Cara Menciptakan Umpan Dan Memancing Ikan Belanak

Ikan belanak yang  berukuran kecil bentuknya ibarat ikan wader,tetapi ikan belanak juga berukuran besar dagingnya bagus dan gurih sangat cocok kalau digoreng bersama adonan tepung ibarat peyek bentuknya.ikan jenis ini hidupnya berkelompok/bergerombol sesama jenisnya untuk mencari makanan.

berukuran kecil bentuknya ibarat ikan wader Cara Membuat Umpan Dan Memancing Ikan Belanak


Ikan belanak merupakan salah satu ikan yang sensitif dan cukup sulit untuk dijadikan target memancing. Namun disini saya akan menyebarkan tips/cara menciptakan umpan ikan belanak menurut pengalam dan juga isu yang saya dapatkan dari sumber terkait. Caranya sangat mudah, semua materi tersedia di rumah anda. Berikut yakni ihwal cara menciptakan umpan mancing ikan belanak;

Umpan ikan belanak 1.
Sediakan bahan-bahan sebagai berikut:
- 1 kg tepung terigu
- ¼ minyak goreng
- Mentega
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sachet susu
- Air putih 2 gelas

Caranya:
Campurkan semua materi diatas, kemudian aduk hingga pulen. Kalau sudah pulen kemudian dikukus selama 30-60 menit. Setelah matang, selanjutnya ditumbuk hingga semua materi hancur dan tercampur rata.

Umpan Ikan Belanak 2.
Bahan-bahannya yaitu:
- ½ kg tepung terigu
- Garam 10 sdm
- 2 butir telur ayam
- Margarin 4 sdm
- Esen (pengharum roti)
- Air secukupnya

Caranya:
Panggang margarin hingga meleleh
Larutkan garam dan esen dengan ¼ air
Masukkan telur, larutan garam dan esen pada tepung terigu bertahap sambil diaduk hingga adonan merata ibarat bubur
Kukus adonan tersebut
Setelah matang, tumbuk adonan hingga semua hancur merata
Umpan siap memangsa ikan belanak.
*ukuran diatas sanggup menghasilkan lebih dari 1 kg umpan.

Umpan kan belanak 3. 
Cari lumut yang masih segar biasanya berwarna hijau, jangan menggunakan lumut yang sudah berwarna coklat.campurkan dengan tepung terigu secukupnya kemudian aduk hingga berbentuk adonan,jangan terllu encer sebab akan menyulitkan anda ketika akan memasang ke mata kail nantinya.Agar lumut lebih tahan usang tambahkan sedikit garam.

Usahakan tidak merokok pada ketika akan menciptakan umpan/memasang umpan ikan belanak dan tidak makan pete sebelumnya. Hal ini sebab ikan belanak sangat sensitif dalam menentukan aroma umpan. Menghindari kedua hal tersebut supaya umpan tidak terkotori dengan anyir rokok atau pete.

Cara Mancing Ikan Belanak dengan Botol Plastik

Pada dasarnya, proses pemancingan ikan belanak menggunakan botol plastik dilakukan dengan menyebabkan botol tersebut sebagai perangkap. Sebelumnya botol plastik ini dibuat sedemikian rupa semoga ikan-ikan belanak gampang masuk ke dalamnya, tetapi sulit untuk sanggup keluar lagi. Jangan lupa taruh juga umpan untuk menarik perhatian ikan belanak yang kita incar.

Kaprikornus ketika ikan belanak melihat umpan yang terdapat di dalam botol tadi, ikan tersebut akan memasuki botol dan memangsanya. Namun sebab lebar botol yang sempit ia tidak sanggup membalikkan tubuh untuk kabur. Pun kita tahu bahwa tidak ada ikan belanak yang sanggup berenang mundur. Nah, kiprah kita tinggal mengangkat botol yang sudah kemasukan ikan belanak tersebut. Praktis sekali kan?

Berikut panduan menciptakan perangkap dari botol plastik untuk memancing ikan belanak.

Alat dan Bahan :

Botol plastik bekas air mineral atau larutan penyegar
Cutter
Senar tali pancing
Potongan karet bekas sandal
Pemberat dari timah atau besi
Tepung terigu sebagai umpan
Joran (opsional)

Cara Membuat :

  • Potong seluruh kepingan belakang/bawah botol plastik. Bagian ini nantinya akan menjadi lubang masuk perangkap. Disarankan menggunakan botol larutan penyegar sebab mempunyai tubuh yang ramping dan memanjang.
  • Buatlah empat titik lubang di kepingan ujung bawah botol. Lalu pasang senar tali pancing ke dalam lubang tersebut dan hubungkan. Adapun fungsi dari tali ini untuk mempermudah kita dalam menarik dan mengangkat perangkap botol.
  • Pasang pelampung dari potongan karet bekas sandal di salah satu sisi samping botol. Usahakan panjang tali pelampung diubahsuaikan dengan kedalaman botol yang diinginkan. Kemudian pasang juga pemberat di sisi samping yang berlawanan. Dengan dilengkapi pelampung dan pemberat ini maka posisi perangkap botol akan lebih mantap.
  • Buat lubang-lubang jalan masuk air di beberapa samping botol plastik tersebut. Tujuannya untuk membuang air yang terjebak di dalamnya sehingga botol akan terasa lebih ringan ketika diangkat. Anda tidak perlu menciptakan lubang yang mempunyai ukuran diameter terlalu besar, cukup sekitar 1 cm.
  • Untuk  umpan mancing ikan belanak, Anda sanggup memanfaatkan tepung terigu tanpa adonan apapun. Umpan ini dimasukkan ke dalam botol sesaat ketika perangkap akan dirilis ke area pemacingan.


Langkah-langkah :

Masukkan 1 sdm tepung terigu ke dalam botol perangkap, kemudian tambahkan air sedikit saja. Aduk supaya adonan umpan ini tercampur rata dan tepung pun mengental. Tambahkan 1 sdm tepung terigu lagi.
Letakkan perangkap ini di titik-titik area pemancingan yang sekiranya terdapat ikan belanak. Masukkan dengan hati-hati jangan hingga umpan di dalamnya terlalu banyak menyebar keluar.
Pada ketika joran yang terhubung ke botol terasa bergetar, tandanya ada ikan yang terjebak di dalamnya. Segera angkat perangkap tersebut dan ambil ikan belanak yang terjerat di dalamnya.

 Demikian klarifikasi ihwal cara menciptakan umpan dan memancing ikan belanak, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Menciptakan Umpan Dan Memancing Ikan Belanak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel