10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan-ikan laut. Bukti sudah ada bahwa tidak sedikit juga ikan-ikan air tawar yang mempunyai bobot hingga ratusankg mirip ikan-ikan air laut. Selain ukuran dan bobotnya yang lebih besar, naluri makannya pun tak kalah bergairah dengan ikan-ikan predator laut. Berikut ini merupakan 10 daftar ikan-ikan raksasa air tawar yang berukuran besar mirip ikan laut.

1. Giant Snakehead


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Bagi para castinger dengan froggy mungkin ikan ini sudah sering didengar. Di Indonesia sendiri dikenal dengan sebutan ikan Gabus dan ikan Tomman namun ini hanya 2 nama umum yang sering di sebut di Indonesia. Dalam istilah asing dikenal dengan snakehead fish alasannya bentuk kepalanya yang mirip seekor ular. Meskipun sering disebut dengan nama gabus dan tomman, namun sebenarnya ikan ini mempunyai 30 jenis spesies yang berbeda-beda.

Penyebaran ikan ini sangat luas bisa ditemukan dibeberapa benua mulai dari Afrika, Eropa, Amerika dan Asia. Namun aslinya ikan ini memang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini sanggup mencapai bobot maksimal sekitar 1 meter. Ciri-ciri khusus ikan ini tentu terletak pada kepalanya dan garis-garis pada tubuhnya. Selain itu mempunyai gigi-gigi yang sangat tajam sehingga merupakan ikan karnivora pemakan daging. Ikan ini akan sangat ganas apabila ketika sedang menjaga telur-telurnya.

Ikan ini akan mengambil nafas dengan muncul kepermukaan dengan memakai labirin. Dengan mengangkat kepalana kepermukaan maka ikan ini sanggup mengambil oksigen lalu eksklusif kembali menyelam sehingga oksigen eksklusif masuk kepembuluh darah dan mengalir ke kandung kemih yang terdapat organ ganda yang fungsinya hampir mirip paru-paru. Sehingga tak asing kalau ikan ini bisa bertahan pada kondisi daerah yang hanya mengandung lumpur dan sesekali berjalan diatas permukaan kering untuk mencari daerah yang berair. Di Asia Tenggara sendiri ikan ini bisa dikatakan berkembang dengan baik, meskipun perburuannya tetap berlangsung. Namun kalau perburuan yang tak terkendali tak menutup kemungkinan ikan ini juga akan punah dengan sendirinya.

2. Giant Carp


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang satu ini mungkin tak asing bagi penikmat teknik mancing galatama. Ikan ini sering disebut di Indonesia dengan nama ikan Mas. Habitat terbesarnya ialah di Asia Tenggara dan sudah menyebar hingga kebagian Amerika. Uniknya ikan ini terdapat dalam sebuah gesekan candi di Angkor, Kamboja. Bahkan di Kamboja sendiri ikan ini merupakan ikan nasional. Entah apa maksud dari gesekan candi yang terdapat di Kamboja tersebut. Habitat ikan mas ini biasanya di sungai-sungai dan akan bergerak secara musiman untuk melaksanakan pemijahan hingga pembiakan.

Ukuran ikan Mas ini sanggup mencapai 330 kg dengan panjang 3 meter lebih. Ikan Mas ini termasuk dalam ikan herbivora pemakan tumbuhan meski ukurannya yang begitu besar. Ikan ini juga sangat sensitif dengan kondisi air yang terkotori dan kekurangan oksigen. Oleh alhasil maka sungai-sungai yang jadi jalan pencemaran limbah-limbah pabrik akan menciptakan ikan ini menjadi punah. Di Asia Tenggara sendiri ikan ini sering dikonsumsi alasannya tekstur dagingnya yang lembut dan gurih. Di Indonesia juga telah banyak yang membudidayakan ikan ini di kolam-kolam ternak.

3. Taimen


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang termasuk dalam keluarga Salmonid mirip Salmon dan Trout merupakan ikan yang habitatnya terdapat di perairan tawar Rusia dan Mognolia. Ikan ini sering dijuluki dengan ''serigala sungai'' alasannya ganasnya ikan ini disaat memburu mangsanya yang tengah berkumpul dalam jumlah yang besar didalam air. Ciri-ciri utama dari ikan ini ialah mempunyai kepala yang berwarna abu-abu kehijauan dan mempunyai tubuh berwarna coklat kemerahan.

Ikan raksasa air tawar yang sanggup mencapai panjang 2,13 meter lebih dengan bobot bisa hingga 105 kg ini merupakan ikan karnivora yang memangsa apa saja kolam itu binatang bahari maupun binatang yang hidup didarat mirip burung dan bebek. Bahkan ikan ini bisa menelan mangsa yang berukuran lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Penyebarannya dimulai dari pantai Pasifik Rusia hingga keseluruh Mongolia.

Uniknya ikan ini sangat dihormati oleh kaum Budha di wilayah Mongolia, alasannya dianggap sebagai anak dari roh sungai kuno. Sampai ketika ini belum ada UU yang menyatakan bergotong-royong ikan ini dilindungi, sehingga sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 2000 ekor ikan Taimen ini ditangkap dengan ukuran 66 cm. Namun alasannya kelanjutan perburuannya pemerintah setempat berusaha untuk mencari jalan semoga ikan ini sanggup bertahan dari kepunahan alasannya perburuannya. Meskipun begitu tetap saja belum ada UU yang memastikan ikan ini sanggup bertahan lama.

4. Chinese Paddle Fish


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang sering dikenal denggan nama "Chinese Swordfish" ini ialah salah satu spesies ikan air tawar yang masuk dalam kategori ikan-ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini hanya sanggup di temukan di sungai Yangtze, Cina alasannya merupakan salah satu dari 140 spesies saja. Selain itu ikan ini juga sering dijuluki dengan ikan air tawar terjelek dari segi fisiknya. Di Cina ikan ini dianggap sebagai ikan air tawar terbesar yang sanggup mencapai 450 kg beratnya. Namun sayangnya hingga dengan ketika ini, ikan ini diduga telah punah.

Terdapat 2 jenis spesies ikan Paddlefish didunia yaiut, American paddle fish dan Chinese Paddlefish. Perbedaannya keduanya terletak pada moncong Chinese Paddlefish yang cenderung lebih panjang dibandingkan American Paddlefish. Selain itu American Paddlefish hanya sanggup ditemukan di perairan air tawar di Texas, AS. Ikan yang mempunyai bab moncong depan hampir mirip belalai gajah ini merupakan ikan yang dilindungi. 


Keberadaannya sudah di deteksi semenjak perburuannya dimulai pada tahun 1950. Perburuan ikan ini yang begitu tajam sehingga pemerintah Cina menyebabkan status ikan ini dilindungi pada tahun 1983. Menurut sebuah laporan yang beredar penampakan terakhir ikan ini ialah pada tahun 2007 dimana seekor ikan Chinese Paddle yang mencapai 250 kg beratnya, terlihat dalam kondisi yang telahh mati jawaban pemancingan ilegal di sungai Yangtze.

5. Arapaima Gigas


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Termasuk dalam kategori ikan raksasa air tawar, alasannya ukurannya bisa berbobot hingga dengan 200 kg dengan panjang 3 meter ke atas. Ikan ini biasanya akan bernafas eksklusif menghirup udara dari permukaan air. Hal ini ditandai dengan sering munculnya ikan ini ke permukaan setiap 5-20 menit sekali. Arapaima Gigaz merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon dan juga termasuk dalam kategori ikan air tawar yang di lindungi. Namun meskipun dilindungi penangkapannya pun tak sanggup di batasi dengan mudah, alasannya penduduk sekitar Amazon yang sering menangkap ikan ini dan dijadikan ikan konsumsi.

Arapaima Gigaz merupakan ikan yang termasuk dala kategori ikan karnivora pemakan daging. Biasanya ikan-ikan kecil dan hewan-hewan air lainnya sering menjadi mangsanya. Hal yang unik dari Arapaima ini ialah pada ikan yang berumur sampaumur ikan ini mempunyai pengecap yang mencapai 15cm dan bertulang. Bahkan penduduk setempat menggunakannya sebagai amplaz untuk menghaluskan kayu, alasannya permukaannya yang kasar dan keras.

6. White Sturgeon


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang habitat terbesarnya di wilayah Pasifik Amerika Utara, Teluk Alaska dan California ini termasuk salah satu yang terbesar di air tawar. Rekor yang pernah dicapai dari penangkapan ikan ini ialah dengan berat 300 kg dan panjang sekitar 4,5 meter. Sebenarnya ini masih dibawah ukuran maksimalnya yang sanggup mencapai bobot sekitar 680 kg dengan panjang 6 meter lebih. Ikan ini diklaim sanggup hidup hingga 100 tahun lamanya.

Ikan ini hampir mirip dengan ikan hiu dimana warna punggungnya ialah abu-abu muda ditambah dengan garis-garis kecil berwarna putih sehingga dinamakan white sturgeon. Unikanya ikan ini tak mempunyai pengecap namun mempunyai indera perasa yang dinamakan dengan ''Barbell'. Ikan ini bisa hidup diair tawar dan air payau sehingga sanggup ditemukan juga di muara sungai. Makanannya ialah ikan-ikan kecil , udang, kerang dan hewan-hewan kecil lainnya didalam air. Karena tidak mempunyai gigi, biasanya ikan ini akan menghisap makanannya.

Ikan white Sturgeon ini mulai diburu besar-besaran pada selesai 1800-an dan mulai diberlakukan UU tunjangan bagi ikan ini pada tahun 1900-an. Meskipun telah ada tunjangan namun masih dilegalkan dengan beberapa peraturan untuk tetap terjaga dari kepunahannya.

7. Giant Mekong Catfish


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan ini masih termasuk dalam keluarga ikan lele (catfish). Dinamakan dengan Mekong Catfish alasannya habitat aslinya dari fatwa sungai Mekong. Dimana alirannya melewati  Cina dan Asia Tenggara, khususnya Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam. Ikan ini bobotnya bisa mencapai 330 kg dengan panjang hingga 3,1 meter lebih. Pada tahun 2005 nelayan di Thailand pernah menangkap dan mengukur ikan ini dengan berat mencapai 290 kg dengan panjang sekitar 2,8 meter.

Hebatnya ikan ini ialah bisa berenang di air laut, alasannya berdasarkan penelitian sebagian ikan ini menghabiskan hidunpnya di laut. Mekkng Catfish sanggup berenang sejauh 1000 km dari bahari Cina Selatan hingga ke sungai Mekong untuk melaksanakan pembiakan. Mekong Catfish juga merupakan ikan karnivora pemakan daging. DI Indonesia sendiri ikan ini sering dipelihara di kolam-kolam dan aquarium di taman satwa.

8. Aligator Gar


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Aligator sering dikatakan sebagai ikan peninggalan zaman prasejarah dahulu. Ikan ini mempunyai habitat orisinil dari Amerika Tengah dan Amerika Utara. Memiliki 7 spesies dan Aligator Gar merupakan ukuran yang bisa mencapai paling besar di bandingkan lainnya. Aligator Gar sanggup mencapai berat 170 kg dengan panjang bisa hingga 3 meter.

Ciri khas dari ikan ini ialah mempunyai sisik yang sangat banyak dan mempunyai verbal yang hampir mirip seekor aligator. Giginya yang sangat tajam menyebabkan ikan ini merupakan predator pembunuh yang sangat menakutkan.

Meski mempunyai gigi yang sangat tajam namun naluri berburunya tidaklah seganas ikan piranha. Namun ikan ini sangat berbahaya apabila di masukkan kedalam kolam maupun waduk, alasannya akan menghancurkan ekosistem ikan yang ada ditempat tersebut. Selain itu Aligator Gar sanggup bertahan hidup dalam air payau meskipun kadar garamnya sangat tinggi. Gerakan ikan ini sangatlah lambat didalam air meski mempunyai tampang yang sangat menyeramkan. Di beberapa negara di Amerika daerah asalnya Aligator Gar ini telah di buat UU sebagai upaya tunjangan semoga tak di buru secara berlebihan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kolam dan kebun satwa yang memelihara ikan ini sebagai tontonan. Namun harus diingat jangan hingga memasukkan ikan ini kedalam waduk atau perairan tawar yang bercampur dengan habitat-habitat ikan lainnya. Karena hal tersebut akan membunuh habitat orisinil dan menyebabkan rantai kuliner tidak stabil.

9. Pari Air Tawar


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan ini pernah di temukan dan di teliti oleh ilmuan di Thailand. Pada ketika itu ikan yang berhasil di temukan di Thailand mempunyai tubuh dengan panjang 2 meter dan mempunyai ekor dengan panjang 2,1 meter. Untuk pertumbuhan maksimal ikan ini sanggup mencapai bobot 700 kg dengan panjang 7 meter.

Ikan Pari air tawar ini selain di Thiland dapt juga ditemukan di beberapa sungai di negara Asia Tenggara hingga dengan Australia Utara. Makanannya biasa berupa udang-udang dan hewan-hewan kecil lainnya di dalam air. Selain di air tawar ikan ini juga sanggup berenag di air payau.

10. Beluga


Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan 10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Beluga ini masih termasuk dalam keluarga ikan Sturgeon. Ikan ini penyebarannya di bahari Kaspia dan sanggup bertahan hidup selama 118 tahun. Ukurannya sendiri bisa dibilang lebih panjang dan lebih berat dibandingkan ikan air tawar lainnnya. Bayangkan bobotnya saja sanggup mencapai 2700 kg atau sekitar 2 ton lebih dengan panjang hingga 7 meter lebih.
Ikan ini bisa dibilang merupakan ikan yang menghasilkan telur paling mahal di dunia. Telur-telurnya dinamakan dengan Caviar. Caviar merupakan kuliner yang sanggup mencapai 50 jt per kg. Biasanya Beluga sanggup menghasilkan Caviar ini kalau sudah mencapai umur 20 tahun.

Sama dengan Sturgeon yang bisa hidup diair tawar bahkan air payau. Cara memakan kuliner pun sama yaitu dengan di hisap kedalam mulutnya. Sampai ketika ini ikan ini dikembangbiakkan alasannya telurnya yang sangat mahal. Bisa di bilang Rusialah yang paling banyak mengmbangbiakkan ikan ini untuk diambil telurnya.


Masih ada spesies-spesies ikan air tawar lainnya yang mencapai ukuran-ukuran besar. Namun 10 diatas wajib diketahui meski beberapa spesies tidak terdapat di perairan tawar di Indonesia. Kewajiban kita ialah untuk tetap menjaga kelestarian dan habitat-habitat ikan-ikan tersebut. Sekian ulasan mengenai10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar, semoga bermanfaat. Nanatikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

0 Response to "10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel