Manfaat Mengkonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan Badan Dan Ibu Hamil

Ikan kerapu selain mempunyai rasa yang lezat dan tekstur daging nya yang lembut ternyata ikan kerapu juga banyak keuntungannya bagi kesehatan insan dan juga bagi perempuan yang sedang hamil, lantaran didalam ikan kerapu mengandung nutrisi yang sangat baik bila dikonsumsi bagi perempuan hamil. Namun tidak semua ikan baik untuk dikonsumsi oleh perempuan hamil. Ikan yang mengandung banyak merkuri dan juga hidup di sungai yang kotor penuh polusi dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan ikan tersebut beracun, teracuni dengan banyak sekali macam polusi yang ada di lingkungan daerah tinggal ikan tersebut.

Jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dari lingkungan tercemar, sama saja ibu meracuni janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh lantaran itulah, walaupu ikan banyak mengandung gizi namun para ibu-ibu hamil harus tetap selektif dalam menentukan ikan yang ingin dikonsumsinya.


Manfaat yang ada pada ikan baik tawar maupun bahari tidak akan lepas dari kandungan yang ada didalamnya. Oleh lantaran itulah sebelum kita mengetahui apa saja manfaat ikan bagi kehamilan ada baiknya ibu hamil mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam ikan bahari maupun ikan air tawar.


Beberapa kandungan gizi yang ada pada ikan air bahari dan ikan air tawar

Kalori, DHA, Omega-3, Asam folat, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin,A, Vitamin B1, dan Vitamin C.
Kandungannya inilah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil

1. Diet yang Seimbang

Ibu hamil yang suka mengkonsumsi ikan sama saja sedang melaksanakan diet yang seimbang. Hal itu dikarenakan di dalam ikan banyak mengandung banyak sekali macam gizi ibu hamil. Nutrisi dan vitamin itu cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dann juga menyusui.

2. Mengembangkan Otak Janin

Kandungan ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3 sangat bermanfaat untuk membuatkan sistem syaraf dan otak pada janin yang ada di dalam kandungan. Oleh lantaran itulah cara menciptakan anak cerdas semenjak dalam kandungan, pada ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan setiap harinya. Selain itu ibu hamil yang mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan DHA tersebut dapat mencegah terjadinya kontraksi di dalam rahim. Jika ibu hamil mengalami kontraksi dini pada rahimnya, ibu hamil akan rentan mengalami keguguran.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Ikan bahari menyerupai salmon dan tuna dipercaya dapat dipakai untuk meningkatkan kecerdasan anak yang ada di dalam kandungan. Alasannya ialah ikan bahari kaya manfaat asam folat bagi ibu hamil, omega-3, asam folat dan banyak sekali macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Menyehatkan Indera Penglihatan Janin

Kandungan protein dan DHA yang ada di dalam manfaat ikan bagi ibu hamil dapat dipakai untuk menyehatkan indera penglihatan pada janin. Jika indera penglihatan sehat, janin akan terhindar dari kebutaan.

5. Mencegah Hipertensi

Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk terkena hipertensi. Berbagai macam nutrisi yang ada pada ikan dipercaya dapat dipakai untuk menormalkan tekanan darah dan mencegah terkena hipertensi dalam kehamilan. Ibu hamil biasanya akan terkena hipertensi ketika ibu hamil tersebut akan melahirkan. Saat akan melahirkan ibu hamil mengalami tekanan fisik dan pikiran yang luar biasa, tidak heran kalau ibu hamil akan mengalami peningkatan tekanan darah.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Ikan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Jika ibu selama kehamilan banyak mengkonsumsi ikan, ketika janin yang ada di dalam kandungan dilahirkan oleh ibu hamil kelak bayinya tersebut tidak akan gampang terkena penyakit. Vitamin C pada ikan bahari maupun ikan air tawar sangat anggun untuk pembentukan antobodi janin di dalam kandungan.

7. Menghindari Persalinan Prematur

Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat mencegah janin terlahir secara prematur. Ikan yang dapat dipakai untuk mencegah bayi lahir secara prematur ialah ikan laut, lantaran kandungan gizi ikan bahari lebih besar dibandingkan dengan ikan air tawar.

8. Menyehatkan Kulit

Ibu hamil yang banyak mengkonsumi ikan dipercaya kulitnya akan lebih sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi ikan. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menciptakan kulit ibu hamil kusam, berjerawat dan masih banyak lagi lainnya. Vitamin pada ikan dipercaya dapat menutrisi kulit ibu hamil dibandingkan dengan pemakaian kosmetik. Sebab ketika mengandung ibu hamil harus menghindari pemakaian kosmetik sehingga ibu hamil diperlukan untuk mengkonsumsi ikan secara teratur biar dapat menutrisi kulitnya setiap hari.

9. Jantung Yang Sehat

Ibu hamil yang teratur mengkonsumsi ikan akan mempunyai jantung yang sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali. Paska melahirkan pun, mengkonsumsi ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Manfaat itu tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil saja, namun dapat dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Pembentukan organ jantung janin pun dapat berkembang secara tepat kalau ibu hamil rutin dan teratur mengkonsumsi ikan.

10. Mengembangkan Visual

Perkembangan janin akan lebih aktif untuk menangkap lingkungan yang ada di sekitarnya, lantaran daya visual janin akan berkembang berkat kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan, terutama di dalam ikan salmon.

11. Mengembangkan Neurologis pada Janin

Kandungan omega-3 pada ikan dapat bermanfaat untuk menumbuhkan dan membuatkan fungsi neurologis pada janin yang ada di dalam kandungan.

12. Mengurangi Depresi

Kandungan DHA pada ikan salmon dipercaya dapat dipakai untuk mencegah dan mengurangi depresi pada ibu hamil. Terutama ketika ciri-ciri orang hamil gres muncul banyak yang mencicipi tertekan akhir kehamilannya. Oleh lantaran itulah mengkonsumsi ikan ialah salah satu alternatif yang tepat untuk menghilangkan dan mencegah depresi selama kehamilan.

13. Membantu Proses Pembekuan Darah

Ibu hamil yang teratur mengkonsumsi ikan dapat memperoleh manfaat berupa membantu pembekuan darah di dalam badan janin. Darah yang tidak dapat membeku sangat berbahaya.

14. Mengurangi Kolesterol

Mengkonsumsi ikan dipercaya dapat dipakai untuk menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh, penyebab kolesterol ialah adanya tekanan darah tinggi di dalam tubuh. Ikan dapat dipakai untuk menormalkan tekanan darah sehingga kolesterol dapat dihindari.

15. Mencegah Stroke

Mengkonsumsi manfaat ikan bagi ibu hamil menciptakan badan terhindar dari penyakit stroke. Stroke dapat disebabkan oleh tekana darah yang tinggi.

16. Menguatkan Otot Janin

Otot bagi janin ialah hal penting lantaran janin dapat bergerak dikarenakan otot yang ada di dalam tubuhnya, mengkonsumsi ikan secara teratur dapat dipakai untuk menguatkan otot janin. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam ikan tersebut berperan penting dalam menguatkan otot janin.

17. Mengembangkan Otot Janin

Jika janin mempunyai otot yang tidak berkembang, janin tersebut akan mengalami kelumpuhan. Sebab syaraf di dalam badan janin bekerjasama dengan otot yang ada di dalam tubuhnya. Oleh lantaran itulah penting sekali bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi ikan secara teratur.

Meskipun ikan baik untuk kesehatan ibu hamil, namun ibu hamil dilarang sembarangan dalam menentukan dan mengkonsumsi ikan. Alangkah baiknya kalau ibu hamil mengetahui kualitas dari ikan yang dikonsumsinya. 

Berikut ini tips dalam menentukan ikan segar yang layak untuk dikonsumsi;

Lingkungan Pemeliharaan Ikan
Hal pertama yang harus dilakukan oleh ibu hamil ialah memastikan lingkungan daerah pemeliharaan ikan tersebut. Jika ibu hamil tahu bahwa lingkungan pemeliharaan ikan tersebut higienis dan tidak terkotori dari polusi serta bahan-bahan yang berbahaya, ibu hamil boleh mengkonsumsi ikan tersebut. Yang harus dihindari ialah ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan yang ditangkap di sungai yang diobati, diracun atau sungai kotor daerah pembuangan limbah.

Bebas dari materi Pengawet
Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan segar, ikan yang diasinkan dan juga diawetkan sebaiknya jangan terlalu sering dimakan. Pengolahan yang terlalu usang dan kandungan pengawet yang ada sangat tidak anggun untuk janin yang ada di dalam kandungan. Manfaat ikan bagi ibu hamil dianjurkan untuk dibeli pribadi ikan dari kolam budidayanya, lantaran kualitas dan kesejukan ikan lebih terjamin. Namun kalau ibu hamil terpaksa membeli ikan di pasar, ibu hamil harus tahu mana ikan yang berkualitas anggun dan masih segar dan mana ikan yang sudah busuk.

Ciri-ciri ikan yang masih segar 

1. Bagian Dari Mata Ikan  
Lihatlah mata ikan, apakah mata ikan masih anggun atau sudah hilang dan membusuk. Jika mata membusuk sudah dapat dipastikan bahwa ikan tersebut sudah disimpan usang dan tidak segar lagi. Mata ikan selain masih anggun juga harus bening, ikan dengan mata yang buram berarti sudah tidak segar lagi.

2. Bagian Dari Sirip Ikan
Lihatlah kepingan sirip ikan, sirip ikan yang masih segar akan berwarna merah. Hati-hatilah dengan oknum penjual ikan tidak bertanggung jawab. Sirip ikan dengan warna merah menyala dapat dipastikan bahwa sirip ikan itu diberikan pewarna tekstil.

3. Berbau amis/Anyir 
Ikan yang masih segar baunya masih terasa amis, sedangkan ikan yang sudah busuk serta terlalu usang diawetkan baunya sudah tidak bau lagi.

Buang Sisiknya dan Hindari Memakan Kepalanya
Sisik dan kepala ikan mengandung senyawa toksik yang cukup tinggi, sehingga ketika ingin mengkonsumsi ikan sebaiknya ibu hamil membuang sisik ikan dan juga membuang kepala ikan tersebut. Banyak orang yang hobi memakan kepala ikan, padahal kepala ikan mengandung senyawa toksik yang tinggi, sehingga kalau dikonsumsi secara hiperbola dapat berbahaya bagi ibu hamil.

Masak Sampai Matang
Ibu hamil jangan memakan ikan yang mentah dan dimasak setengah matang. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi ikan yang dibakar secara pribadi tanpa proses penggorengan terlebih dahulu. Ikan mentah yang pribadi dibakar biasanya tidak matang sempurna, sehingga dapat menjadi masakan berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan. Ikan mentah dan ikan yang setengah matang mengandung basil salmonella. Bakteri itu kalau masuk kedalam badan janin akan sangat berbahaya. Ibu hamil juga dilarang memakan ikan yang telah diolah menjadi sushi, kebanyakan masakan jepang memakai ikan mentah dan materi mentah untuk masakannya.

Hindari Merkuri
Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung merkuri. Sebenarnya semua ikan mengandung merkuri, yang berbeda hanyalah kadarnya. Ikan dengan kadar merkuri tinggi dilarang dikonsumsi selama kehamilan. 

Demikian Manfaat Mengkonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan Tubuh Dan Ibu Hamil, semoga bermanfaat buat anda para pembaca sekalian. 

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan Badan Dan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel