Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

- Mendaratkan ikan hasil pancingan merupakan pecahan dari acara mancing. Meskipun remeh hanya mendaratkan seekor ikan, namun mendaratkan ikan juga membutuhkan teknik tersendiri. Dalam teknik "Catch and Release" mendaratkan ikan sangat diperhatikan tekniknya. Hal ini dikarenakan teknik menangkap dan melepas ini diharuskan supaya sang pemancing menjaga ikan dari cacat fisik akhir banyak sekali alasan dan salah satunya sanggup saja berupa kesalahan dikala mendaratkan ikan. Jika teknik yang dipakai hanya asal-asalan, maka sanggup saja ikan yang akan dilepas kembali tersebut tidak akan bertahan usang di kemudian hari. Pada beberapa kasus, terutama pemancing yang berada di atas perahu,sering mengalami tragedi yang tidak menyenangkan pada dikala mendaratkan ikan. Kejadian yang tidak mengenakkan tersebut berupa tertancapnya kail pada tangan dikala mendaratkan ikan. Hal ini seringkali disebabkan dikala ikan akan didaratkan, ikan berontak dengan sangat keras sehingga sangat sulit untuk didaratkan.
 Mendaratkan ikan hasil pancingan merupakan pecahan dari acara mancing Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

Pada pembahasan kali ini kita akan coba mencari tahu lebih banyak bagaimana bahu-membahu teknik mendaratkan ikan yang baik. Teknik mendaratkan ikan ini sering diterapkan di negara-negara luar. Meskipun begitu, dikala ini di Indonesia-pun dikala ini banyak pemancing yang telah menerapkannya. Bagi anda yang belum terbiasa dengan teknik-teknik tersebut jangan kahwatir, lantaran dalam artikel ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai teknik-teknik tersebut. Pada gambar di atas sanggup dilihat ilustrasi dari beberapa teknik dalam mendaratkan ikan. Berikut klarifikasi detailnya :


1. Teknik Mouth Pick-Up

Teknik mendaratkan ikan ibarat ini lebih mengandalkan tangan, terutama dengan pemberian jempol dan jari telunjuk. Caranya yaitu dengan memegang bibir ikan dengan memakai jempol dan jari telunjuk kemudian mengangkatnya secaa perlahan dan hati-hati ke darat. Teknik mengangkat ikan ibarat ini sangatlah kondusif bagi ikan, lantaran dikala lisan ikan sudah dipegang erat perlawanan ikan akan berkurang. Namun, teknik ibarat ini juga mempunyai resiko ibarat jari terkena gigitan dari gigi ikan atau kemungkinan terkena kail kalau kondisi ikan masih sangat berpengaruh untuk melaksanakan perlawanan. Oleh lantaran itu kalau yang didaratkan yaitu ikan-ikan bergigi tajam seperti, Gabus, Toman, Barakuda, dll, maka hindari penggunaan teknik ini. Selain itu kalau dirasa ikan masih cukup berpengaruh untuk melaksanakan perlawanan, maka lebih baik gunakan teknik lain saja untuk mengangkat ikan.  Jika anda tetap ingin memakai teknik ini pastikan terlebih dahulu ikan telah lemas lantaran perlawanan dan ikan tersebut tidak mempunyai gigi yang tajam.

2. Teknik Gaff Landing

Teknik mendaratkan ikan ibarat ini yaitu dengan memakai pemberian alat sanggup berupa tombak dan ganco. Biasanya teknik ibarat ini sering dipakai dikala pemancing berada pada ketinggian tertentu. Misalnya saja seorang pemancing berada di atas kapal atau landbase dengan ketinggian tertentu. Saat ikan mendekat maka segera gunakan alat bantu baik tombak maupun ganco untuk mendaratkan Ikan. Menggunakan teknik ini akan menciptakan ikan lebih rentan dengan cacat, lantaran ujung tombak dan ganco mengenai pecahan tubuh ikan sehingga menciptakan ikan teluka. Gunakan teknik ini kalau anda berniat untuk membawa pulang ikan untuk dikonsumsi. Jika dipaksa untuk direlease kembali, maka kemungkinan bertahan hidup tidak akan lama. 

3. Teknik Netting

Teknik Netting merupakan teknik yang paling kondusif baik untuk pemancing maupun untuk ikan. Memang sekilas terlihat gampang untuk memakai teknik ini, lantaran kita hanya cukup menyerok ikan yang sudah mendekat. Namun faktanya, pada dikala ikan mendekat untuk diserok sering kali ikan takut dan mencoba kabur dengan kekuatan yang tersisa. Beberapa masalah dikala ikan berusaha kabur, lantaran hal ibarat ini, ikan lepas dai kail dan berhasil kabur sebelum didaratkan. Maka cara terbaik untuk memakai teknik ini yaitu dengan memastikan terlebih dahulu ikan telah berada dalam kondisi lemas sehabis melaksanakan perlawanan. Selanjutya minta pemberian teman yang berada di sekitar kita untuk menyerok ikan dari bawah. Ikan diserok secara perlahan tanpa menciptakan ikan takut dan pastikan semua tubuh ikan telah masuk ke dalam jaring, kemudian angkat perlahan. Teknik netting ini sangat direkomendasikan bagi pemancing yang sering menerapkan teknik "Catch And Release".

4. Teknik Eye Pick-Up

Teknik mendaratkan ikan ibarat ini lebih mengandalkan tangan kosong ibarat teknik pertama. Namun perbedaannya terletak pada pecahan yang dipegang. Jika teknik pertama dipegang pada mulut, maka teknik ini mengangkat ikan dengan memegang dan sedikit menekan area mata ikan. Dengan teknik ini ikan akan lebih cepat didaratkan tanpa pelawanan yang alot. Namun imbas yang ditimbulkan dai penggunaan teknik ini yaitu ikan akan mengalami cacat pada pecahan mata. Sehingga tidak dianjurkann bagi yang menerapkan teknik "Catch And Release". 

5. Teknik Dengan Bantuan Lip Grip

Penggunaan lip grip memang dikhususkan sebagai alat bantu untuk mendaratkan ikan. Penggunaan lip grip menciptakan pemancing lebih aman. Namun pada sebagian ikan yang mempunyai kontur lisan yang cukup lunak, penggunaan lip grip akan merusak lisan ikan. Bahkan beberapa lip grip pada dikala dipakai untuk mengangkat ikan akan pecahan ujungnya akan menembus pecahan bawah rahang ikan. Hal ini tentu akan menciptakan ikan cacat, khususnya pada pecahan mulut. Oleh lantaran itu kalau memakai lip grip perhatikan ikan yang akan didaratkan. Ikan bergigi tajam sangat cocok memakai lipgrip dan ikan dengan kontur lisan lunak dan bergigi sedikit bahkan tidak bergigi sebaiknya gunakan teknik nomor 1-3 saja. 
 Mendaratkan ikan hasil pancingan merupakan pecahan dari acara mancing Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

Penggunaan Lip grip cukup mudah, yaitu dengan mendekatkan ikan dengan posisi kita berada, kemudian pada dikala posisi lisan ikan sedang terbuka segera tancapkan ujung lipgrip pada bibir ikan pecahan bawah, kemudian daratkan secara perlahan. Pada beberapa lipgrip tersedia kemudahan timbangan, sehingga pemancing sanggup mengetahui berat ikan yang didaratkan. Selain itu lip grip juga ada yang terbuat dari materi metal dan plastik.  

Demikianlah beberapa teknik yang dipakai untuk mendaratkan ikan yang baik dan benar. Beberapa teknik di atas merupakan teknik lazim yang sering diterapkan oleh pemancing. Oleh lantaran itu anda sanggup menerapkan semua atau beberapa saja tergantung dari jenis ikan. Selain itu perhatikan juga apakah ikan tersebut akan anda lepas lagi atau akan dibawa pulang untuk dikonsumsi, maka sanggup beberapa teknik di atas sanggup diterapkan salah satunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel