan akan menetas
Selanjutnya beberapa hari lalu anakan ikan atau larva akan mulai aktif berenang dan segeralah pisahkan induka ikan dengan anaknya, hal ini dilakukan untuk menghindari biar anakan ikan tidak dimakan oleh induknya

Demikian artikel tentang Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Para Pemula, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Para Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel