Sport Mancing Ikan Kerandang Di Bukit Krikil Sumatra Riau

Sport Mancing Ikan Kerandang Di Bukit Krikil Sumatra Riau

Ikan kerandang atau serandang yang mempunyai nama latin chana pleurophthalma ini merupakan jenis ikan yang mempunyai rasa daging dengan tekstur lembut,manis, dan lezat. Ikan kerandang biasa disebut juga dengan ikan toman bunga atau ikan selendang mayang, ikan jenis ini juga termasuk ikan predator air tawar dan mempunyai kreteria yang sama dengan ikan lainnya yang masih family nya mirip ikan gabus, toman, dan jenis ikan predator air tawar lainnya.

Jenis ikan kerandang banyak tersebar didaerah Sumatra dan Kalimantan, ikan kerandang mempunyai bentuk kepala pipih hampir ibarat kepala ular yang lebih terkenal dengan sebutan Snakehead Emperor, dengan warna punggung coklat kehitaman, sisi bawah berwarna putih kekuningan, serta terdapat 4 hingga 5 bulatan berbentuk mata dan berwarna kuning terdapat di sisi badan ikan ini, sehingga terlihat sangat manis untuk jenis Snakehead.

Habitat ikan kerandang atau toman bunga, banyak di jumpai di sekitar rawa, danau dan ajaran aliran sungai kecil, dengan ciri air tersebut berwarna hitam kecoklatan.


Ikan kerandang bisa tumbuh hingga 2 kg atau lebih, lebih kecil di banding jenis keluarga snakehead lainnya, Ikan kerandang mempunyai kadar protein yang sangat tinggi tapi kalau terlalu hiperbola dalam mengkonsumsinya akan menimbulkan alergi mirip gatal gatal dan keluar bintik bintik merah pada kulit, namun ekor dari ikan kerandang juga bisa sebagai penawarnya, dengan cara di bakar hingga hangus kemudian di oleskan pada bab pecahan badan yang mengalami alergi mirip gatal dan bintik merah.




Memancing ikan kerandang dengan sport mancing didaerah bukit krikil Sumatra Riau sangat menantang dan penuh dengan sensasi, sebagian besar warga setempat memancing ikan ini dengan menggunakan beberapa cara, baik menggunakan teknik dasaran atau dengan Banjur, atau bahkan menggunakan jaring, teknik banjur sendiri semacam teknik dasaran hanya senar/line nya di ikat di pohon atau ranting.
Umpan yang biasa di gunakan untuk mancing dasaran dan banjur berupa ikan hidup, cacing, anak katak,Sedangkan teknik yang biasa di gunakan oleh pemancing pemancing lokal ialah menggunakan teknik casting, dengan umpan berupa spinner, frogie maupun menggunakan mini popper.


Teknik casting ikan kerandang tidak berbeda jauh dengan teknik casting ikan gabus atau toman, dengan menggunakan joran casting ukuran 8 - 14 lbs, reel spininning ukuran 1000 - 3000, untuk bait casting ukuran 50 - 500, dengan ukuran line PE 1.5 - 3.

; umpan jitu ikan gabus di rawa paling galak

Cara meretrive digulung dengan cepat, ketika kerandang mulai menyambar jangan terlalu cepat di sentak, tunggu beberapa ketika 2 atau 3 detik hingga hook benar benar menancap dengan tepat di ekspresi ikan, sehingga tidak gampang lepas atau mocel.

Untuk pemilihan lure bisa di sesuaikan dengan kondisi spot, dan kebiasanya pemakain lure di spot tersebut, pola : kalau spot tersebut merupakan spot yang terbuka tidak banyak tumbuhan air mirip eceng gondok atau tumbuhan air lainnya, kita bisa menggunakan umpan berupa hard frog, tapi kalau sebaliknya kita bisa menentukan soft frog biar tidak gampang tersangkut, kalau ikan kerandang malas menyambar lure, kita bisa berinovasi dengan mencoba beberapa macam jenis umpan lain, mirip buzz bait, mini popper, spinner bahkan dengan menggunakan minnow top water.


Terimakasih dan semoga bermanfaat buat Anda para pecinta mancing mania. Salam satu hoby, selamat mencoba dan semoga sukses

0 Response to "Sport Mancing Ikan Kerandang Di Bukit Krikil Sumatra Riau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel