Trik/Cara Memancing Ikan Sepat Siam



Memancing bisa menghilangkan stres dan juga sangat menghibur disaat kita lelah dan jenuh lantaran pekerjaan sehari-hari.para penghobi mancing selalu memanfaatkan waktu liburan untuk memancing bersama keluarga dan juga teman-temannya.bagi anda yang suka memancing ikan sepat siam tetapi belum tau cara nya anda jangan kuatir lantaran dikala ini anda sangat beruntung lantaran sudah meng klik artikel yang berisi trik memncing ikan sepat siam.

Cara memancing ikan  sepat siam
Sepat yaitu ikan yang hidupnya bergerombol, tempat yang ideal untuk mancing sepat yaitu yang kondisi airnya hening dan tentunya tidak berarus. Makanya danau, waduk, rawa, bak bekas galian pasir yaitu tempat yang paling ideal untuk berburu sepat. Namun bukan berarti di tempat yang berarus sepat tidak bisa dipancing, tentunya akan lebih sulit memancing sepat di tempat yang berarus (hal ini bisa dijadikan tantangan).

Keuntungan dalam memancing sepat yaitu sifat dari ikan ini yang secara periodic mengambil oksigen pribadi dari udara. Kebiasaan sepat yang satu ini memudahkan kita mencari tempat dimana sepat bergerombol. Ciri-ciri tempat dimana sepat bergerombol yaitu spot dimana sepat tidak henti-hentinya mengambil udara  yang sepintas akan terlihat menyerupai “boiling”.

Biasanya sepat berkumpul di bersahabat tanaman air menyerupai kangkung, eceng gondok dan sejenisnya. Karena selain tempat makan, tanaman tersebut juga dijadikan tempat untuk menyimpan telur mereka dikala berkembang biak.

Untuk memancing ikan jenis ini biasanya umpan yang dipakai yaitu umpan universal,cacing,ramuan pelet,daging dan croto.Namun menurut pengalaman para pihak terkait biasanya umpan untuk memancing ikan sepat yang paling efektif yaitu kroto,daging dan udang.

Kedua umpan ini juga sangat gampang didapatkan, hampir di setiap toko pancing atau toko yang menjual keperluan masakan burung, kroto selalu menjadi hidangan utama penjualan. Hal ini disebabkan kroto juga popular sebagai perhiasan racikan umpan ikan mas. Sementara apabila anda ingin memakai udang cari saja di toko-toko ikan mas.

Cukup dengan mencantolkan telur kroto yang masih berbentuk lonjong (belum terbentuk menjadi semut utuh) pada mata kail dan lemparkan pada spot yang diinginkan. Sementara untuk pemakaian udang, anda harus mengambil daging udang sekecil mungkin diubahsuaikan dengan ukuran mata kail. Lemparkan dan tunggu sepat menyambar.



Benang senar/line
Semakin kecil diameter benang (line) yang kita gunakan semakin baik hasil yang akan kita capai. Karena memakai benang diameter besar akan menciptakan sepat takut dan ragu-ragu untuk menyambar umpan. Apalagi berat seekor sepat rata-rata tidak lebih dari 20gr, tentunya kita tidak membutuhkan benang dengan kekuatan besar . Benang dengan kekuatan 1 pounds (lbs) atau sama dengan 0.5kg lebih dari cukup untuk berburu sepat.

Apabila di spot tempat anda mancing sepat terdapat ikan jenis lain yang berukuran lebih besar dari sepat gunakanlah benang dengan diameter maksimal 0.13 mm yang biasanya mempunyai kekuatan hingga dengan 3 pounds (1.5kg). Ukuran 0.13 mm dirasakan belum menakuti sepat sehingga sepat masih mau makan umpan kita.

Kail/mata pancing
Dikarenakan ekspresi sepat populer sangat kecil terperinci kita membutuhkan mata kail yang super kecil pula. Bagi tempat yang terbiasa dengan ngabenteur atau waderan (jawa) rasanya tidak akan sulit untuk mencari mata kali yang super mini ini. Namun jangan lupa jikalau benteur/wader masih bisa dipancing dengan mata kail hingga dengan ukuran 1 kecil, maka sepat maksimal ukuran kailnya yaitu 0.5 kecil. Syukur-syukur jikalau anda bisa mendapat ukuran 0.1. Sayang tidak semua merek mengeluarkan ukuran ini, kalaupun ada khususnya mata kail impor.


Kelemahan kail ukuran 0.1 yaitu sering sekali tertelan hingga tenggorokan sepat, sehingga kita akan sedikit kesulitan mengeluarkan kail dari ekspresi ikan. Ukuran rekomended untuk mancing sepat yaitu 0.3 kecil atau 0.5, memang tingkat keberhasilan hook up tidak setinggi ketika kita memakai ukuran 0.1 namun ketika hook up kita juga tidak akan dibentuk repot.

Pelampung
Pelampung berbentuk jarum yaitu pelampung yang sempurna untuk mancing sepat, bentuknya yang lonjong menciptakan pelampung ini sangat sensitif dikala umpan ikan menyambar umpan. Gunakanlah pelampung jarum dengan panjang maksimal 5cm . Pengunaan pelampung lain bahwasanya bisa saja, selama tidak terlalu besar dan bisa menahan beban timah kail dan umpan. Namun pelampung jarum terbukti yang terbaik.

                               Gambar;pelampung berbentuk jarum


0 Response to "Trik/Cara Memancing Ikan Sepat Siam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel