Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Badan Manusia

Ikan merupakan salah satu asupan makanan/lauk yang mengandung protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ikan sangat banyak yang bisa didapatkan bila mengkonsumsi secara rutin. lemak yang terdapat dalam ikan ialah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya gampang untuk bisa dicerna oleh badan dengan baik.Semua jenis ikan yang bisa di konsumsi juga cantik buat kesehatan.

Bagi anda yang ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit sebaiknya mulai mengkonsumsi kuliner yang sehat dan banyak mengandung gizi, omega3, nutrisi, protein, vitamin dan lainnya, dan salah satunya yaitu dengan cara mengkonsumsi ikan. Ikan yang anda konsumsi sanggup melengkapi kebutuhan gizi yang ada dalam badan anda.Intinya ikan sangat cantik untuk dikonsumsi.



Kandungan nutrisi ikan

Asam lemak Omega-3
Vitamin : D dan B2 (riboflavin).
Kalsium
Fosfor
Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung
Menurut sebuah penelitian, suku  bangsa  Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jan­tung koroner. Apakah yang menjadikan semua itu terjadi? Rahasianya sederhana saja, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.Maka dari itu sering-seringlah mengkonsumsi ikan sebagai perhiasan hidangan makan anda.

Sashimi ialah kuliner yang mengandung banyak manfaat ikan salah satunya manfaat ikan salmon. Orang Jepang sering mengkonsumsi kuliner ini, dengan materi utama ikan segar dalam keadaan mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan dalam jumlah besar sehingga risiko untuk menderita penyakit kardiovaskuler  atau  penyakit jantung bisa lebih ditekan, khususnya untuk menderita penyakit jantung koroner. Menurut dari warta yang saya dapatkan dalam sehari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.

2. Makanan Pendamping Nasi Terbaik(Lauk)
Jika sedang bosan harus makan siang dengan lauk yang itu-itu saja, bisa coba untuk mulai memasukkan ikan sebagai daftar hidangan pendamping nasi untuk memanjakan lidah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang mempunyai banyak keunggulan yaitu kaya akan protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ikan sangat cantik bagi yang ingin menjaga kesehatan pencernaan selain dari manfaat sayur-sayuran. Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan juga sangat baik bagi badan ibarat asam amino esensiil  maupun non esensiil serta mempunyai daya aborpsi yang tinggi yaitu 90-100 persen. Ikan juga gampang untuk diolah baik itu digoreng, dikukus atau direbus yang lebih sehat.

3. Pencegahan Penyakit Kolesterol
Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner ialah orang yang mempunyai kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi bila rutin mengkonsumsi ikan.

Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

4. Program Diet Sehat
Jika sedang menjalankan jadwal diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang baik dan sempurna untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka mengkonsumsi biasanya akan jarang mengkonsumsi kuliner yang banyak mengandung lemak jenuh ibarat yang terdapat pada manfaat daging atau keju.

Ikan tidak mempunyai kolesterol yang tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta mempunyai kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Ikan tidak akan merusak rencana diet anda.

5. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler
Manfaat mengkonsumsi ikan sanggup mencegah terjadinya penyakit berat ibarat gagal jantung. Olahan ikan yang sehat sanggup mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, sanggup meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), dan mencegah adanya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

6. Mencerdaskan Otak
Manfaat omega 3 sangat ampuh sebagai nutrisi yang sanggup mencerdaskan otak.

Tips berakal dengan konsumsi ikan:

Biasakan makan ikan semenjak menyusui
Berikan anak ikan secara rutin
Ikan tim (bukan digoreng lebih banyak nutrisinya
Konsumsi ikan segar, pilih ikan yang tidak terkontaminasi.

7. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi
Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang terdapat pada minyak ikan yang sangat penting untuk mencegah dan menstabilkan tekanan darah tinggi. Kandungan tinggi asam lemak omega 3 banyak terkandung dalam ikan salmon dan mackerel.

8. Mengurangi risiko stroke
Tekanan darah tinggi dan kuliner tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan demikian anda yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.

9. Mata dan kulit menjadi lebih sehat
Kandungan fosfor dan vitamin yang cukup tinggi sangat penting untuk membantu kesehatan mata dan kulit yang menjadi sehat. Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Omega 3 juga sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menjadi alasannya ialah penuaan dini.

10. Mengurangi risiko adanya kanker
Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun ternyata memperlihatkan bahwa konsumsi ikan secara rutin sanggup mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kandungan zat riboflavin dipercaya juga sanggup mencegah dan menghalau banyak sekali jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

11. Mencegah Terjadinya Peradangan
Zat asam lemak omega 3  sangat ampuh untuk mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi risiko terkena penyakit arthritis. Asam lemak pada ikan bisa mengikat radikal bebas yang menjadi alasannya ialah utama peradangan selain membantu menawarkan nutrisi yang sempurna untuk badan manusia.

12. Mencegah Depresi
Orang yang mengkonsumsi ikan sangat efektif untuk mencegah terjadinya depresi pada badan dan otaknya. Mengapa bisa terjadi ibarat ini ? Asam lemak Omega 3 sangat penting untuk mencegah terjadinya depresi. Depresi sering terjadi lantaran kandungan asam lemak omega 3 yang sangat rendah.

13. Mengurangi resiko terkena alzheimer
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berafiliasi dengan degredasi fungsi otak manusia. Konsumsi ikan sanggup membantu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang berfungsi untuk memori dan daya ingat otak. Para peneliti di banyak sekali pecahan dunia memang telah mengungkapkan bahwa kandungan gizi ikan ini sangat penting untuk mencegah penyakit alzheimer, terutama ikan kukus (bukan di goreng)

14. Mencegah Dimensia
Dimensia ialah salah satu penyakit yang berafiliasi dengan otak, asam lemak omega tiga yang terdapat pada ikan sangat penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit dimensia ini.

15. Ibu Hamil dan Masalah Prematur
Kandungan gizi pada ikan, penting untuk mengurangi risiko melahirkan prematur. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 juga sanggup membantu meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan.

16. Mencegah Diabetes

Ikan juga termasuk dalam salah satu jenis kuliner yang baik untuk diabetes, bila anda ingin sehat maka konsumsilah ikan secara teratur. Selain itu ikan juga sanggup membantu melancarkan peredaran darah yang penting untuk mencegah terjadinya diabetes.


Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Badan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel