Kolam Yang Baik Untuk Ikan Koi Secara Sederhana Bentuk Minimalis

Kolam yang Baik untuk Ikan Koi desain kolam koi yang baik dan bagus?

Kolam merupakan salah satu sarana penunjang kelangsungan hidup bagi ikan. Selain harus lengkap juga menyehatkan serta nyaman untuk dihuni.

Terutama kolam koi yang hingga ketika ini masih menjadi salah satu jenis ikan hias primadona masyarakat luas. 

Keindahannya akan tampak jikalau dipelihara di dalam kolam dengan desain minimalis yang disertai banyak sekali jenis tumbuhan sebagai hiasan.

Dari sinilah kita mulai memikirkan bagaimana cara menciptakan kolam yang baik untuk ikan koi supaya hidup sehat berkembangbiak dengan baik dan berukuran jumbo.

 Sudah tahu cara menciptakan kolam ikan koi supaya tidak bocor Kolam yang Baik untuk Ikan Koi Secara Sederhana Bentuk Minimalis

 

Kolam yang Baik untuk Ikan Koi


Kedalaman Kolam Ikan Koi

Sebenarnya sudah mencukupi kedalaman kolam koi ialah antara 30 - 50 cm di depan rumah, namun jenis koi yang dipelihara berupa anakan atau berukuran sedang.

Selayak mata memandang pun akan kelihatan jikalau koi berenang memperlihatkan kecantikan warnanya. Akan tetapi, jikalau mulai terlihat tumbuh berakal balig cukup akal usahakan untuk memindahkannya.

Mengapa demikian? Nah, permasalahan ibarat inilah yang harus sobat perhatikan juga.

Tak sanggup dipungkiri kalau tujuan Anda memelihara dan merawat ikan koi hanyalah untuk menghias taman atau ruangan. Namun, perhatikan juga akan kelangsungan hidupnya.

Apakah ikan dalam aquarium sanggup tumbuh besar? 100% balasan orang berakal pastinya oke iya. Yakni dari hasil pemberian makan akan menyebabkan ikan koi semakin besar.

Disinilah sebuah kolam yang mulanya agak dangkal, kita rubah menjadi semakin dalam. Jangan takut kalau ikan koi tak kelihatan, alasannya dengan pertolongan filter atau aerator koi akan bermunculan dengan sendirinya.

Kolam Ikan Koi Sederhana

Kesederhanaan kolam koi haruslah dibentuk standar perawatan, ialah dengan kedalaman menyesuaikan ukuran koi yang dipelihara.

Jika terlalu dangkal, efek sampingnya akan menyebabkan badan koi berubah membengkok apalagi terdapat beberapa hiasan sebagai teman, malah akan semakin sempit dan kurangnya akan ruangan buat bergerak.

Untuk itu, buatlah kedalaman minimalnya 1 m untuk ukuran koi jumbo atau dewasa, supaya tidak menyiksa dan menciptakan koi mati akhir cepatnya penumpukan kotoran yang bermetamorfosis bakteri.

Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam yang baik untuk ikan koi dalam bentuk minimalis, sobat sanggup menciptakan sederhana saja selain menghemat pembuatan kolam juga akan meringankan perawatan.

Biasanya yang sudah berjalan hanya memakai beberapa tumpukan kerikil bata saja yang dipoles dengan gabungan pasir dan semen.

Selanjutnya tinggal menyediakan perlengkapan kolam ibarat filter dan juga aerator serta beberapa tumbuhan air untuk mempercantik halaman.

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Pembuatan filter kolam ikan koi ini bertujuan membersihkan semua kotoran yang dibentuk oleh si ikan, baik dari kotorannya maupun sisa masakan yang mengendap.

Jika filter ini tidak disertakan dalam kolam, jenis amonia akan menjadi penunggu ikan yang berakibat merusak kesehatan koi. Maka filter ini harus ada untuk setiap kolam koi.

Skema Filter Kolam Koi

Mudah sekali untuk menciptakan denah filter ini. Jika tidak mau ribet, sobat sanggup membelinya di toko penjual perlengkapan ikan hias.

Sumber Oksigen

Kolam yang baik untuk ikan koi haruslah terdapat sumber oksigen yang alami dan menyehatkan.

Oksigen inilah salah satu yang menyebabkan ikan koi sanggup hidup lebih lama. Suplai oksigen yang higienis selayaknya harus diperhatikan secara maksimal dalam kolam koi.

Pada umumnya melalui 2 jalan, ialah pembuatan gerojokan dan juga aerator sebagai pembentuk air mengalir yang menghasilkan oksigen.

Dengan cukupnya ketersediaan oksigen inilah maka sanggup dipastikan keadaan ikan koi akan baik dan sehat tanahn usang umur panjang.

Yuk, baca juga:
Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah
Gambar Koi Blitar dari Juara Kontes 
Makanan Ikan Koi Kecil untuk Pertumbuhan

Beberapa tips sebelum menciptakan kolam yang baik untuk ikan koi:


1. Menentukan Lokasi Kolam
Agar sobat sanggup menikmati pemandangan yang menyejukkan, pilihlah lokasi yang bersahabat dengan rumah, baik depan rumah maupun belakang rumah.

Jangan hingga menentukan di bawah pohon jikalau tak mau kolam banyak daun yang menjadi sumber kutu air datang.

2. Karena keindahan ikan koi terletak di bab warna yang ada di punggungnya, ideal untuk kolam sanggup dibentuk dengan cara menggali tanah saja.

Memang sangat sederhana jikalau dipelihara di dalam aquarium, namun kurang memperlihatkan keindahan dan kecantikan.

3. Bentuk Kolam

Kolam yang baik untuk ikan koi sanggup dibentuk menurut selera sobat semua, akan tetapi usahakan untuk memperlihatkan perlengkapan buat jalan air supaya terus mengalir.

Jika kolam tidak ditemui air yang mengalir, sanggup dipastikan akan menciptakan ikan cepat mati. Karena akan mempercepat ganggang dan kuman tumbuh di dalam kolam.

4. Sudut Dan dasar Kolam

Kolam yang baik untuk ikan koi upayakan bab pertemuan antara sisi kolam dibentuk melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat, yang bertujuan supaya kolam tidak mati.


Pada bab dasar Kolam jangan hingga dibentuk rata, buatlah bab paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bab tepi ke arah tengah miring 20 hingga 40 derajat. 

Desain kolam dasar dengan bentuk miring akan mempermudah dalam membersihkan sisa-sisa kotoran yang sudah terkumpul.

5. Jangan menaruh material dan benda tajam pada Kolam Koi, contohnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. 

Gerakan Koi terkadang sangt atraktif material ini sanggup melukai dan membahayakan koi.

6. Pipa Pralon Untuk menambahkan Air. Air terjun, sistem filter, penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam, persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan gampang dari sumur atau PAM.

7. Overflow, Siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi jikalau air meluap, contohnya alasannya hujan.

8. Bottom Drain, lubang pembuangan pada bab dasar kolam untuk membersihkan kolam. 

Itulah beberapa tips dan cara menciptakan kolam yang baik untuk ikan koi yang didesain dengan model gambar terbaru supaya kesehatan selalu didapat dan ikan berumur panjang. 

0 Response to "Kolam Yang Baik Untuk Ikan Koi Secara Sederhana Bentuk Minimalis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel