Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul? Ini Beliau Ciri-Cirinya

Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul pembesaran ikan terutama ikan konsumsi, benih merupakan sarana produksi yang terpenting alasannya yakni kesuksesan perjuangan sangat bergantung pada penggunaan benihnya.

Oleh alasannya yakni itu, benih harus tersedia dalam jumlah yang cukup atau sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Apalagi penjual benih kini bertambah banyak.

Kontinuitas pengadaan benih yang unggul merupakan suatu keharusan alasannya yakni kalau kekurangan benih bisa menghambat usaha.

Benih unggul adalah benih yang mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya kelebihannya yakni pertumbuhannya cepat.

Dengan memakai benih yang demikian, bisa memperpendek masa pemeliharaan sehingga pemanenan dari budidaya sanggup dilakukan lebih awal dari biasanya.

Selain itu, masa pemeliharaan yang lebih pendek juga akan mengurangi biaya produksi dan mengurangi risiko akhir final hayat ikan bawal.

Dengan demikian, laba yang diperoleh bisa lebih besar lagi. Berikut tanda dan ciri-ciri benih ikan bawal berkualitas unggul dengan melihatnya secara langsung. 

 benih merupakan sarana produksi yang terpenting alasannya yakni kesuksesan perjuangan sangat bergantung Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul? Ini Dia Ciri-Cirinya


Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul


Benih ikan bawal berkualitas unggul mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap perubahan lingkungan dan serangan penyakit termasuk juga dari kelebihan benih yang unggul.

Saat penebaran, benih yang unggul akan bisa menyesuaikan diri pada lingkungan dengan cepat. Demikian juga selama pemeliharaan.

Saat timbul penyakit, benih unggul tidak gampang terserang. Hal ini akan menciptakan tingkat kehidupan ikan lebih tinggi dan hasil yang akan dipanen bisa berlimpah sehingga laba yang besar bisa diperoleh.

Ada banyak sekali cara untuk mendapat benih unggul, diantaranya dengan memakai induk-induk unggul dan melaksanakan seleksi benih.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh pembudidaya yang melaksanakan pembenihan sendiri.

Bagi pembudidaya ikan bawal yang hanya melaksanakan pembesaran perlu mengetahui gejala benih yang unggul dan tempat asal benih tersebut.

Menggunakan Induk Ikan Bawal yang Unggul juga

Benih ikan bawal berkualitas unggul dilihat dari Induk unggul yakni induk yang mempunyai kelebihan dari induk-induk lainnya. Kelebihan itu hanya bisa diketahui sesudah induk benih unggul.

Kelebihan itu hanya bisa diketahui sesudah induk bertelur atau menghasilkan keturunan.

Induk bawal yang unggul biasanya berasal dari benih unggul dan pada usianya yang muda sudah berbadan besar dan ketika berumur 3 tahun (saat mulai bertelur ), bobot tubuhnya tidak kurang dar 3kg.

Induk yang unggul juga harus bisa menghasilkan telur atau sperma dalam jumlah yang banyak dan berkualitas baik.

Seekor induk betina yang beratnya 4 kg sanggup menghasilkan telur 400.000 telur dengan tingkat penetasan mencapai minimal 80 %.

Seekor induk jantan sanggup menghasilkan sperma minimal 100 ml dan sanggup membuahi minimal 95 % telur. Kelebihan ini juga hanya bisa diketahui sesudah induk bertelur.

Tanda-tanda induk jantan dan betina bawal yang unggul yakni sebagai berikut;
  1. Bertubuh normal atau tidak cacat
  2. Bersisik rapi dan teratur
  3. Memiliki kepala relative kecil
  4. Berdaging tebal
  5. Nafsu makannya tinggi
  6. Gerakannya lincah
  7. Sehat
  8. Tidak terdapat luka
Melakukan Seleksi Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul
Benih ikan bawal berkualitas unggul harus melihat induk.

Penggunaan induk unggul dianggap tetap harus melalui penyeleksian benih alasannya yakni walau semua keturunan dari induk unggul bisa menjadi benih unggul, tetapi selalu ada kemungkinan akan dihasilkan benih yang tidak unggul.

Benih-benih yang tidak unggul tersebut kemudian harus dipisahkan dan tidak dipakai dalam tahap pembesaran.

Namun, tetap bisa dipelihara sebagai sampingan atau bisa juga diberikan kepada orang lain.

Kegiatan ini harus melalui dilakukan pada benih hasil pendederan pertama dan selanjutnya dilakukan pada benih sebaiknya tidak dilakukan pada benih hasil pendederan berikutnya.

Penyeleksian benih sebaiknya tidak dilakukan sesudah panen, tetapi harus dibiarkan dahulu minimal semalam dengan cara ditampung dalam tempat khusus lembap jernih dan mengalir secara kontinyu.

Hal ini bertujuan untuk memulihkan kondisi ikan.

Ikan yang gres dipanen tubuhnya cenderung lemah akhir sentuhan alat tangkap, paparan sinar matahari selama panen, dan akhir kondisi air yang keruh.

Bila seleksi tetap dilakukan bisa menjadikan luka,stress, bahkan kematian.

Memisahkan antara benih yang bertubuh besar dengn benih yang bertubuh kecil menjadi langkah pertama dalam seleksi benih.

Benih yang bertubuh besar merupakan benih unggul alasannya yakni berarti pertumbuhannya lebih cepat.

Selain itu, menjadi menunjukan bahwa dalam tubuhnya mempunyai denetik yang baik. Sebaliknya, benih yang bertubuh kecil merupakan benih yang tidak unggul alasannya yakni pertumbuhan dan genetiknya kurang baik.

Untuk memisahkan antara benih bertubuh besar dan binih bertubuh kecil bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu memakai tangan dan memakai alat berupa anyakan.

Seleksi yang lebih dan efisien yakni dengan memakai alat berupa anyakan seleksi yang dibentuk dari ember besar atau ember yang telah dilubangi dengan garis tengah di lubang sesuai dengan ukuran benih.

Untuk benih yang berasal dari pedederan pertama memakai anyakan berukuran lubang sekitar ½ cm.

Sedangkan untuk benih yang berasal dari pedederan kedua memakai anyakan seleksi yang berukuran lubang sekitar 1 cm.

Cara melaksanakan seleksi benih memakai anyakan yakni sebagai berikut;

  • ciduk benih dengan sekup net  atau ayakan alumunium, kemudian masukkan benih tersebut ke dalam ayakan seleksi yang diletakkan dalam kolam lain.
  • biarkan beberapa dikala biar benih berukuran kecil keluar.
    masukkan benih yang tertahan (benih berukuran besar) kedalam kolam yang lain.
  • lakukan acara ini berulang-ulang hingga benih habis. 
  • Seleksi dengan tangan dinilai kuran efektif dan kurang efisien alasannya yakni membutuhkan tenaga yang lebih besar serta memakan waktu yang lebih lama.
Selain itu, bisa menciptakan benih ikan stress atau terluka akhir terlalu banyak sentuhan.

Cara Mengetahui Tanda-Tanda Benih Ikan Bawal Unggul
Benih ikan bawal berkualitas unggul selain memisahkan benih yang bertubuh besar dan bertubuh kecil, seleksi benih juga dilakukan untuk memisahkan antara benih yang berfisik baik dengan berfisik kurang baik.

Hal ini alasannya yakni fisik yang baik juga menjadi salah satu ciri dari benih unggul.

Cara ini memang hanya bisa dilakukan dengan pandangan mata, yaitu dengan melihat gejala pada tubuh pecahan luar ibarat halnya gejala pada induk unggul, yakni bertubuh besar/tidak lurus, bersisik rapi/teratur, dan berkepala kecil.

Pemilihaninduk unggul atau melaksanakan seleksi benih hanya bisa diketahui oleh para pembudidaya yang melaksanakan pembenihan sendiri alasannya yakni mereka yang melakukannya.

Sementara itu, mereka yang tidak melaksanakan pembenihan sendiri belum tentu mengetahuinya.

Oleh alasannya yakni itu, untuk memudahkan dalam mengenali gejala benih unggul , berikut uraiannya.

Melalui pengamatan fisik, dari ribuan atau puluhan ribu benih yang tampak didepan mata sudah niscaya gampang dilihat mana benih yang unggul dan mana menjadi tanda pertama dari benih unggul.

Tanda-tanda tersebut menawarkan bahwa benih dalam kondisi sehat alasannya yakni selama pendederan, benih tersebut mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Hal ini sudah menjadi jaminan bahwa kalau dipelihara di kolam pembesaran nantinya akan mempunyai sifat yang sama dan pertumbuhannya cepat.

Benih yang berwarna agak kehijauan dengan sedikit transparan menjadi tanda kedua dari benih unggul. Tanda itu menawarkan bahwa benih-benih tersebut masih muda.

Seperti halnya pada insan dan makhluk hidup lainnya, proses pertumbuhan biasanya akan lebih besar terjadi semasa muda alasannya yakni semakin menurun.

Bahkan, kalau sudah tua, cenderung tidak akan mengalami pertumbuhan lagi. Begitu juga dengan benih ikan bawal berkualitas unggul.

Selain warnanya, tanda benih yang unggul bisa juga dilihat dari keadaan tubuhnya, yakni dengan cara merabanya memakai jari tangan.

Bila benih terasa halus dan lentur, berarti benih tersebut masih muda. Namun, kalau terasa garang dan tidak lentur, berarti benih tersebut sudah tua.

Kelengkapan anggota tubuh ikan juga bisa dijadikan sebagai indicator keunggulan benih.

Melalui pengamatan, akan gampang diketahui apakah benih mempunyai tubuh yang normal atau tidak.

Bila normal, pertumbuhan benih akan cepat alasannya yakni benih tersebut tidak harus mengalihkan energinya untuk memperbaiki cacat tubuhnya sehingga semua zat makanan hanya akan dipakai untuk pertumbuhan.

Pengamatan terhadap sisik ikan juga bisa dilakukan untuk mengetahui benih yang unggul.

Sisik yang rapid an teratur menjadi tanda bahwa benih unggul. Sebaliknya, kalau sisik terlihat tidak rapi dan tidak teratur kemungkinan besar pernah mengalami luka, kendati telah sembuh.

Benih yang unggul idealnya dilarang mengalami luka, baik itu di organ sirip dan organ lainnya ibarat tutup insang dan kepala.

Sekecil apapun luka tersebut tetap kuat pada kehidupan benih, baik dalam menyesuaikan diri dengan lungkungan maupun

Mengetahui Daerah Asal Benih Ikan Bawal Unggul 

Benih ikan bawal berkualitas unggul selain mengetahui gejala mengenai benih unggul, hal ini yang juga perlu diketahui yakni tempat asal benih.
Hal ini tidak bisa dianggap sepele alasannya yakni asal tempat benih sangat kuat dalam proses pembesaran.

Banyak pembudidaya yang mengeluh benih yang telah ditebar banyak terjangkit penyakit, nafsu makannya rendah, dan hingga menjadikan kematian.

Setelah diselidiki, ternyata letak kesalahannya yakni alasannya yakni salah menentukan tempat asal benih.

Adanya kesalahan tersebut bukan berarti benih dari tempat tersebut tidak unggul, bisa saja lebih unggul, atau bahkan lebih unggul dari tempat lainnya.

Namun, ada hal penting yang harus diketahui, faktor suhu air misalnya. Suhu merupakan faktor lingkungan yang sangat kuat dalam kehidupan ikan, termasuk ketika gres di tebar ke kolam.

Perbedaan suhu air asal tempat dengan tempat pemeliharaan yang gres inilah yang sanggup menimbulkan ikan stress.

Padahal, stress pada ikan di awal penebaran akan memberi imbas domino yang jelek bagi kondisi ikan.

Sebagai contoh, stress pada benih tersebut mneybabkan gerakan benih menjadi lemah disertai dengan gerakan yang mendadak sehingga keseimbangan tubuhnya terganggu.

Hal ini berlanjut pada nafsu makannya yang menurun dan menciptakan kondisi benih drop sehingga rentan terhadap serangan penyakit. Bila hal ini terjadi, bisa dipastikan akan berujung pada final hayat benih.

Oleh alasannya yakni itu, sebelum membeli  benih, pembeli harus mengetahui kisaran suhu air di tempat asal benih, kemudian dibandingkan dengan suhu air ditempat pemeliharaan yang baru.

Suhu air didaerah benih harus lebih cepat menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih tinggai.

Namun, kalau tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal tersebut, sebaiknya mencarai tempat pembelian benih didaerah yang bersuhu minimal sama alasannya yakni pengaruhnya tidak terlalu besar.

Untuk mengetahui bisa dilihat dari geografinya, yaitu ketinggian tempat dari permukaan laut.

Ketinggian tempat disetiap tempat sangat berafiliasi bersahabat dengan suhu, baik suhu udara maupun suhu air.

Bagaimana sobat, gampang bukan cara mengetahui benih ikan bawal berkualitas unggul ini, yang pada dasarnya Anda harus melihat sendiri terjun ke lapangan untuk menentukan kenyataan benih tersebut dan juga induknya.

0 Response to "Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul? Ini Beliau Ciri-Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel