Budidaya Ikan Kerapu Macan Dan Umpan/Pakan Ikan Kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai peluang baik bagi masyarakat untuk membudidayakan ikan kerapu alasannya ikan jenis ini mempunyai nilai hemat yang tinggi baik dipasar global maupun internasional. dikala budidaya ikan kerapu dikembangkan dan dipromosikan sebagai unggulan sebagai komoditas budidaya ikan kerapu air tawar yang diekspor dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Dalam rangka mendukung pengembangan budidaya ikan kerapu dibutuhkan upaya untuk memecahkan persoalan umum dalam membudidayakan ikan kerapu ialah proses pertumbuhan yang lambat. Hibridisasi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan metode hibridisasidapat menghasilkan benih unggul sifat-sifat genetik dan morfologi.

Ikan kerapu ialah ikan orisinil indonesia yan tersebar di banyak sekali perairan nusantara, kerapu termasuk dalam kelompok ikan yang mempunyai harga jual yang cukup mahal. Selain indonesia penyebaran kerapu macan mencakup kawasan perairan indo-pasifik.

merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai peluang baik bagi masyarakat untuk Budidaya Ikan kerapu Macan Dan Umpan/Pakan Ikan Kerapu


Cara Budidaya Ikan Kerapu Dengan Baik

1. Lokasi/Tempat Budidaya Ikan
Pilih lah lokasi yang sempurna untuk membudidayakan ikan jenis kerapu tersebut, ikan kerapu sanggup hidup disalinitas air 22-32 ppt oleh karna itu pemilihan lokasi harus sesuai dengan kreteria ikan kerapu. dan lokasi budidaya juga harus dilindungi dari gelombang besar air  laut dan angin kencang. Selain itu, perubahan besar dalam slinitas dan ajaran air kotor dilokasi tersebut harus dihindari semoga tidak terjadi janjkematian dalam budidaya ikan .


Ikan kerapu sanggup besar sampai berukuran panjang 95 cm dan bobotnya mencapai 11 kg per ekornya. Pembesaran ikan kerapu macan sanggup dilakukan dalam keramba (jaring apung). Ukuran Rakit atau sangkar yang digunakansesuai dengan kebutuhan sasaran produksi dan jumlah banyaknya ikan yang akan dibudidayakan.

2. Benih Ikan
Pilihlah benih ikan yang normal dan berkualitas, benih yang tidak normal (deformitas) relatif lemah dan gampang terjangkit penyakit, selain itu ikan akan cenderung lambat dalam proses pertumbuhannya.
Untuk cara penebaran benih harus diubahsuaikan dengan lokasi/wadah yang ada semoga tidak terlalu sempit dikala ikan mulai besar. Ikan dengan berat 5-10 gr ditebar sebanyak 80-100 ekor/m3, sedangkan untuk ukuran ikan 10-50 gr sanggup  ditebar sebanyak 40-80 ekor/m3.

3. Pemberian Pakan Dan Vitamin
Untuk derma pakan pada budidaya ikan kerapu anda sanggup memperlihatkan pakan berupa pelet ikan selama pembibitan. Untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi stres pada ikan disarankan untuk memperlihatkan vitamin pelengkap berupa vitamin C yang dicampurkan kedalam pelet. Ikan kerapu macan termasuk ikan predator jadi tidak ada salahnya jikalau pembudidaya ikan kerapu macan memperlihatkan masakan pelengkap berupa pakan ikan segar dan lainnya.

4. Pengendalian Hama/Penyakit Pada Ikan 
Kerapu macan yang dibudidayaka sering terjadi cacat sepeti tutup insang, mulu, dan leher dan hal ini terjadi biasanya kurangnya nafsu makan pada ikan tersebut. Kondisi observasi sangat penting untuk mendeteksi pakan hal ini dilakukan untuk mmencegah adanya penyakit pada ikan. Ketika kondisi kesehatan ikan kerapu memburuk, ikan kerapu biasanya sering berenang dipermukaan air alasannya gelembung renangnya membengkak.

Gejala menyerupai ini biasanya terjadi perubahan warna menjadi lebih gelap, berenang/bergerak lambat, dan sering berputar putar.Virus VNN yang menyerang ikan budidaya sangat besar lengan berkuasa besar terhadap proses laju pertumbuhan benih. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengindari penyakit ini telur yang dipakai harus bebas dari VNN.

Dan anda harus merendam ikan yang terkena penyakit VNN kedalam air tawar selama kurang lebih 5 menit, kemudian mengganti jaring setiap 2-4 minggu. Sementara itu benalu menyerupai cacing insang sanggup dibersihkan dengan merendam ikan kedalam salinitas tinggi (ppt selama 15-60 menit).

5. Panen
Selama kurang lebih 5 bulan anda sanggup memanen ikan yang telah anda budidayakan, Dan selam 5 bulan biasanya ikan sudah mencapai 600 gr per ekornya. Sistem pemanenan sanggup berupa total maupun selektif semua tergantung pada kebutuhan.

Demikian uraian tentang Budidaya Ikan kerapu Macan Dan Umpan/Pakan Ikan Kerapu, Semoga bermanfaat dan bsa menciptakan anda terispirasi untuk memulai bisnis budidaya ikan. Terimakasih dan selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Budidaya Ikan Kerapu Macan Dan Umpan/Pakan Ikan Kerapu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel