Manfaat Mengkonsumsi Ketam Bagi Badan Insan Terbaru 2017


Di Indonesia ketam/kepiting termasuk  dalam makanan yang mahal dan mewah,karena selain harga yang mahaldan mempunyai rasa yang enak ketam/kepiting juga mempunyai kandungan gizi yang melimpah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan badan manusia.

Kepiting yang juga disebut ketam merupakan hewan dari species Krustasea berkaki sepuluh, dari infraordo Brachyura lantaran mempunyai ekor sangat pendek (brachy=pendek, ura=ekor). Binatang yang hidup di seluruh penjuru dunia ini mempunyai sepasang capit dengan badan terbungkus cangkang keras.

Sebagian ada yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut, sebagian ada yang hidup di maritim dan di darat/pantai, dan sebagian lagi ada yang hidup di perairan air tawar (Sungai/Danau). Ukuran dari kepiting banyak sekali macam, mulai dari yang hanya beberapa millimeter hingga dengan yang mempunyai rentangan kaki sepanjang 4 meter.



    Kepiting sambal saos tiram

Kandungan Gizi Yang Ada Pada Ketam/Kepiting 
Berdasarkan dari hasil penelitian para jago terhadap ketam/kepiting dengan berat 100 gram sudah diketahui bahwa potongan ketam yang bisa dikonsumsi ialah sekitar 45%.Walaupun cuma sedikit potongan ketam/kepiting yang bisa dikonsumsi namun kandungan gizinya sangat banyak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan badan manusia.Gizi yang terkandung pada ketam tersebut ialah sebagai berikut;
  •  Energi Kepiting = 151 kkal
  •  Protein Kepiting = 13,8 gr
  • Lemak Kepiting = 3,8 gr
  • Karbohidrat Kepiting = 14,1 gr
  • Kalsium Kepiting = 210 mg
  • Fosfor Kepiting = 250 mg
  • Zat Besi Kepiting = 1 mg
  • Vitamin A Kepiting = 200 IU
  • Vitamin B1 Kepiting = 0,05 mg
  • Vitamin C Kepiting = 0 mg

Selain itu, dalam jumlah kecil kepiting juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, menyerupai Vitamin B12, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.Dengan kandungan gizi dan zat-zat yang bermanfaat tersebut, manfaat kepiting mempunyai banyak sekali macam khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah;


1. Meningkatkan Energi dan Stamina
Kandungan Vitamin B12 yang sanggup memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, menciptakan kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina yang loyo.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Protein, Vitamin B12, dan Mineral Zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting sanggup memperbaiki sel-sel yang rusak, sedang Vitamin B12 dan Mineral Zinc membantu memproduksi sel-sel darah merah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bagi yang khawatir terjangkit penyakit pada ketika animo pancaroba, ada baiknya mencoba manfaat makanan maritim dengan mengkonsumsi kepiting. Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting, semuanya mempunyai khasiat untuk membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit kadiovaskular (jantung) sanggup dicegah dengan kepiting, lantaran kandungan manfaat Omega 3 yang bisa menetlalisir kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga mempunyai kegunaan dalam mencegah kerusakan sel badan yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.

5. Mencerdaskan Otak
Sebagaimana diketahui Asam Lemak Omega 3 yang banyak terkandung pada manfaat susu juga terdapat pada kepiting dalam jumlah yang besar. Zat yang satu ini dikenal mempunyai fungsi utama untuk meningkatkan kekebalan badan dan mencerdaskan otak.

6. Memelihara Kesehatan Mata
Kepiting juga sanggup membantu memelihara kesehatan mata lantaran mengandung manfaat Vitamin A yang melimpah.

7. Mencegah Osteoporosis
Pengeroposan tulang (osteoporosis) sanggup dicegah dengan mengkonsumsi kepiting lantaran selain mengandung sejumlah manfaat protein yang tinggi, juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang.

8. Membantu Program Diet
Bagi yang melaksanakan diet sangat baik mengkonsumsi kepiting, lantaran kandungan lemak jenuhnya. Hewan maritim ini mempunyai lemak yang sangat rendah yakni 0,2 gram/100 gram.

9. Membantu Perkembangan Janin dan Bayi
Bagi ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi manfaat kepiting ini 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Kadar proteinnya yang tinggi serta komponen asam lemak Omega-3nya yang membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi.

10. Mencegah Kanker
Tubuh yang lemah sangat rentan terhadap serangan radikal bebas, dan radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Kedua perkara tersebut sanggup ditangkal dengan kepiting yang mempunyai kandungan protein, Omega 3, dan Mineral Zinc yang berfungsi untuk menambah kekebalan tubuh. Mineral Selenium yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan serangan radikal bebas.

11. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia
Penyakit anemia sanggup dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, lantaran Vitamin B12, Mineral Copper, dan Mineral Zinc pada hewan ini mempunyai tugas penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.

12. Mencegah Penyakit Prostat
Kepiting sanggup mencegah penyakit prostat lantaran kandungan Mineral Zinc bermanfaat dalam mencegah pembesaran pada prostat.

13. Merawat Kulit dan Rambut
Bagi kaum wanita yang selalu memperhatikan perawatan tubuh, mengkonsumsi kepiting sangat baik untuk kecantikan. Mineral Zinc yang dikandungnya sanggup mencegah rambut rontok dan dalam Vitamin B12 sanggup memelihara syaraf dan sel-sel kulit.

Dibawah ini ialah beberapa gambar ketam/kepiting dengan banyak sekali jenis sajian masakan;

    Kepiting goreng sambal


    Sop kepiting


Gulai kepiting

    Kepiting goreng


        Manfaat Mengkonsumsi Ketam/Kepiting
  • Protein - Kandungan protein yang tinggi bermanfaat sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, serta pembentuk sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B12 - Berfungsi untuk menghasilkan energi dan membantu pertumbuhan, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak, memproduksi sel darah merah, serta meningkatkan kesehatan syaraf dan kulit.
  • Asam Lemak Omega 3 - Kandungan asam lemak omega-3 pada kepiting berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga sanggup mencegah penyakit kardiovaskular (jantung). Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, serta meningkatkan kecerdasan otak kalau diberikan semenjak dini.
  • Mineral Selenium  - Berperan sebagai antioksidan yang mempunyai kegunaan untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Selain itu, juga membantu meningkatkan daya tahan badan terhadap abuh virus dan basil serta mencegah peradangan.
  • Mineral Copper - Berfungsi sebagai komponen enzim redox, membantu pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.
  • Mineral Zinc - Berfungsi sebagai komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, serta mencegah kerontokan rambut.
  • Lemak Jenuh - Kandungan lemak jenuhnya yang sangat rendah (0,2 gram/ 100gram)sangat cocok bagi Ladies yang sedang dalam kegiatan diet.

Tips Sehat Mengkonsumsi Kepiting

Meskipun kandungan gizi kepiting terbilang kompleks dan keuntungannya cukup banyak untuk kesehatan tubuh, bukan berarti kita sanggup seenaknya mengkonsumsi kepiting. Hal ini lantaran hewan ini juga mengandung kontaminan menyerupai logam berat, dioksin dan merkuri. 

Kandungan kolesterol kepiting terbilang cukup tinggi, yakni 76 mg/100 gram, sementara kolesterol yang dianjurkan untuk dikonsumsi perharinya tidak lebih dari 300 mg. Untuk itu, biar memperoleh manfaat dari kepiting, maka makanlah secukupnya dan jangan makan berlebihan, lantaran yang akan didapat bukan lagi manfaat melainkan penyakit.

Demikian artikel tentang Manfaat Mengkonsumsi Ketam Bagi Tubuh Manusia Terbaru 2017,Semoga bisa bermanfaat buat anda semua.

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Ketam Bagi Badan Insan Terbaru 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel