Cara Ampuh Mengatasi Dan Memberantas Hama Penyakit Ikan Nila - Blog Mas Tilunk

Cara Ampuh Mengatasi Dan Memberantas Hama Penyakit Ikan Nila

Ikan nila sangat jarang terkena serangan hama/penyakit, jikalau itu terjadipun hanya dibagian lokal bak saja. Tetapi sebagai pembudidaya ikan yang baik harus mencegah adanya wabah hama penyakit yang menyerang ikan budidaya anda. Pada budidaya ikan biassanya sangat rentan sekali terjangkit penyakit pada pase pembibitan dan pada ketika pembeberan ikan.

Ikan yang dibudidayakan terjangkit penyakit harus segera dicegah dan diobati, lantaran wabah hama penyakit pada ikan sanggup menular pada ikan-ikan yang lainnya. Penyakit sanggup menular ke ikan yang lainnya yaitu melalui anutan air, dan kontak  langsung pada ikan yang berada dalam satu wadah.



Apabila sudah terkena hama/penyakit pada ikan budidaya anda akan berdampak buruk, lantaran akan merugikan anda disebabkan adanya penyakit yang menular. anda akan rugi total, baik dari modal dan juga tenaga yang sudah anda keluarkan selama proses budidaya ikan tersebut. Untuk itu pencegahan hama penyakit pada ikan harus diutamakan dengan lebih baik hingga tuntas. Agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan ada beberapa cara untuk mencegah ikan budidaya anda terhindar dari serangan wabah penyakit.

Berikut ini yakni beberapa cara untuk mencegah hama penyakit yang akan menyerang budidaya ikan anda yaitu;

1. Pengelolaan Pada Kolam
Lakukan pembersihan pada bak hingga higienis dan juga pengapuran kemudian pemupukan ulang pada kolam. lakukan pengeringan dan terkena matahari pribadi pada cuilan bak sebelum bak dipakai lagi untuk budidaya. Tujuannya yakni biar hama penyakit yang masih ada diarea kolam/dalam bak tertekan perkembangannya.

2. Memasang Filter(Saringan)
Memasang filter pada perairan bak sangat penting,hal ini dilakukan biar air yang dipakai sanggup tersaring higienis dan sanggup mencegah datangnya hama penyakit pada budidaya ikan

3. Menggunakan Bibit Unggul Pada Budidaya Ikan
Dengan memakai hibrida tentunya akan mengurangi kemungkinan terserangnya hama penyakit pada ikan. Pilih dan belilah hibrida dari petani yang sudah terpercaya.

4. Isi Kapasitas Kolam
Dalam satu bak anda harus tau berapa banyak populasi ikan yang akan anda isi pada bak yg telah anda sediakan, hndari isi jumlah ikan yang melebihi kapasitas, lantaran hal ini akan menjadikan salah satu ikan akan tertindas,lambat besar dan sanggup terkena penyakit disebabkan kurangnya masakan yang diterimanya. hal ini dilakukan biar kadar oksigen yang larutdalam air lebih optimal.

5. Pemberian Pakan Yang Cukup
Dengan proteksi pakan yang cukup dan tidak berlebih/tersisa sanggup menghindari penumpukan pakan yang berlebih, lantaran jikalau proteksi pakan selalu berlebih dan menumpuk akan membusuk dan secara tidak pribadi air didalam bak akan tercemar. Sehingga penyakit akan tumbuh didalam bak dengan air yang tercemar.

6. Penanganan Ikan
Cara penanganan ikan yang sempurna untuk menghindari ikan biar tidak terkena stres dan menghindari goresan/luka pada ikan dan luka tersebut sanggup menjadikan ikan terinfeksi kemudian menyebar ke ikan lainnya..


Jika penanganan/pencegahan hama penyakit sudah dilakukan tetapi hama masih juga ada sebaiknya gunakan langkah terakhir yaitu pengobatan secara KIMIA, namun pengobatan secara kimi berdampak jelek pada lingkungan.


Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Dan Memberantas Hama Penyakit Ikan Nila - Blog Mas Tilunk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel