Penyakit Ikan Koi Amis Sirip Dan Obatnya Paling Ampuh

Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip jenis penyakit ikan koi dan obatnya? Atau ingin tahu nama obat ikan koi berjamur?

Salah satu hambatan yang sering terjadi kalau budidaya ikan hias salah satunya yaitu timbulnya beberapa penyakit yang sulit untuk diobati.

Terutama pada ikan koi, kalau dalam merawatnya kurang teliti dan antisipasi niscaya penyakit akan gampang mendatangi.

Fenomena yang sudah umum terjadi berlalu begitu saja salah satunya yaitu busuk sirip, yang merupakan penyakit ikan koi lebih berdominan menyerang ekor.

Berikut beberapa klarifikasi dan obat penyakit ikan koi busuk sirip yang sudah menjamur ditelinga para peternak koi.

 Atau ingin tahu nama obat ikan koi berjamur Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip dan Obatnya Paling Ampuh

Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip


Beberapa jenis obat koi paling ampuh baik yang alami maupun instan di toko sudah kita uraikan sebelumnya. Selanjutnya bagaimana cara kita mengenal penyakit koi dan penanganannya.

Ciri-ciri Ikan Koi Terkena Penyakit

Berawal dari timbulnya garis berwarna putih kelabu yang ada di sepanjang sirip koi inilah yang disebut ikan terinfeksi.

Berikutnya akan terlihat di kepingan ekor atau sirip yang serasa tercabik-cabik terutama membran halus pada siripnya.

Guratan merah pada ikan koi akan terlihat semakin memar, dilanjutkan pembuluh darah yang melebar, kemudian akan bermunculan garis warna merah yang terang melintang di siripnya.

Bersamaan dengan penyakit busuk verbal biasanya akan timbul juga penyakit ikan koi busuk sirip.

Tak hanya itu, kalau sudah memperparah keadaan akan timbul juga adanya serangan oleh jamur yang ditandai dengan munculnya penampakan putih layaknya kapas di lokasi kulit yang membusuk.

Yuk, baca juga:
Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya 
Penyakit Ikan mas Koki dan Cara Mengatasinya
GAMBAR Jenis-Jenis Ikan Terlengkap? Lihat Detailnya Disini 

Penyebab Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip

Salah satu penyebab utama tak lain yaitu berupa bakteri. Sedangakn yang lain akan ikut andil mengikutinya seperti: flexibacter, aeromonas, dan pseudomonas.

Diketahui kalau semua jenis kuman yang gampang menyerang ikan hias terutama ikan koi tersebut yaitu bersifat akuatik (masuk juga dalam aquarium).

Jika kuman tadi sudah beranak menyebar menjadi jumlah yang besar, sanggup dipastikan keadaan ikan akan lemah terutama daya tahan tubuhnya, rusaknya sirip ikan, serta jenis kuman sistemik akan muncul juga.

Maka penyebab busuk sirip pada ikan akan semakin mengembang dengan melemahnya kondisi fisik badan si ikan hias dan juga lingkungan yang memburuk.

Berawal dari terbukanya luka ringan yang dilakukan oleh ikan ketika berenang dan bertarung dengan sesamanya merupakan pemicu datangnya kuman ini.

Utamanya yang sudah umum terjadi yaitu menaruh jenis hiasan aquarium serta perlengkapan berupa bebatuan yang agak keras, sehingga timbul ukiran yang menimbulkan kulit dan sisik ikan lepas.

Penanganan Penyakit Koi Busuk Sirip


Mudah sekali kita mengenali ikan koi yang terkena busuk sirip, malah akan terlihat jauh hari sebelum berkembang parah.

Sebelum sirip ikan koi membusuk, alangkah baiknya untuk Anda kenali dulu gejalanya. Agar gampang menemukan obat yang ampuh.

Salah satu obat herbal alami untuk ikan dan sangat ampuh yang berasal dari garam sanggup kita coba, yaitu dengan cara merendam ikan koi yang berpenyakit tadi.

Jenis garam yang baik sanggup teman temukan di toko ikan hias atau perlengkapan aquarium. Selain itu, sanggup juga mencari phenoxyethanol yang merupakan obat untuk mengatasi nanah pada ikan yang diserang jamur.

Jika dirasa semua jenis obat di atas kurang efektif, teman sanggup mencoba lagi dengan Gentian Violet.

Jika telah final mengobati ikan koi dengan beberapa obat ampuh tersebut, langkah selanjutnya Anda sanggup membersihkan lingkungan ikan terutama dalam aquariumnya.

Budidaya Ikan Koi untuk Usaha dan Bisnis

Itulah beberapa kiat sukses dan paling ampuh mengobati penyakit ikan koi busuk sirip yang sudah terbukti sanggup menyembuhkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Penyakit Ikan Koi Amis Sirip Dan Obatnya Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel