Ikan Hampala Ganas Dalam Air

- Ikan Hampala (Hampala Macrolepidota) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat disenangi para castinger. Bukan tanpa alasan, hampala populer sangat ganas dan mempunyai tenaga yang kuat. Terbukti dikala strike ikan ini eksklusif mencoba kabur dengan masuk ke dasar air yang lebih dalam. Ikan ini seing ditemukan di habitat sungai yang mempunyai arus yang deras, mirip sungai. Bahkan di beberapa kota mirip Magelang dan Jogjakarta ikan ini sanggup ditemukan di aliran-alian sungai yang membelah kota. Daya tahan tubuhnya yang tinggi meski berada di banyak sekali jenis air di sungai perkotaan, menciptakan ikan ini tumbuh dan berkembang biak. Hampala menjadi idola pemancing dengan teknik casting. Bahkan beberapa grup dan komunitas castinger menyebabkan hampala sebagai maskot dalam program castinger gathering. Beberapa komunitas lainnya juga turut untuk menerapkan sistem catch and realis, hal ini dilakukan biar spesies ini tetap bertahan di habitatnya, khususnya di sungai-sungai kota. 

 merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat disenangi para castinger Ikan hampala Ganas Dalam Air

Secara umum Ikan yang termasuk dalam family Cyprinidate yaitu jenis carp ini biasanya hidup di lubuk-lubuk bebatuan, namun juga terdapat di danau-danau lantaran habitatnya di suatu wilayah biasanya berbeda-beda. Namun habitat yang paling banyak ditemukan hampala ialah pada sungai-sungai yang mempunyai aus deras dan terdapat bebatuan. Hal ini disebabkan hampala bahagia mengikuti air yang mempunyai arus, di samping itu juga spot sungai yang berbatuan terdapat banyak masakan yang sanggup diburu oleh ikan ini. Jika anda ke wilayah jawa tengah dan Jogjakarta anda sanggup menemukan Hampala di sungai-sungai, namun kalau anda ke jawa timur mungkin anda juga sanggup menemukan Hampala di danau. Ciri-ciri umum ikan Hampala ialah bentuknya ibarat ikan mas, namun ekspresi ikan ini sangat lebar sekali. Meski tak mempunyai gigi setajam Gabus, namun hampala mempunyai ekspresi yang sangat rakus, bahkan seekor Ikan Wader saja sanggup ditelan eksklusif oleh seekor Hampala yang besar. Panjang hampala rata-rata ialah 10-20cm dan sanggup mencapai panjang sekitar 40cm dengan berat sanggup di atas 5 Kg.

Ikan hampala yang besar mempunyai warna bagaikan intan uang hitam yang mengkilat-kilat yang menyambung dari ekor ke atas kepingan tubuh tubuh perut bawah. Namun warna mirip intan yang mengkilat-kilat tidak ditemukan pada hampala kecil dibawah 1 kg. Jika kita amati secara cermat mulai dari ekor ke tubuh terdapat semacam garis hitam. Warna ikan secara umumnya kuning keperak-perakan.

Ikan hampala merupakan predator air tawar yang menyukai masakan mirip udang dan serangga. Ikan hampala yang kecil akan berenang di permukaan air sungai atau waduk secara bergerombol. Ikan-ikan kecil ini akan berenang dari sungai ke hulu, danau atau waduk.

Ikan hampala ini hampir sanggup ditemukan di Jawa, Kalimantan, Sumatra, Semenanjung Malaysia, Thailand, Vietnam sampai China. Bagi pancinger yang tinggal di Jawa Anda sanggup menemukan ikan ini di sungai-sungai besar mirip Kali Opak, Kali Code, Bengawan Solo, Suangi Elo, Serayu, Bogowonto, Brantas, Porong, Cisadane dan sungai-sungai besar lainnya. Kalau Anda di Sumatra sanggup di Sungai Asahan dan anak sungai di Danau Toba serta anak sungainya, sungai Musi dan Danau Singkarak dan anak sungainya serta sungai besar lain di Sumatra. Di Kalimantan sanggup ditemukan semua sungai di sana mirip Kapuas, Barito dan Mahakam.

Untuk memancing ikan ini sanggup dengan teknik casting maupun teknik dasaran.Untuk dasaran biasa umpan yang dipakai ialah udang hidup dan ikan-ikan kecil. Hampala lebih bahagia dengan umpan bergerak dan alami. Untuk casting usahkanlah memakai umpan yang terlihat natural.

Untuk peralatan sanggup spinning dan baitcasting. Tergantung budget dan impian anda. Sesuaikanlah dengan sasaran baik senar maupun lure. Hampala cenderung berubah terhadap lure kalau kondisi air yang labil. Misalkan ketika air jernih hampala lebih bahagia yang berenang ditengah mirip spoon dan swimbait.Jika kondisi air keruh maka lure popper dan WTD lebih ampuh.

Gunakanlah joran bertipe medium action. Usahakan untuk memainkan lure dengan natural. Maksudnya ialah kepiawaian pemancing dalam memainkan umpan biar terlihat sperti umpan asli. Ini merupakan faktor penting biar hampala mengejar dan strike.

Waktu yang sempurna untuk mancing hampala ialah di pagi hari sebelum matahari terlalu jelas lantaran hampala cendrung takut pada cahaya mereka suka pada daerah yang redup, kemudian biasanya hampala mempunyai satu ketua. Jika ada gerombolan hampala maka akan ada ketua didepannya dan anggotanya mengikuti dari berlakang. Jika ketuanya memakan umpan maka besar persentase anggotanya akan memakan juga.




0 Response to "Ikan Hampala Ganas Dalam Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel