Manfaat Udang Bagi Kesehatan Badan Insan Dan Cara Budidaya Udang

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang sanggup ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari erat permukaan sampai beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang sangat baik jikalau dikonsumsi oleh insan lantaran udang banyak mengandung vitamin dan juga protein.



Berikut iniadalah beberapa manfaat udang bagi kesehatan manusia;
1. Rendah Kalori Dan Kaya Akan Protein
Satu ekor udang yang berukuran sedang mempunyai kandungan kurang lebih 7 kalori. Bila dimakan dalam jumlah selusin hanya akan memasok 85 kalori, 15 kalori lebih sedikit dari 3 ons dada ayam. Sedangkan udang dengan ukuran besar, mempunyai kandungan 18 kalori, yang jikalau dimakan dalam jumlah banyak, tetap tidak akan memasok banyak kalori ke badan Anda.Seekor udang ditafsirkan mempunyai kandungam protein 29 gr, beda tipis dengan protein 3 ons dada ayam. Selain itu, udang juga mempunyai kandungan karbohidrat sedikit.


2. Mencegah Anemia
Udang mempunyai kandungan 21 % vit. b12, yang disebut nutrisi penunjang produksi sel darah merah dan juga sanggup membantu menghindari penyakit anemia.

3. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, Dan Kuku
Protein yang terkandung dalam udang sanggup membantu menjaga kesehatan dan kesuburan baik rambut, kulit dan kuku sekalipun, mengkonsumsi udang harus sesuai dengan kebutuhan jangan mengkonsumsi secara berlebih lantaran justru akan memberi imbas negatif terhadap badan kita.

4. Meningkatkan Energi
Dengan mengkonsumsi udang secara teratur sanggup membantu meningkatkan energi atau kinerja kita setiap harinya, lantaran udang sangat kaya akan zat besi yang bisa membantu meningkatkan energi manusia.

5. Sumber Nutrisi
100 % kebutuhan selenium harian kita cukup terpenuhi dengan mengkonsumsi 4 ons udang rebsu. Selain itu, di dalamnya terkandung 75 % vitamin B12, 50 % Fosforus, dan lebih dari 30 % krolin dan iodin. Kandungan mineral dalam udang juga sanggup menguatkan sistem imunitas badan serta menyumbang anti oksidan yang memerangi radikal bebas yang menyerang tubuh.

6. Membantu memroses lemak
Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang sanggup membantu pemrosesan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

7. Mengurangi Resiko Depresi
Kandungan asam lemak esensial dan omega-3. Mampu menunjukkan pertolongan berpengaruh pada depresi serta dan juga sanggup membantu mengembalikan mood yang telah hilang.

8. Mengurangi Resiko Gangguan Fungsi Tiroid (Hipotiroidisme)
Makan udang sanggup menambah asupan mineral tembaga (copper). Kekurangan asupan mineral tembaga sanggup mengakibatkan gangguan fungsi tiroid yang disebut hipotiroidisme.

9. Melindungi Kulit Dari Penuaan Dini
Udang mengandung zat karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bermanfaat menjaga kulit tetap sehat dan melindungi kulit terhadap penuaan dini (premature aging).

10. Mendapatkan Asupan Lemak yang Lebih Sehat
Udang mengandung beberapa jenis lemak yang lebih sehat yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat), omega-3, dan omega-6.

11. Mencegah kanker
Jumlah selenium yang di butuhkan badan dalam sehari ialah 48 %. kekurangan selenium sudah dihubungkan dengan bermacam-macam type kanker, terhitung kanker prostat. beberapa peneliti di institute of food research ( ifr ) mengungkap bahwa campuran sulforaphane serta selenium menambah kekebalan badan sanggup kanker sejumlah 13 kali lipat.

12. Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium serta fosfor yaitu dua zat yang sanggup bekerja secara bersamaan membentuk tulang serta gigi yang kuat. apa bila mengkonsumsi udang di anjurkan untuk mengkonsumsi dengan kulitnya lantaran kandungan glucosamine yang mempunyai kegunaan untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.


Hasil penelitian para jago menemukan bahwa kulit udang mempunyai zat senyawa yang disebut Chondroitin. Senyawa Chondroitin ini lah yang akan membantu menyehatkan sendi anda, senyawa ini akan membantu meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen yang merupakan pecahan penting pada sendi. Senyawa ini juga berperan senbagai Shock Absorber dan membantu librikasi pada sendi anda.




Cara Budidaya Udang
Secara teknis,budidaya udang galah bisa dilakukan di kolam selain itu bisa juga dilakukan di tambak darat. Sekarang aneka macam acara pembesaran udang galah sudah mulai berkembang dan meluas ke aneka macam daerah, yang mencakup Merata diseluruh Jawa, dan Bali.

Pelaksanaan perjuangan budidaya untuk menunjang keberhasilan nya maka diharapkan teknologi yang memadai.

1.Penentuan lokasi
Sebelum melaksanakan perjuangan budidaya udang galah ini kita harus terlebih dahulu memilih baik lokasi ataupun wadah medianya
yang akan dilakukan.
Hal lain yang perlu diperhatikan, perihal wadah media budidayanya harus memenuhi persyaratan antara lain harus merupakan daerah yang bebas banjir dan pencemaran, jenis tanah liat berpasir, kolam dibentuk pada ketinggian 0 s/d 700 meter diatas permukaan air laut.
Kondisi air harus tersedia sepanjang tahun dan yang utama ialah daerah bebas polusi. Selain itu da hal yang sangat penting lainnya yakni sirkulasi air haruslah yang manis juga bebas dari pencemaran, juga terbebas dari bahaya polusi.
Demikian juga ketersediaan air harus selalu stabil dengan debit air yang dianjurkan 0,5 s/d 1 liter per detik untuk luasan kolam 300 s/d 1.000 m2.

2. Bahan dan alat
Sama halnya dengan budidaya udang lainnya ibarat budidaya di kolam pada umumnya,yakni membutuhkan peralatan ibarat alat pengangkut benih, serok, ember, seser, alat timbangan, kemudian ayakan halus dari kain serta cangkul.

3. Pengelolaan air
Bagaimanapun duduk kasus sirkulasi air yang baik sangat memegang peranan penting. Diupayakan air dikolam harus selalu mengalir .

4. Pencegahan hama dan penyakit udang galah
Sebagai hama yang menjadi musuh utama yang sering mengganggu di kolam pemeliharaan ialah hewan liar lain yang masuk ke kolam ,misalnya ikan gabus , lele .
Cara untuk mencegah masuknya hama pemangsa tersebut perlu usahakan dengan menbuat semacam saringan pada pintu pemasukan dan pengeluaran air kolam dengan ukuran 0,2 mm.
Penyakit lain yang sering menyerang ialah kasus udang berlumut yang disebabkan kedalaman air di kolam kurang memadai atau dengan sirkulasi yang kurang baik, cara mengatasinya bisa dipasang kincir angin.

5. Masa Panen Udang Galah
Masa panen udang galah sanggup dipanen sehabis 4 s/6 6 bulan. Umumnya udang galah sanggup mulai dijual sehabis mencapai ukuran 20 s/d 25 gram per ekor. Semakib bobot dan besarnya udang akan berbeda harga jualnya.

Terimakasih biar bermanfaat 

0 Response to "Manfaat Udang Bagi Kesehatan Badan Insan Dan Cara Budidaya Udang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel