Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Kakap -

           Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Kakap

Mengkonsumsi ikan memang banyak manfaatnya, apalagi ikan yang masih segar dan banyak mengandung gizi, vitamin, kalium, nutrisi, selenium, omega 3, protein,fosfor dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam ikan. Namun mengkonsumsi ikan selain banyak keuntungannya ternyata mengkonsumsi ikan yang hiperbola juga berbahaya bagi kesehatan manusia, maka dari itu bagi Anda yang belum tahu manfaat dan bahayanya mengkonsumsi ikan sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu biar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

artikel; Manfaat mengkonsumsi ikan mas
                           ; Manfaat mengkonsumsi ikan nila
                           ; Manfaat mengkonsumsi ikan tuna
                           ; Manfaat mengkonsumsi ikan gabus



Ikan memang telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, mengingat begitu luasnya perairan Indonesia menimbulkan Indonesia negara yang kaya akan hasil perairannya baik air lautnya maupun air tawarnya. Beberapa diantaranya udang, kepiting, cumi, dan ikan merupakan salah satu primadonanya. Karena memang ikan yang paling banyak di konsumsi kalau dibandingkan dengan  jenis binatang air lainnya.

Selain itu juga ikan memang paling banyak dihasilkan dari perairan baik bahari maupun tawar, baik ditangkap secara pribadi dari alam maupun dari hasil pembudidayaan di kolam maupun kerambah. Ikan juga tinggi akan nilai gizi, sebab mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh badan kita. Protein yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan kalau di konsumsi secara rutin dan untuk beberapa jenis ikan mempunyai kandungan Omega 3 yang tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Sehingga dianjurkan untuk di konsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.



Nah, pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis ikan air bahari  yang sering sekali kita mendengarnya, sebab memang banyak di jual dipasaran tradisonal maupun supermarket. Lalu ikan apakah itu ? yups.. pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai ikan Kakap. Kakap sendiri mempunyai beberapa jenis diantaranya kakap putih dan kakap merah. Ikan Kakap digemari sebab ikan satu ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan rasa yang yummy dan gurih walaupun pada jenis ikan satu ini mempunyai harga yang cukup mahal. Ikan Kakap juga dipercaya mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi,  dan kira-kira apa sajakah kandungan gizi yang terkandung didalam daging ikan kakap..?  Untuk lebih jelasnya mari kita simak isu di bawah ini :

Ikan kakap yaitu ikan bahari dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Mempunya ciri badan yang lingkaran pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia yaitu jenis Kakap merah (L. campechanus) beberapa jenis yang lain yang juga banyak di temui yaitu Kakap kuning, Kakap hitam dan lain-lain. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kakap )

Kandungan Gizi / Nutrisi Ikan Kakap

Nama Bahan Makanan : Ikan Kakap
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Ikan Kakap yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Ikan Kakap yang sanggup dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
- Jumlah Kandungan Energi Ikan Kakap = 92 kkal
- Jumlah Kandungan Protein Ikan Kakap = 20 gr
- Jumlah Kandungan Lemak Ikan Kakap = 0,7 gr
- Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Kakap = 0 gr
- Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Kakap = 20 mg
- Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kakap = 200 mg
- Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Kakap = 1 mg
- Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Kakap = 30 IU
- Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kakap = 0,05 mg
- Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Kakap = 0 mg
- Khasiat / Manfaat Ikan Kakap : - (Belum Tersedia)
- Huruf Awal Nama Bahan Makanan : I
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Ikan Kakap Terhadap Kesehatan

Selenium
Seekor ikan kakap merah dengan berat 100-gram mengandung hampir 70 persen dari jumlah kandungan selenium yang direkomendasikan setiap hari untuk laki-laki dan perempuan cukup umur yang mengikuti diet 2.000 kalori. Selenium sanggup mendukung fungsi sel darah putih dan diharapkan untuk kelenjar tiroid biar sanggup berfungsi dengan benar. Selenium merupakan antioksidan yang sanggup mencegah senyawa radikal bebas mengakibatkan kerusakan DNA yang sanggup mengakibatkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Kekuatan antioksidan selenium ini ditingkatkan dikala dikombinasikan dengan sumber vitamin E. Sajikan ikan kaya selenium menyerupai kakap merah dengan makanan tinggi vitamin E menyerupai asparagus, kentang anggun atau gelap, sayuran hijau menyerupai bayam, bit hijau atau kale.

Vitamin A
Setiap 3 ons sajian ikan kakap merah yang dimasak menunjukkan 14 persen vitamin A dari kebutuhan yang direkomendasikan untuk perempuan cukup umur dan 10,8 persen bagi seorang pria. Vitamin A Penting untuk sistem kekebalan tubuh, juga untuk produksi dan pemeliharaan tulang dan kesehatan kulit dan mata, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Mengkonsumsi Vitamin A dalam jumlah yang cukup setiap hari sanggup menurunkan risiko terkena gangguan mata menyerupai katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A yaitu nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan untuk diserap oleh usus.

Kalium
Ikan kakap merah mengandung 444 miligram, atau 9,4 persen dari kebutuhan harian akan kalium dengan porsi 3 ons daging kakap merah yang dimasak. Kalium merupakan zat yang sanggup berkhasiat sebagai mineral dan elektrolit. Hal ini diharapkan oleh badan untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik. Diet yang tidak mempunyai kadar kalium yang memadai sanggup meningkatkan resiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan kerikil ginjal. Seseorang juga sanggup menjadi kekurangan kalium kalau terlalu sering mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang besar. Konsultasikan dengan dokter Anda perihal cara-cara untuk mengurangi asupan natrium Anda dan meningkatkan kadar kalium Anda dengan kondusif biar system badan anda sanggup berjalan dengan baik.

Omega 3 Asam Lemak
Ikan kakap merah mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak dalam setiap porsi 100 gram. Konsentrasi asam lemak omega-3 kurang lebih sama dengan jumlah yang disediakan dengan porsi 3-ons udang, lele, kepiting atau kerang. The American Heart Association(AHA) melaporkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 secara teratur secara signifikan sanggup mengurangi risiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah) dan kolesterol tinggi.

 AHA juga merekomendasikan bahwa orang cukup umur dan perempuan yang tidak hamil sebaiknya mengkonsumsi 3,5 ons ikan yang dipanggang atau dibakar sebanyak dua kali seminggu. Wanita hamil dan belum dewasa harus menghindari makan ikan kakap merah lebih dari beberapa kali sebulan untuk mencegah adanya kontaminasi merkuri di dalamnya.

Demikian Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Kakap - , semoga bermanfaat buat Anda dan sanggup menaambah pengetahuan Anda perihal manfaat mengkonsumsiwasalamikan dan bahayanya mengkonsumsi ikan. Terimakasih

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Kakap -"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel