Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

- Terkadang sebagai pemancing tentu kita mempunyai asa malas untuk membersihkan dan melaksanakan perawatan sehabis kegiatan memancing selesai. Bahkan beberapa pemancing jarang sekali memperhatikan problem perawatan ini. Jika dipakai pada air tawar mungkin masih sanggup ditoleransi, namun jikalau anda sering memakai peralatan di spot perairan asin tentu sewaktu-waktu bisa saja reel mancing anda akan menjadi korosi. Akibatnya, reel akan jebol hingga macet di tengah jalan. Bagi yang berkantong tebal tentu biasanya sangat gampang tinggal membeli reel baru, namun bagaimana jikalau sebaliknya? maka perlu adanya perawatan. Tentu kitapun tak ingin terus-menerus mengganti reel, terlebih jikalau reel tersebut sangat keramat bagi kita.

 Terkadang sebagai pemancing tentu kita mempunyai asa malas untuk membersihkan dan melakuka Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Sebagus dan semahal apapun reel jikalau tidak pernah dirawat, maka akan rusak juga. Berikut ini beberapa tips untuk merawat reel, jangan hingga salah melakukannya. Terutama bagi yang bahagia memancing di air asin, sebab efeknya sangat terasa pada reel dibandingkan pada air tawar. Meskipun harus dirawat juga, berikut beberapa tips yang bisa dicoba :

1. Jangan melepas spool dan merendamnya di dalam air, sebab air akan masuk kedalam cuilan drag dan akan menciptakan drag jadi tidak normal. Usahakan pada dikala mencuci reel untuk mengencangkan drag supaya air tidak masuk ke dalaman drag. Drag pada reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya pastikan benar-benar kering dari apapun. Jika metal washernya lebih dari 3 biasanya memakai drag basah, yang berarti terdapat oli pada washernya. Jangan salah, jikalau drag kering dilumasi oli, maka akan melorot dan dragnya tidak bisa direm, drag berair tidak perlu dilumasi oli, drag secara otomatis akan terkunci jikalau sedikit saja dikeraskan. Hati-hati sebab jikalau draga model ini terkena air, maka akan berakibat fatal dan bermasalah.

2. Pelumas (Lubrikasi reel), terdapat 2 jenis lubricant yaitu grease dan oil, grease bersifat kental ibarat mentega, sedangkan oil atau oli wujud dan sifatnya cair. Bagian-bagian reel yang harus memakai oil yakni semua cuilan bearing, begitu pula sebaliknya bagian-bagian reel yang memakai grease yakni semua prosedur gear . Makara jangan hingga terbalik, hal ini supaya reel tetap berfungsi bagus. Khusus untuk prosedur oneway roller bearing jangan sekali-sekali memperlihatkan grease terlebih dengan jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan roller bearing di tahan oleh per yang sangat kecil, kurang lebih sekitar 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, jikalau per ini diberikan grease, roller akan macet dan tidak berfungsi semestinya, sehingga oneway roller tidak berfungsi dan reel bisa terputar balik dan ini sangat berbahaya bagi diri kita dikala fight dengan ikan besar. Jangan memperlihatkan grease terlalu banyak di area pinion gear, sebab reel akan terasa seret dan macet. Maka berikan grease secukupnya saja. Jangan lupa untuk memperhatikan line roller pada bail arm ketika memberika oil.

3. Setiap tamat memancing di laut, jangan lupa untuk selalu membuka prosedur oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, cuilan ini biasanya sering menampung garam dari laut, meskipun itu telah kita basuh dan bilas.

4. Jika memulai untuk membersihkan reel maka, mulailah dengan membongkar semua cuilan reel tanpa terkecuali. Jangan lupa untuk mengingat semua cuilan yang telah dibongkar, bisa dengan mencatat dan meletakkan bagian-bagian tersebut pada tempatnya. Agar tidak resah ketika menyatukannya kembali. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian-bagian dari reel berikut nomer serinya), maka perhatikanlah baik-baik. Cuci semua cuilan reel dengan WD 40, gunakan kuas kecil untuk bagian-bagian tersulit. Hilangkan semua bekas grease yang sudah berwarna coklat dan hitam. Jika semuanya sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru, maka dijamin reel akan kembali halus mirip semula.

5. Jika berasumsi tidak bisa untuk membongkar dan membersihkan reel maka, ada baiknya jikalau dibawa ke tukang servis atau sahabat yang sudah ahli. Jika nekat untuk mencobanya pun juga tidak salah, sebab dengan begitu kita bisa tahu apa yang menjadi malah pada reel. Yang penting jangan salah pada dikala memasang kembali, sudah ada panduannya dalam box biasanya. Sebaik apapun reel jikalau tidak pernah di rawat dan diservis tentu akan menjadi problem ditengah-tengah, terlebih bagi yang sering memancing di tengah bahari dengan peralatan yang heavy-duty class (kelas berat). Harus diingat jikalau penampilan luar bagus, maka belum tentu cuilan dalamnya juga ikut bagus.

Demikian beberapa tips yang boleh dicoba teman-teman anglers. Ada baiknya jikalau kita mencoba untuk membongkar dan membersihkan reel sendiri, sebab dengan begitu otomatis kita akan tahu dan terbiasa jikalau terjadi lagi hal yang demikian. Namun jikalau takut tidak bisa memasang kembali bawalah ketempat servis atau ke teman-teman anglers lainnya yang sudah andal dan berpengalaman. Sekian dari kami, mudah-mudahan bermanfaat. Nantikan kembali artikel menarik lainnya hanya di


Sumber : Fishy Forum

0 Response to "Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel