Tips Menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar

- Senar termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan kita dikala memancing. Anda tentu sanggup membayangkan jikalau pergi memancing, namun tidak membawa senar, maka belumlah dikatakan mancing, kecuali anda memang berniat untuk menangkap ikan dengan alat tangkapan lainnya. Pemilihan senar yang baik akan mempengaruhi rasio keberhasilan kita untuk mendaratkan ikan. Bahkan dalam beberapa teknik senar dibentuk sedemikian rupa biar menghasilkan teknik memancing yang berkualitas. Beberapa teknik sebut saja seperti, casting, popping, jigging hingga trolling dibentuk senar yang sanggup bekerja maksimal meski presentasi keluar masuknya senar dari spool dilakukan terus-menerus. Sehingga sesering apapun senar keluar-masuk spool tidak akan menjadikan senar lecet bahkan putus. Oleh alasannya itu perlu pemilihan senar yang sempurna biar teknik yang dipakai juga sanggup bejalan maksimal. 
 Senar termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan kita dikala memancing Tips menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar

Terkadang beberapa pemancing bahkan ada yang memakai senar yang tidak sesuai dengan peralatan pancing lainnya. Misalnya saja, senar berdiamter besar kemudian disandingkan dengan reel berukuan kecil dan joran berkekuatan kecil pula, maka keputusan menyerupai ini sama sekali tak direkomendasikan. Selain akan menciptakan teknik mancing menjadi tak berkualitas, anda juga dipastikan akan tidak nyaman.

Berikut beberapa tips dari kami dalam menentukan senar atau kenur 

1. Sesuaikan Senar Dengan Kebutuhan

Pada umumnya senar mempunyai variasi baik dari segi kegunaan, huruf hingga jenis-jenisnya. Anda sanggup membaca detail lengkapnya pada link ini. Pemilihan senar yang baik ialah menyesuaikan segala variasi tersebut baik dengan piranti yang kita miliki, spot yang kita tuju, sasaran yang kita ingin dapatkan ,hingga jenis teknik yang digunakan. Seperti halnya pada pemakaian piranti pancing lainnya, tidak hukum baku yang mewajibkan kita harus menyesuaikan baik senar dengan reel dan joran. Namun jikalau anda memakai priinsip tersebut hal yang niscaya anda rasakan ialah ketidaknyamanan dikala memancing. Bayangkan saja misalkan anda menerapkan teknik casting dengan memakai piranti kecil baik dari joran hingga reel dan lure, namun satu yang membedakan yaitu ukuran dan kapasitas senar yang tidak sesuai dengan piranti lainnya. Lalu apa yang anda rasakan ?, hal utama tentu tidak nyaman dikala melempar lure, kemudian lemparan lure juga tidak bisa dimaksimalkan dan otomatis senar akan sering keluar dari spool dengan sendirinya. Oleh alasannya itu biar hal tersebut tidak terjadi, maka hal utama yang harus anda lakukan ialah penyesuaian. Hal ini penting anda lakukan biar anda tidak salah menentukan sehingga akan menciptakan biaya yang anda keluarkan menjadi sia-sia.

2. Perhatikan Material Utama
 Senar termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan kita dikala memancing Tips menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar
Contoh Senar Monofilament 
Poin ini juga sangat penting bagi anda sebelum menentukan pilihan jenis senar yang akan anda gunakan. Senar pada umumnya ada yang terbuat dari materi nilon, serabutan benang, Fluorocarbon, hingga kumpulan serat-serat benang yang telah digabung dan diberi lapisan coating biar senar lebih halus dan licin. Jika anda memakai teknik dasaran mungkin kebutuhan anda cukup pada senar nilon atau mungkin bisa memakai PE tergantung kebutuhan dan spot yang anda tuju. Jika memakai teknik menyerupai casting, jigging, popping, hingga trolling, maka usahakan untuk menciptakan rangkaian yang sempurna mulai dari senar utama yang sering dipakai pada beberapa teknik ini ialah PE yang kemudian disambungkan dengan leader, baik yang berbahan fluoro carbon 100% maupun adonan fluoro dan nilon. 
 Senar termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan kita dikala memancing Tips menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar
Contoh Senar Multifilament (Braided)
Beberapa merk mempunyai senar dengan diameter yang cukup kecil namun mempunyai kapasitas Lbs yang cukup besar. Biasanya merk senar ini tiba dari pabrikan Jepang menyerupai Gosen dan J-Braid. Sebaliknya produsen Amerika Serika mengeluarkan senar yang sesuai dengan ukuran diamter. Biasanya sanggup dilihat pada merek Tuffline dan Power Pro. Saat ini senar sudah didesain sedemikian rupa dengan kandungan material terbaik biar pemancing mendapat kenyamanan. Tak jarang di pasaran kita melihat senar kualitas bagus, namun harganya cukup terjangkau. Artinya kualitas senar yang baik sanggup dirasakan oleh semua pemancing.
 Senar termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan kita dikala memancing Tips menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar
Contoh Senar Fluorocarbon

3. Menentukan Pilihan 

Menentukan pilihan anda memancing juga bisa jadi tumpuan anda sebelum membeli senar. Jika tujauan anda sebagai komersil, maka sesuaikan harga pemasukan dan pengeluaran. Namun jangan khawatir dikala ini tersedia pilihan senar yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sebaliknya jikalau hobi keputusan di tangan anda, untuk senar yang berkualitas di atas rata-rata tentu mempunyai harga tinggi, namun mempunyai banyak keistimewaan menyerupai senar yang berdiameter kecil namun cukup kuat, Full Coating, hingga dibentuk dengan serabutan lebih banyak. Pilihan final tentu ada di tangan anda sebagai pengguna.

Poin-Poin Penting Lainnya Yang Perlu Diketahui Dari Senar

Karakteristik Senar :
  • Kekuatan (strength): Seberapa bisa senar sanggup menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan memakai universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm permenit, kemudian senar diuji hingga putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.
  • Kekuatan Ikat Senar (knot strength): Kekuatan ikat pada simpul, dimana senar akan putus disimpul. Umumnya kekuatannya diukur dengan pons (lbs) atau kg (kilogram). Tes kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan menciptakan simpul pada tengah-tengah senar yang akan diuji, hingga senar putus pada simpul.
  • Perpanjangan Senar Pada Saat Ditarik (elongation): Senar akan mengalami perpanjangan/mulur pada dikala menarik beban, hingga titik maksimal dari senar itu tidak sanggup mulur lagi. Tes dilakukan dengan menarik senar hingga titik maksimal senar akan putus.
  • Ketahanan Gesek (abrasion resistance): Senar yang tidak gampang terkikis / pengikisan apabila terkena watu karang, penuntun senar pada joran dan daerah jalannya senar pada ril. Tes dilakukan dengan menggesek senar hingga putus dengan memakai amplas berputar dan dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran, mengatakan senar semakin tahan terhadap gesekan.
  • Kelenturan (flexibility): Resistensi senar dikala ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada dikala ditekuk. Makin besar resintensinya mengatakan senar semakin kaku.

Kekuatan Senar Dapat Diukur Menggunakan :
  • Alat Pengetesan Senar : Memakai mesin khusus untuk mengetes kapasitas senar mempunyai tingkat keakuatan dan ketepatan yang lebih baik dibandingkan dengan cara manual (menggunakan tangan), alasannya senar di tes secara terperinci.
  • Secara Manual : Dilakukan dengan memakai suatu timbangan, kemudian senar ditarik (timbangan mengatakan suatu angka) hingga senar tersebut putus.

Macam-macam Kemasan Senar :

A. Senar Komersial : Biasanya dijual dalam bentuk gulungan dengan jumlah banyak. Kemasannya cukup sederhana dengan sedikit nama merk dan tidak mempunyai spesifikasi lengkap. Harganya sangat murah dibandingkan dengan senar untuk hobi. Biasanya pemakaian senar ini untuk mencari nafkah/keuntungan dan dipakai untuk keperluan nelayan membuat/menambal jala.

Senar komersial dibagi 2 yaitu :
  • Senar bungkus : Senar gulungan tanpa spool dalam bungkusan plastik dengan info kekuatan (lbs), diameter (mm) dan panjang senar (m).
  • Senar Pak : Kumpulan senar bungkus, yang dijual dalam bentuk pak ditimbang dengan berat hingga 4,5 Kg.

B. Senar Hobi : Senar ini baisanya menjadi pilihan pemancing dengan teknik-teknik tertentu menyerupai casting hingga trolling. Senar ini mempunyai spesifikasi yang cukup lengkap. Memiliki kualitas yang lebih manis dibandingkan dengan komersil. Harganya cukup bervariasi dari rendah hingga tinggi sesuai dengan kualitas tentunya,

Tips Mengetes antara nylon dan fluoro 

Untuk membedakan antara senar nylon dengan Fluorocarbon 100% ternyata cukup mudah, anda hanya perlu memperabukan sedikit ujungnya. Jika materi nylon, maka api akan menyala sebaliknya pada Fluorocarbon api tidak akan menyala. 

Demikianlah beberapa tips dan poin-poin penting sebelum menentukan senar. Meski pada beberapa bab telah ada pembahasan pada link sebelumnya, namun dalam artikel ini sebbagai penambah dan suplemen artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan selamat menentukan senar.


0 Response to "Tips Menentukan Senar/Kenur Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel